Bupati Bogor Buka Kampung Wisata Cimandala Batulayang

Fikrirasy.ID, Sisarua — Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan Desa Wisata Cimandala Batulayang, Kecamatan Cisarua, Rabu (26 Januari 2022). Peluncuran desa wisata ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan ke Kecamatan Sisarua Bupati Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, banyak potensi yang ada di 435 desa dan kelurahan yang sebagian besar bisa dikelola untuk potensi wisata dan potensi ekonomi lainnya. Salah satunya adalah desa wisata Cimandala Batulayang.

“Potensi ini harus terus kita tingkatkan tanpa merusak alam. Desa wisata ini tidak merusak alam, hanya menata dan mengelolanya. Jadi kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik, jangan membuang sampah sembarangan dan selebihnya ikuti protokol kesehatan kita,” kata Ade.

Ade Yasin menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan terus meningkatkan potensi tersebut. Salah satunya dengan menyelenggarakan lomba desa wisata. Tidak hanya desa tetapi juga kerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sangat diperlukan.

“Pengelolaan BPD lebih baik daripada menyerahkannya ke swasta. Jadi bisa dilakukan di BPD atau lembaga desa lainnya karena mempengaruhi pendapatan desa,” imbuhnya.

Sebelumnya, desa wisata Cimandala Batulayang di Cisarua Puncak ditetapkan sebagai desa wisata berkelanjutan di antara 30 desa lainnya di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Desa wisata berkelanjutan, aset pariwisata Indonesia yang meningkatkan kearifan lokal dan partisipasi masyarakat dalam menggerakkan pariwisata dalam satu paket Sapta Pesona.(Piya Hadi)


Tampilan postingan:
2



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Bupati Bogor Buka Kampung Wisata Cimandala Batulayang

Dari Situs Fikrirasy ID

Baca Juga:  Monumen Tekad untuk memperingati perjuangan kemerdekaan Karawang