4 Fungsi vakuola yang sangat penting pada tumbuhan

Fikrirasy.ID – Vakuola adalah rongga di dalam sel yang dikelilingi oleh membran dan diisi dengan cairan, juga disebut cairan seluler. Jadi, apa fungsi vakuola pada tumbuhan?

Ada dua jenis vakuola, vakuola tumbuhan dan hewan. Namun, kali ini Fikrirasy.ID akan membahas fungsi vakuola pada tumbuhan

kutipan dari buku ‘Sel biologi’, yang ditulis oleh Hafidha Asni Akmalia, S.Pd., M.Si. Vakuola tampak seperti ruang transparan yang kosong jika dilihat di bawah mikroskop cahaya. Itulah yang membuat organel ini disebut vakuola yang diambil dari bahasa lain yang berarti kekosongan.

Vakuola pertama ditemukan pada protozoa oleh Lazzaro Spallanzani. Kemudian ilmuwan lain bernama Mathias Schleiden mempelajari sel tumbuhan dan menemukan bahwa vakuola tidak sama dengan respirasi seperti yang mereka pikirkan ketika ditemukan di protozoa.

Baca juga:
Lengkapi 5 fungsi batang, struktur dan sifat-sifatnya

Vakuola cukup besar dan dapat menempati sekitar 95% dari protoplas. Tumbuhan tingkat tinggi memiliki sekitar 60% atau lebih.

perkembangan vakuola sel tumbuhan

Vakuola pada sel muda diamati berasal dari filamen kecil, yang menyatu dan mengembang seiring pertumbuhan sel. Filamen banyak dan menonjol, kemudian menyatu membentuk vakuola sentral yang besar.

Dalam kondisi fisiologis tertentu, vakuola mungkin mengalami pola perkembangan terbalik, tetapi bergabung kembali seperti sebelumnya.

Vakuola pada sel tentakel tumbuhan karnivora Drosera rotundifolia yang terisi penuh dengan antosianin dapat pecah bila ada serangan yang terperangkap.

Baca juga:
Soal Biologi Kelas 10 : Ciri-ciri dan Jenis Protozoa Mirip Hewan

Vakuola tumbuhan juga dapat berasal dari retikulum endoplasma. Sel endosperma dari tanaman gandum, jagung, dan padi mendeteksi adanya ER yang mengandung protein.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel 4 Fungsi vakuola yang sangat penting pada tumbuhan

Baca Juga:  Sederhana. Berikut cara cek tagihan listrik PLN dengan smartphone Anda.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment