Hobi: Mendaki, mengunjungi Gunung Rinjani, Lombok

Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok adalah tujuan populer bagi penggemar hiking. Mereka ingin melihat keindahan Kaldera Danau Segara Anak sekaligus untuk tujuan mencapai puncak.

Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Terpadu seluas 41.330 hektar. Menurut legenda Hindu, gunung ini dianggap sebagai tempat tinggal para dewa.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Lombok

Objek wisata Gunung Rinjani terletak di bagian utara Pulau Lombok dengan ketinggian 3.726 m di atas permukaan laut. Bagi yang ingin mendaki, terlebih dahulu harus mengetahui jalur yang biasanya digunakan oleh para pendaki. Mereka yang ingin mencapai puncak naik melalui jalur Sembalun yang dikenal sebagai Senaru, biasanya tanpa kontur datar atau menanjak.

Di cabang, Senaru melanjutkan perjalanan ke Plawangan Senaru. Pada posisi ini, perjalanan akan terus menanjak, yang akan memakan energi tambahan. Namun melihat pemandangan alam dan danau dari sana, Anda akan merasa lega. Daerah sekitarnya sering digunakan untuk membangun tenda dan memancing.

Setelah pendakian ke Plawangan Sembalun selesai, jalur mulai menanjak. Jadi, melewati jalur dari Plawangan Sembalun ke Gunung Rinjani membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra.

Kemudian, sesampainya di puncak, rasa lelah itu hilang dan Anda bisa menikmati pemandangan yang indah. Saat cuaca cerah, pendaki bisa melihat Gunung Agung Bali, Gunung Tambora Sumbawa dan Gunung Izen-Merafi Banyuwangi. Selain itu, di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, menghadap ke barat Lembah Gunung Rinjani, Anda dapat melihat Danau Segara Anak yang luas.

Perjalanan menuju puncak Gunung Rinjani biasanya memakan waktu 3 hari 2 malam. Perjalanan akan terasa lebih lama jika pendaki terlebih dahulu melihat beberapa destinasi seperti Gua Susu dan Gunung Baruzari. Kiat untuk pendaki: berpakaian hangat karena suhu semakin dingin saat Anda naik ke puncak. Suhu rata-rata di Gunung Rinjani adalah 20 derajat.

Baca Juga:  Museum Gosan Ulunwang, Wisata Sejarah Sumedang

Cara menuju Gunung Rinjani Lombok dan cara daftar pendakian

Jika Anda ingin ke kawasan Gunung Rinjani, Anda bisa dari Mataram menuju desa Sembalun atau Senaru. Dengan angkutan umum, naik bus dari terminal Mandalika Mataram menuju Anyar, kurang lebih 2,5 jam. Kemudian naik Bemo dari Anyar ke Senaru. Saat pendakian dimulai di Sembalun, Anda bisa naik terminal ke Aikmel dan kemudian naik bus kembali ke Sembalun.

Mereka yang ingin mendaki harus mendaftar ke Kantor Pos Taman Nasional Gunung Rinjani. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online melalui website resmi BTNGR di website www.erinjani.id atau aplikasi “eRinjani” di Google Play Store.

Sangat mudah untuk mendaftar atau login ke situs eRinjani dengan mengisi data identitas pendaki. Masukkan nomor ponsel, email, dan informasi lainnya di situs web eRinjani. Kemudian urutkan jumlah hari pendakian.

Langkah selanjutnya adalah membayar melalui transfer bank yang tertera pada aplikasi atau website eRinjani. Langkah terakhir tinggal menunggu informasi bukti pembayaran dan akan dicek oleh petugas BTNGR saat memasuki gerbang pendakian. Jangan buang sampah sembarangan di sekitar Gunung Rinjani di Lombok, nikmati hiking dan jaga kebersihan alam.

Artikel menarik lainnya: Temukan Souvenir Mutiara Lombok di Sekarbela

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Hobi: Mendaki, mengunjungi Gunung Rinjani, Lombok

Dari Situs Fikrirasy ID