Kominfo mendorong bank untuk mulai mengadopsi tanda tangan elektronik

Fikrirasy.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong perbankan untuk mulai mengadopsi aplikasi e-signature bersertifikat dalam upaya meningkatkan pelayanan publik.

Dalam webinar pada Jumat, 18 Maret 2022, Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Aplikasi Informatika, Departemen Komunikasi dan Intelijen, mengatakan penggunaan tanda tangan digital di perbankan sangat layak dilakukan mengingat sektor keuangan telah mengadopsi banyak teknologi.

“Kami secara khusus ingin mensosialisasikannya agar bank bisa mulai menggunakan tanda tangan digital,” ujarnya.

Ia mencontohkan penggunaan teknologi anjungan tunai mandiri (ATM) di perbankan untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada konsumen.

Baca juga:
BBPPT dapat memaksimalkan TKDN produk teknologi.

“Misalnya, ketika kita pergi ke ATM, kita tidak melihat kasir. Artinya, kita mempercayai sistem yang dijalankan dan diverifikasi oleh ATM. Sama halnya dengan tanda tangan digital, itu diverifikasi dan dicatat, jadi itu mudah diverifikasi.” Katanya.

Semuel meminta perbankan tidak ragu menggunakan teknologi tanda tangan digital bersertifikat. Karena validitasnya sama dengan tanda tangan basah.

“Jadi bank tidak perlu ragu lagi karena ranah digital sudah diakui undang-undang, dan selama bisa diverifikasi dan diverifikasi sama sahnya dengan tanda tangan basah,” ujarnya.

Semuel juga mengatakan, mengingat inovasi teknologi di ranah digital terus berkembang pesat, masyarakat pasti akan mengadopsi teknologi tanda tangan digital ke depan.

Baca Juga:  Ilmuwan BRIN Temukan 14 Semak Baru di Sulawesi

Presiden Joko Widodo juga mengatakan telah memerintahkan transformasi dan akselerasi teknologi digital untuk lebih diintensifkan.

Baca juga:
Tanda tangan digital menjadi solusi bisnis di tengah pandemi COVID-19.

“Untuk itu, ini bagian dari akselerasi, karena akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi digital kita. Tidak hanya perbankan, tapi semua keuangan dan lainnya, sertifikat digital ini akan memudahkan kita melakukan aktivitas di dunia digital. ruang.’ pungkas Samuel.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kominfo mendorong bank untuk mulai mengadopsi tanda tangan elektronik

Dari Situs Fikrirasy ID