Bareskrim melacak identitas peretas akun Youtube BNPB.

Fikrirasy.ID – Satuan Reserse Kriminal Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Mabes Polri menyelidiki pelakunya dengan membuat profil dan menelusuri dugaan peretasan akun YouTube BNPB.

Inspektur Pol Dedi Prasetyo, Kepala Departemen Humas Mabes Polri, mengatakan unit investigasi kriminal polisi Dittipidsiber melakukan profiling untuk menemukan pelaku peretas.

Saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (12 Oktober 2021), Dedi mengatakan “Dittipidsiber sedang profiling untuk mencari pelakunya”.

Dedi mengatakan, Kamis (12 September 2021) pihaknya melakukan penyelidikan terhadap Dittipidsiber Polri setelah peluncuran akun YouTube BNPB diretas oleh oknum tak bertanggung jawab. Ditipidsiber Bareskrrim Polri berkomunikasi dengan BNPB untuk mengusut kasus peretasan tersebut.

Baca juga:
BNPB pulih dari akun YouTube yang diretas

Namun, Deedy belum mengetahui apakah hasil pelacakan hacker tersebut telah terlacak. Namun, penyelidikan masih berlangsung.

“Masih diproses, masih diselidiki,” katanya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hari ini mengkonfirmasi bahwa akun YouTube Anda diretas dan sedang berupaya memulihkan akun tersebut.

Akun YouTube resmi BNPB Indonesia telah berganti nama menjadi Ethereum 2.0 pada Kamis sore, dan pada 14.12 WIB, telah disiarkan langsung di cryptocurrency Ethereum.

Jika Anda membuka akun YouTube BNPB Indonesia, Anda dapat melihat poster promosi langsung konten “Ethereum Biggest Cypto Giveaway” dengan pembicara Vitalk Buterin. Seiring dengan perubahan nama, foto profil akun YouTube BNPB Indonesia juga diubah oleh peretas.

Baca juga:
Aset Crypto Ethereum Diretas, BNPB, Akun YouTube Dipulihkan

Video yang sebelumnya diunggah ke akun BNPB Indonesia sejauh ini tidak terpengaruh. Video konferensi pers Gunung Semeru yang diunggah pada Selasa 12 Juli 2021 masih bisa diputar.

Akun YouTube BNPB Indonesia digunakan untuk menyiarkan konferensi pers atau webinar BNPB. [Antara]

Baca Juga:  Cara membuat situs web untuk penggunaan bisnis dan pribadi



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Bareskrim melacak identitas peretas akun Youtube BNPB.

Dari Situs Fikrirasy ID