Pengertian, Jenis, Komponen, Kelebihan, Contoh

Saat bisnis Anda matang, persyaratan Anda untuk terus menyediakan produk atau layanan yang kompetitif akan tumbuh dan berkembang bersama Anda. Pembuatan peta jalan adalah salah satu alasan mengapa bisnis yang sukses dan berkelanjutan harus beradaptasi saat industri berubah dan pelanggan serta kebutuhan mereka berubah, mulai dari manusia hingga manajemen alur kerja hingga investasi modal, teknologi baru, dan banyak lagi.

Melalui perubahan ini, perusahaan yang paling sukses adalah mereka yang mengantisipasi perkembangan industri mereka dan mengembangkan rencana yang matang sesuai dengan itu. Merencanakan perubahan ini mungkin sulit, tetapi dengan data yang tepat, penelitian, dan, yang paling penting, peta jalan yang jelas, bisnis tidak hanya dapat bertahan dari resesi, tetapi juga dapat berkembang.

Beberapa area bisnis perlu diperbarui dan diprediksi lebih akurat daripada penggunaan dan penerapan teknologi yang tersedia. Dengan meningkatkan proses kerja, menyediakan data yang lebih akurat dan berguna, serta meningkatkan fungsionalitas secara umum, kemajuan teknologi adalah kandidat yang paling layak untuk mendisrupsi bisnis seperti biasa.

Apa itu peta jalan?

Peta jalan adalah deskripsi tingkat tinggi dari visi dan tujuan perusahaan untuk produk selama periode berikutnya. Peta jalan perangkat lunak dirancang khusus untuk proyek pengembangan perangkat lunak. Ini adalah rencana strategis yang digunakan untuk menguraikan fitur produk masa depan dan garis waktu kapan tim harus memberikan fitur tersebut.

Peta jalan adalah alat visual untuk menampilkan informasi yang “penting” selama pengembangan proyek atau produk dan layanan. Dalam praktik bisnis, sering dipahami sebagai tampilan sederhana yang menunjukkan rute ke tujuan tertentu. Karena terminologi belum dibakukan, terserah kepada penulis untuk mendefinisikan informasi penting untuk jalan menuju tujuan itu sendiri. Ini bisa berupa, misalnya, pencapaian, peningkatan, pengiriman, komponen kontrak, dll.

Sebagai alat, ini mewakili urutan kejadian yang kasar dan berurutan, sehingga menciptakan transparansi dalam proses, idealnya memastikan kesesuaian harapan, membantu meningkatkan saling pengertian dari mereka yang terlibat dan menyelaraskan dengan tujuan.

Jenis peta jalan

Satu. peta jalan internal.

Dirancang untuk penggunaan internal. Departemen penjualan dan pengembangan menggunakan peta jalan internal untuk mengeksplorasi detail produk, fitur, sasaran merek, dan manfaat pelanggan. Beri tahu tim perusahaan Anda tentang tahapan pengembangan produk sehingga mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang kemajuan dan strategi mereka. Informasi ini hanya dapat didistribusikan ke departemen perusahaan tertentu.

2. Peta jalan eksternal

Perusahaan mengembangkan peta jalan eksternal untuk mengkomunikasikan manfaat produk kepada konsumen. Pemasar juga berbagi peta jalan dengan mitra, media, dan analis. Peta jalan eksternal ini tidak berisi beberapa data spesifik tentang produk, tetapi menyoroti semua manfaat yang dapat diberikannya kepada konsumen.

3. Fungsi peta jalan.

Ini memberi tahu audiens target Anda kapan saatnya untuk memperkenalkan fitur baru. Peta jalan fitur memberikan detail tentang fitur baru dan tanggal akan tersedia bagi pelanggan.

4. Peta Jalan Strategis.

Ini termasuk inisiatif di mana perusahaan harus berinvestasi untuk mencapai tujuan tertentu. Peta jalan ini diperlukan untuk mengomunikasikan upaya Anda kepada manajemen. Strategi juga sangat penting bagi tim internal karena membantu mereka memahami dampak rilis pada keseluruhan strategi perusahaan.

5. Umumkan peta jalan.

Ini memerlukan serangkaian tindakan yang harus dilakukan oleh tim perusahaan sebelum tanggal rilis. Peta jalan tersebut mencakup tugas, personel, dan tanggung jawab. Dengan bantuan mereka, tim penjualan, pemasaran, dan dukungan dapat mengoordinasikan upaya dan pekerjaan mereka untuk kebaikan bersama.

Bagaimana cara membuat peta jalan?

1. Tentukan strategi produk Anda.

Ini berarti membuat rencana terperinci yang mendefinisikan apa yang ingin dicapai perusahaan dengan produknya dan bagaimana melakukannya. Ini juga mencakup deskripsi pembeli individu dan manfaat yang dapat diberikannya kepada konsumen. Ini juga harus mencakup apa yang membedakan produk dari pesaingnya. Informasi ini penting bagi pemangku kepentingan yang ingin mengetahui apa yang dapat dicapai produk dan membuat keputusan investasi.

2. Kumpulkan informasi tentang produk Anda.

Untuk itu diperlukan pengumpulan informasi dari berbagai sumber. Pertama, ada baiknya untuk berkomunikasi dengan tim penjualan dan dukungan pelanggan Anda untuk mendapatkan informasi langsung tentang pelanggan Anda. Departemen ini biasanya memiliki banyak informasi tentang pelanggan dan umpan balik mereka. Ini dapat membantu kami meningkatkan produk kami dengan menambahkan fitur baru atau menerapkan ide hebat untuk rilis baru. Kedua, berkomunikasi dengan masyarakat. Mereka yang telah menggunakan produk Anda untuk waktu yang lama tahu pro dan kontra. Ketiga, gunakan pengetahuan produk Anda. Mengetahui fitur utama, kekuatan, dan kelemahan suatu produk memudahkan untuk memikirkan komponen mana yang paling penting bagi pelanggan. Kemudian pikirkan tentang menghilangkan kekurangannya.

3. Atur periodenya.

Tenggat waktu yang ketat memaksa tim untuk membuat janji yang tidak bisa mereka tepati. Ingatlah bahwa tujuan utama peta jalan produk adalah untuk memandu, bukan membatasi. Itulah mengapa lebih efisien memberi tim Anda cukup ruang dan waktu untuk melakukan pekerjaan yang mereka butuhkan.

Baca Juga:  Daftar Harga Paket Internet XL Januari 2022

4. Persiapan peta jalanAnda untuk pemangku kepentingan Anda.

Agar suatu produk berhasil, seringkali membutuhkan dukungan keuangan dari para pemangku kepentingan. Anda dapat membuat dan menyesuaikan peta jalan yang menyoroti poin kepentingan pemangku kepentingan untuk mendorong mitra mendukung perusahaan Anda selama pengembangan produk. Jangan lupa sebutkan fitur produk, potensi penjualan, kapabilitas produk yang menonjol dari pesaing, tanggal rilis, manfaat, dll.

Ketahui komponen peta jalan

Komponen peta jalan tidak berubah dari tim ke tim. Detailnya mungkin berbeda, tetapi dasarnya sama. Peta jalan produk Anda harus menjawab:

  1. Mengapa kita melakukan ini?
  2. Kapan kita melakukan ini?
  3. apa yang kamu kerjakan sebenarnya?

Dengan memasukkan elemen strategis, kerangka waktu, dan tugas prioritas yang telah disetujui tim Anda untuk diselesaikan, Anda dapat yakin bahwa peta jalan Anda memiliki semua jawabannya.

  • Sasaran dan inisiatif: Tunjukkan nilai yang diberikan produk atau proyek Anda dan cara mencapai sasaran bisnis Anda.
  • Rilis dan pencapaian: Jawab pertanyaan tentang kapan pekerjaan akan dimulai dan kapan akan dipasarkan.
  • Keajaiban dan Fitur: Memberikan pekerjaan khusus yang diprioritaskan berdasarkan nilai keseluruhan.
  • Dependensi: Visualisasikan tugas yang saling terkait yang dapat memengaruhi pengiriman.

Mengapa penting untuk menggunakan peta jalan?

Fungsi keseluruhan dari peta jalan teknologi adalah untuk menyelaraskan pemangku kepentingan target seperti TI, rekayasa perangkat lunak, eksekutif operasi, dan tim penjualan dengan mengambil tindakan untuk menerapkan solusi teknologi baru atau mempertahankan yang sudah ada.

Metode ini membantu tim memvisualisasikan, mempersiapkan, dan melaksanakan hasil yang diinginkan untuk organisasi mereka. Dengan membuat peta jalan teknologi yang lengkap ini, Anda akan dapat:

  • Dapatkan gambaran yang jelas tentang kemampuan infrastruktur TI perusahaan Anda dan bagaimana hal itu selaras dengan hasil bisnis.
  • Menyelesaikan masalah TI saat ini.
  • Hemat uang dengan menghapus teknologi dan aplikasi yang tidak perlu.
  • Tingkatkan produktivitas dengan menerapkan teknologi yang memenuhi kebutuhan mendesak Anda.
  • Tingkatkan TI dan keamanan siber.
  • Pelajari kelemahan infrastruktur TI Anda untuk mencegah atau mengurangi kegagalan sistem.
  • Menyelesaikan setiap konflik yang terkait dengan prioritas bisnis.
  • Bersiaplah untuk transformasi digital.

Keuntungan Peta Jalan

Dengan peta jalan ada beberapa kelemahan bersama dengan beberapa keuntungan. Berikut daftar kelebihannya:

  • Peta jalan mudah dibuat dan dibaca. Tidak diperlukan keahlian grafis khusus bagi pembuatnya untuk menggambar, dan dalam banyak kasus pembaca dapat dengan cepat memahami arti visualisasi.
  • Ini dapat dengan mudah digunakan di banyak area organisasi, seperti pengembangan produk dan layanan, pengembangan perangkat lunak dan sistem, manajemen inovasi, hubungan masyarakat, komunikasi pemangku kepentingan, pertemuan awal, lokakarya strategi, dan banyak lagi. Jadi, Anda dapat membedakan antara jenis individu, seperti produk, teknologi, atau peta jalan penelitian.
  • Misalnya, menyediakan dasar yang baik untuk komunikasi antara kontraktor dan pelanggan, produsen dan pemangku kepentingan, manajer proyek dan peserta proyek. Visualisasi juga cocok untuk komunikasi antara pemerintah dan warga negara, antara pemerintah, dan antara asosiasi dan anggota asosiasi.
  • Mereka meningkatkan pemahaman bersama dari mereka yang terlibat dalam transparansi pendekatan. Dan, jika ada tujuan yang ditentukan, itu juga mempromosikan orientasi yang tepat dari mereka yang terlibat ke arah tujuan ini.
  • Last but not least, keduanya cocok untuk menyiapkan dan memajukan jalur atau tujuan yang disepakati. Jadi itu adalah presentasi dan alat kerja.

Contoh peta jalan

Peta jalan produk bervariasi menurut jenis proyek. Peta jalan lainnya didasarkan pada berbagai faktor seperti audiens, komponen, detail yang disebutkan, dll. Beberapa contoh peta jalan yang khas meliputi:

1. Peta Jalan Strategis – Ini terutama mencakup perencanaan dan tinjauan rinci tentang proses dan situasi pasar.

2. Peta Jalan Visi – Tentukan peta jalan untuk visi dan harapan produk utama.

3. Peta Jalan Teknologi – Peta jalan yang dirancang untuk tim produksi dengan detail teknis sederhana.

4. Peta Jalan Internal dan Eksternal – Ini berkisar pada berbagai jenis audiens yang Anda layani dan informasi yang Anda butuhkan untuk menjangkau mereka. Roadmap dapat dikategorikan menurut audiens mereka dan audiens yang berbeda, serta tujuan utama dari roadmap. Berikut adalah beberapa contoh peta jalan menurut daerah pemilihan:

  • Peta Jalan untuk Eksekutif – Dalam hal ini menggambarkan bagaimana strategi yang direncanakan menambah nilai produk dan perusahaan. Oleh karena itu, peta jalan berfokus pada mendorong pertumbuhan, akuisisi pasar, dan kepuasan pelanggan.
  • Peta jalan penjualan – Fokus pada bagaimana produk Anda akan menghasilkan lebih banyak penjualan dan pendapatan untuk melayani tim penjualan Anda.
  • Peta jalan untuk pelanggan kami – Karena ditujukan untuk audiens eksternal, produk ini dirancang dengan fokus pada manfaat dan fitur produk. Itu harus menarik secara visual dan disederhanakan. Detail tentang tanggal rilis harus dihindari kecuali Anda yakin tentang tanggal rilis.

kesimpulan

Peta jalan harus mencakup tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang ingin dicapai oleh bisnis atau organisasi melalui adopsi teknologi. Sasaran ini berfokus pada operasi bisnis yang dimungkinkan oleh sistem teknologi dan apa yang diperlukan untuk memelihara sistem seiring dengan pertumbuhan bisnis.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pengertian, Jenis, Komponen, Kelebihan, Contoh

Dari Situs Fikrirasy ID