10 Masakan Lombok Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Lombok, Mandalika

Hidangan Lombok yang wajib dicoba saat berkunjung ke NTB. Lombok penuh dengan kelezatan gastronomi serta pantai yang indah dan aktivitas peselancar. Makanan yang dijual pada umumnya biasanya pedas.

Berikut 10 masakan khas Lombok yang bisa dicoba wisatawan.

Plecing Kangkung, kuliner khas Lombok yang wajib dicoba

Hidangan ini terdiri dari kangkung rebus dan saus tomat yang dibuat dengan cabai rawit, garam, udang, dan tomat. Untuk mencicipi kelezatan Kangkung, Plecing adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan yang tumbuh di pulau Jawa.

Memasak Cancunghini biasanya ditambah kacang goreng untuk mengurangi rasa pedas. Wisatawan dapat menemukan jenis masakan ini di sebagian besar restoran di Lombok.

Ayam Taliwang Ayam Kampung Muda

Ayam Taliwang adalah salah satu masakan Lombok yang paling populer. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan, seperti goreng, bakar, atau bakar. Akan lebih baik lagi jika Anda memesan ayam kampung yang masih muda.

Kelezatan Ayam Taliwang juga ada pada kuahnya yang pedas. Nah, jika ingin mencicipi kelezatan Ayam Taliwang, datanglah ke restoran yang menjual Ayam Taliwang.

Sate Bulayk dibungkus daun lontar

Sate Bulayak adalah makanan enak berbentuk daun lontar atau lontong yang berbentuk spiral di atas daun lontar. Untuk membukanya harus dengan gerakan melingkar.

Sate ini terbuat dari daging sapi dengan bumbu khas Sasak. Cara makan bulayak dalam sambal sate yang disediakan. Penjual sate tidak menyediakan garpu dan sendok. Sate Bulayak dapat ditemukan di beberapa tempat wisata seperti Pura Lingsar, Taman Narmada dan Taman Suranadi.

Nasi Renda Phu Kung

Nasi Pucung Race adalah hidangan khas yang membuat ketagihan. Rasanya yang pedas bisa membuat pemakan jadi ingin mencoba lagi. Nasi ini terdiri dari ayam yang diiris tipis ditaburi cabai, buncis, udang kering dan belut goreng.

Masakan Ares Lombok Yang Wajib Kamu Coba

Ares adalah sayur khas Lombok yang berbahan dasar pelepah pisang muda. Cita rasa kuliner Lombok menggunakan santan cukup unik, lembut dan asin. Awalnya dikonsumsi oleh suku Sasak tradisional dan disajikan di pesta pernikahan hingga kemudian menjadi makanan khas Lombok. Ares lebih enak disantap dengan nasi putih selagi hangat.

Sate lembi dibuat dengan bahan daging sapi yang enak

Sate Rembiga adalah sate yang sangat enak dibuat dengan daging sapi. Itu membuat kombinasi yang lezat, manis dan pedas. Nama Lembi berasal dari asal usul sate ini di desa Lembi dekat Bandara Selafarang. Meski dijual di banyak lokasi, penjual aslinya adalah Warung Rembiga by Jalan Dakota Nomor 2 Rembiga.

Sajian Sate Tanjung Lombok yang Wajib Dicoba

Hidangan sate Tanjung berasal dari ikan Cakalang atau ikan Langoan. Satetanjung sangat enak disantap panas-panas dengan nasi atau mochi tergantung selera. Rasa daging dan santan yang gurih serta bumbu pedasnya sangat menggugah selera.

Baca Juga:  Apa yang istimewa dari Danau Toba, tujuan wisata utama Indonesia?

Keserasian bumbu dan ikan bakar membuat tubuh terasa hangat dan nyaman. Wisatawan bisa membeli Sate Tanjung di sekitar Pasar Terminal Tanjung.

Masakan Lombok Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Poteng Jaje Tujak dan Iwel adalah makanan khas Lombok dari Idul Fitri. Hidangan ini terdiri dari dua hidangan: poteng atau tapai dan jaje tujak atau tetel. Selain Poteng Jaje Tujak, ada Iwel, jajanan khas masyarakat.

Ewell adalah lontong yang terbuat dari beras ketan hitam, biasa disajikan dalam upacara adat di masyarakat. Tidak seperti makanan Lombok yang pedas, Ewell sebenarnya lembut dan manis. Makanan poteng jaje tujak dan Iwel tidak eksklusif untuk Idul Fitri atau upacara adat.

Bevalung dengan Iga Sapi

Makanan bebalung terdiri dari daging sapi atau iga kerbau yang dicampur dengan campuran bumbu yang terdiri dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit dan jahe.

Bebalung biasanya disajikan dalam mangkuk yang ditaburi bawang merah goreng. Di Lombok, Bebalung adalah makanan paling terkenal di gudang Kelebet di Jalan Hos Cokroaminoto dan selalu ramai. Bevalung, dibuat dengan daging yang sangat empuk sehingga mudah terkelupas dari tulangnya.

Wisata Indonesia Lainnya: Menginap Bulan Madu Romantis dengan Pasangan di Vila Bali dengan Kolam Renang Pribadi

Bebek terong, jenis hidangan sayuran segar

Terong Beberuk Tumis adalah sejenis lalapan yang bersahabat dengan Ayam Taliwang. Makanan ini sangat mudah diolah. Bahan terong ungu hanya mengandung daruma dan tomat.

Bumbu halus terdiri dari cabai keriting, cabai, bawang putih, bawang merah, kenker, terasi bakar, gula, garam dan minyak. Kemudian tuangkan bumbu di atas terong dan air jeruk nipis. Kemudian rasanya manis, asam dan menyegarkan.

Ini dia informasi kuliner Lombok yang wajib kamu coba saat ke Mandalika Lombok. Ada banyak pilihan makanan yang bisa menjadi pilihan wisatawan.

Artikel menarik lainnya : Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Tour Trip Wisata Gunung

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 10 Masakan Lombok Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Lombok, Mandalika

Dari Situs Fikrirasy ID