Kominfo menargetkan dapat mengoperasikan pusat data nasional pada akhir 2023

Fikrirasy.ID – Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) menargetkan mulai membangun pusat data nasional (PDN) atau government cloud pada 2022 dan mengoperasikannya pada 2023.

Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengatakan, “Saat ini proses lelang sedang dilakukan di PDN I di Bekasi, dan kami berharap PDN I sudah bisa beroperasi pada akhir 2023, itu target pemerintah.” , melalui konferensi pers pada Kamis, 30 Desember 2021 (30/30) di gedung perkantoran Kominfo.

Kominfo telah menetapkan lokasi PDN di empat wilayah ibu kota baru sendiri: Bekasi, Batam, dan Labuan Bajo. Di antara keempat daerah tersebut, daerah yang belum berkembang selama ini adalah PDN wilayah Bekasi.

Pembangunan pusat data nasional juga diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca juga:
Kominfo Masih Kaji Rencana Hilangkan Internet 3G

Dedy mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan lelang untuk konstruksi dan operator PDN. Operator PDN ini harus memiliki kualifikasi Tier 4 atau kualifikasi tertinggi untuk memelihara data nasional.

Meski demikian, Dedy belum bisa menginformasikan berapa biaya lelang tersebut. Namun, pemerintah berencana mencari pembiayaan campuran untuk pengembangan PDN.

“Prancis bisa menjadi salah satu pihak yang mengimplementasikan rencana tersebut,” jelas Dedy.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kominfo menargetkan dapat mengoperasikan pusat data nasional pada akhir 2023

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Tidak dimainkan oleh RRQ, daftar hitam internasional mengakui kinerja Xin yang tidak stabil