Wisata Danau Singkarak Pilih tempat liburan bersama teman dan keluarga

Wisata danau Singkarak terkenal dengan destinasi wisata airnya yang jernih, dan wisatawan biasanya menyewa perahu motor atau becak danau. Ada sawah dan Gunung Bukit Bari di latar belakang. Asal usul Danau Singkarak terbentuk dari aktivitas lempeng tektonik yang merupakan bagian dari Sesar Sumatera di Cekungan Singkarak-Solok.

Danau Singkarak berada di tepi jalan antara Tanah Datar dan Kabupaten Solok, Kabupaten Sumatera Barat. Dengan luas sekitar 107,8 km², danau ini merupakan yang terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Sedangkan kedalaman Danau Sikarang adalah 268 km. Lokasi Sanau Singkarak hanya 1,5 jam dari Bandara Padang Minangkabau.

Danau ini dicirikan oleh 19 spesies ikan, antara lain ikan Assang, ikan Piek, ikan Balinka, ikan Baung dan ikan Sasau. Ada juga jenis ikan yang bernama ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis) yang hanya menghuni habitat aslinya yaitu Danau Singkarak. Di destinasi wisata Sumatera Barat ini, wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan, tetapi juga melakukan olahraga, wisata gastronomi, pergi ke tengah danau dan banyak lagi.

Tour dengan olahraga di sekitar danau Singkarak

Objek wisata danau Singkarak dapat menjadi tempat untuk olahraga seperti jalan kaki, jogging dan senam. Wisatawan juga bisa berenang, memancing, dan mendayung. Paralayang, terjun bebas, parasailing, dan kegiatan olahraga lainnya yang dapat dilakukan dari tempat yang tinggi, seperti paralayang.

Acara paling terkenal di sekitar danau ini adalah Tour de Sinkarak. Kejuaraan Bersepeda diadakan sejak Pada tahun 2009, berhasil menarik wisatawan domestik dan mancanegara. balap Anda harus menaklukkan jalur pantai, tikungan tajam melewati danau. Tour de Singkarak adalah acara bersepeda yang diadakan di lebih dari 18 negara.

Keindahan Danau Singkarak dari Atas

Anda bisa menikmati Danau Singkarak dari tempat tinggi seperti Gobabong, Thailandbong, dan Chinangkakbong. Tempat tinggi yang biasa dikunjungi wisatawan adalah Bukit Cinangkak. Daerah perbukitan ini agak jauh dari tepi danau. Namun di perbukitan, Anda juga bisa menaiki berbagai wahana, antara lain bianglala, mobil listrik, balon terbang, rumah pohon, dan sepeda gantung.

Baca Juga:  Merangkul aspirasi tersebut, Jawa Barat berencana membangun alun-alun kota di sebelah barat Kota Depok.

Mencoba hidangan ikan bilih khas telaga Singkarak

Wisatawan ke Danau Singkarak juga bisa menikmati wisata kuliner khususnya olahan ikan segar. Gunung dapat dinikmati di beberapa warung seperti gulai ikan bilih. Banyak penduduk setempat membuka restoran dengan ikan billy sebagai bahan utamanya. Selain itu, kami juga memiliki menu makan ikan goreng favorit kami.

Kunjungi Dermaga Singkarak

Dermaga Singkarak merupakan tujuan populer bagi wisatawan lokal yang berlibur ke Danau Singkarak. Wisatawan dapat melihat luasnya laut dan kapal-kapal yang melewatinya. Jika ingin melihat-lihat, Anda bisa naik perahu dari dermaga.

Pengunjung membayar sewa per jam dan dapat berjalan di sepanjang danau dan turun ke tengah danau. Dari perahu Anda bisa merasakan deburan ombak danau dan di tengahnya Anda bisa melihat daratan dengan keindahan perbukitan yang hijau.

Artikel menarik lainnya: Cara Daftar Online Kebun Binatang Ragunan dibuka setelah tahun baru.

Mencoba berenang di tepi Danau Singkarak

Wisatawan memang berenang di danau, tetapi mereka tetap harus waspada dengan keselamatan. Jika ingin berenang, cukup bawa baju ganti dan Anda bisa berenang bersama pengunjung lain. Biaya yang dikeluarkan adalah biaya masuk kawasan Danau Singkarak dan biaya parkir sepeda motor. Berhati-hatilah untuk tidak berenang di tengah danau.

Tiket Masuk Danau Singkarak Rp 10.000/orang. Juga, parkir sepeda motor adalah Rp. 5.000, parkir mobil Rp. 10.000.

Inilah gambaran Wisata Danau Singkarak yang bisa dijadikan pilihan destinasi liburan di Sumatera Barat. Ini adalah tujuan wisata di mana Anda bisa betah berlama-lama dan duduk dengan nyaman bersama teman dan keluarga di sekitar danau.

Artikel menarik lainnya: Fakta menarik dan unik tentang kota Bogor dari nama hingga sejarah

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Wisata Danau Singkarak Pilih tempat liburan bersama teman dan keluarga

Dari Situs Fikrirasy ID