Kominfo siapkan dekoder gratis mulai awal 2022

Fikrirasy.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sedang menyiapkan regulasi tentang pembagian dekoder (STB) gratis bagi masyarakat miskin. STB gratis ini untuk menyelesaikan program analog switch off (ASO) atau mengubah TV analog ke digital.

“Saat ini pemerintah (Kominfo dalam hal ini) sedang memfinalisasi aturan teknis terkait pendistribusian STB,” kata Juru Bicara Menteri Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi saat ditemui di kantor Kominfo, Kamis (30 Desember 2021). .

Berdasarkan peraturan perundang-undangan saat ini, mekanisme pembagian STB gratis kepada masyarakat miskin disediakan oleh penyedia multiplexing, kata Dedy. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan lengkap, Kominfo dapat memenuhi sisanya.

“Khususnya bagi yang tidak mampu membelinya,” kata Dedy, “Jika penyelenggara tidak memenuhi kebutuhan mereka yang membutuhkan STB, Departemen Perhubungan mungkin menawarkan STB.”

Baca juga:
Berikut cara mendaftarkan penerima set-top box TV digital gratis di Kominfo.

Diakui Dedy, pendistribusian STB gratis tergantung kesiapan penyelenggara multiplexing. Distribusi STB diharapkan dapat dimulai pada awal tahun 2022.

Sementara itu, Deedy menjelaskan ada 6,7 ​​juta rumah tangga yang tercatat terkait jumlah STB yang disalurkan. Namun, data ini terus diperbarui sesuai dengan perhitungan baru.

“Begitu kami mendapatkan kontrak dari operator multiplexing, Kominfo akan menghitung berapa ratusan bahkan jutaan yang tidak terpenuhi. Pemerintah akan berusaha melalui APBN atau pendanaan lain tergantung regulasi yang berlaku,” jelas Dedy.

Sebelumnya, ASO dijadwalkan diluncurkan pada 17 Agustus 2021, dan akan dilanjutkan dalam lima fase. Namun, di menit-menit terakhir, Kominfo telah menjadwal ulang dan menunda ASO menjadi April 2022 karena pandemi Covid-19.

Perubahan dimulai pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2021 tentang Perubahan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyiaran.

Baca Juga:  Samsung tunda peluncuran chip Exynos 2200

Baca juga:
Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis dari Kominfo

Sesuai aturan baru, ASO tahap pertama akan diadakan di 55 wilayah siaran pada 30 April 2022, tahap kedua akan diadakan di 31 wilayah pada 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga akan diadakan di 24 wilayah pada tanggal. 2 November 2022 .

Sementara itu, dalam berkas terlampir Permenkominfo Nomor 11 Tahun 2021 tercantum di situs resmi Comeinfo, disebutkan tahap pertama sebanyak 56 wilayah penyiaran dan tahap ketiga sebanyak 25 wilayah penyiaran.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kominfo siapkan dekoder gratis mulai awal 2022

Dari Situs Fikrirasy ID