Inilah sebabnya mengapa madu bertahan selama bertahun-tahun.

Fikrirasy.ID.CO, Jakartasayang Bahkan jika disimpan selama bertahun-tahun, secara alami aman untuk dikonsumsi. Faktanya, madu tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. apa masalahnya?

Seperti dilansir laman spoonuniversity.com, madu akan bertahan selamanya jika disimpan dengan benar dalam wadah kedap udara dan bebas kelembapan. Ini karena madu bersifat higroskopis dan memiliki pH rendah, yang membuat zat lengket lebih kecil kemungkinannya untuk terurai.

“Madu dalam bentuk alaminya sangat rendah kandungan airnya. Beberapa bakteri atau mikroba dapat bertahan hidup di lingkungan ini, kata Amina Harris, direktur eksekutif Center for Honey and Moisture di Robert Mondavi Lab University of California, seperti dikutip Fikrirasy.ID di situs web Spoon University.

Masih tidak yakin berapa lama madu Anda akan bertahan? Kisah para arkeolog yang telah mencicipi madu selama ribuan tahun di makam Mesir dapat meyakinkan Anda.

Orang Mesir adalah penggemar berat madu. Mereka menggunakan madu sebagai pemanis, pengawet, bahkan obat. Mereka sangat menyukai madu sehingga mereka membawanya ke kuburan.

Madu yang ditemukan di makam Mesir oleh para arkeolog berusia 3.000 tahun. Sekali dicicipi, jelas madu berusia ribuan tahun itu tidak rusak sama sekali. Meski madu terlihat keruh, jangan takut akan kadaluarsa. Ini karena madu telah mengkristal.

Kristalisasi adalah proses alami yang dipengaruhi oleh suhu dan proporsi. glukosa dan fruktosa, serbuk sari. Meski mengkristal, madu tetap aman dan enak. Jika Anda tidak menyukai kristalisasi, tempatkan wadah dalam mangkuk berisi air hangat dan aduk.

Baca Juga:  Seperti apa rupa laba-laba 16 juta tahun yang lalu? Ini adalah fosil yang ditemukan di Australia.

Amelia Rahima Sari

Baca juga: 4 makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa, madu salah satunya



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Inilah sebabnya mengapa madu bertahan selama bertahun-tahun.

Dari Situs Fikrirasy ID