Rayakan Natal dengan makanan khas Natal Indonesia!

Seperti halnya menghias pohon, bertukar kado, dan beribadah di gereja, Natal merupakan momen penting bagi keluarga, sahabat, dan kerabat untuk berkumpul. Oleh karena itu, tradisi makan malam dengan hidangan yang menggugah selera sangat diperlukan di manapun di dunia ini.

Di luar negeri, hajatan yang satu ini biasanya dimeriahkan dengan hadirnya kalkun bakar, daging, saus, kentang tumbuk, lembu (lembu), pai, roti jahe, permen tongkat, dll. Bagaimana dengan Indonesia? Makanan Natal khas Indonesia ini kurang menarik dan memanjakan lidah. Inilah tujuh di antaranya.

Klapertart

melalui Jessicabakery.com

Klapertart adalah kue khas Manado yang sering disajikan saat Natal. Secara harfiah klaperart dapat diartikan sebagai kue kelapa. anak genta Artinya kelapa sementara. kue tar Maksudku kue. Dari namanya, sudah jelas bahwa sajian Natal tradisional Indonesia ini merupakan peninggalan penjajahan Belanda yang pernah menguasai wilayah Sulawesi Utara.

Makanan Natal khas Indonesia ini berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur, menjadikan kombinasi rasa gurih dan manis yang cocok untuk hidangan penutup perayaan Natal. Kue ini biasanya disajikan dengan kismis, keju, kenari cincang dan taburan kayu manis.

Pengolahan klapertart umumnya menggunakan dua jenis metode: dikukus atau dipanggang. Kukus klapper tart biasanya memiliki tekstur yang lembut dan mudah lumer di mulut. Di sisi lain, klapper tart panggang biasanya dibuat dengan roti, sehingga hasilnya padat dan bisa dipotong seperti kue. kue tar.

Baca lebih lanjut: Natal akan segera datang! Yuk bersihkan pohon Natal dengan tips ini!

kue baga

via kieraha.com

Kue bagea merupakan jajanan berbahan dasar pemikiran yang bisa dengan mudah Anda temukan di daerah Ternate. Salah satu kue ini biasanya diberi topping kenari, gula, kayu manis, pala, dan cengkeh. Karena terbuat dari tepung sagu, baguette ini cenderung keras, terutama pada gigitan pertama.

Baca Juga:  Robbie Perva: Cocokkan dengan jam tangan Ballmer

Bentuk kue ini biasanya berwarna cokelat, bulat, dan rasanya gurih dan tidak terlalu manis, dengan sedikit dominan kenari. Kue bagua juga dibungkus dengan daun enan atau daun lontar untuk memberikan rasa umami yang khas. Makanan Natal khas Indonesia ini paling enak disantap bersama teh atau kopi saat berkumpul bersama keluarga.

kue rappet

via tripelakitoba.com

Di Sumatera bagian utara, khususnya di daerah Tapanuli dan Batak, Anda bisa menemukan sajian khas Natal yang bernama kue lapet atau lampet. Hidangan Natal khas Indonesia ini biasanya dibuat dari tepung beras dan kelapa yang dicampur dengan isian gula merah.

Kemudian, bungkus adonan dengan daun pisang dan bentuk menjadi kerucut. Teksturnya sendiri lembut dan manis. Anda juga bisa menemukan kue lappet ini yang terbuat dari tepung ketan, namun teksturnya cenderung lengket.

Selain perayaan Natal, kue lappet juga menjadi camilan penting di berbagai acara kumpul-kumpul orang Batak. Kue ini biasanya disajikan dengan teh manis atau kopi di pertemuan sosial, pernikahan, sarapan tamu dan kumpul-kumpul santai.

Baca Juga: 10 Resep Makanan Jawa Barat Lezat yang Wajib Kamu Coba Di Rumah

ayam kodok

via jakartapost.com

Ayam kodok, seperti halnya klapper tart, merupakan makanan khas Natal Indonesia yang diperkenalkan oleh Belanda pada masa penjajahan. Meski tertulis kata katak, hidangan ini sama sekali tidak mengandung katak.

Bentuknya ayam utuh dengan daging, usus, dan tulangnya dibuang tanpa merobek kulitnya, menyisakan paha, sayap, dan kulitnya. Ayam diisi dengan campuran ayam cincang dan rempah-rempah, terkadang dengan telur atau jeroan ayam. Setelah dipanggang, ayam akan mengembang dan pipih karena tulangnya sudah dibuang. Hasilnya, ayam itu terlihat seperti katak yang gemuk. Dari situlah nama itu berasal.

Ayam kodok sendiri dipercaya sebagai masakan Belanda yang terinspirasi dari makanan Prancis. Fikrirasy.ID Namun sudah disesuaikan dengan bahasa Indonesia. Proses pembuatannya yang panjang dan rumit menjadikannya sajian istimewa yang hanya ada di momen-momen besar seperti Natal dan Tahun Baru Imlek.

Baca Juga:  Muncul di TV, Rencana Thanksgiving Meghan Markle dan Pangeran Harry Bocor

selat solo

melalui tokoengine.com

Selat Solo tidak hanya terkenal dengan makanan legendarisnya, tetapi juga menjadi sajian khas untuk memeriahkan perayaan Natal di Kota Solo. Makanan Natal khas Indonesia ini akan mengingatkan Anda pada sajiannya. daging panggang Eropa.

Selat Solo sendiri merupakan adaptasi Jawa dari masakan kolonial Eropa. Seperti yang Anda ketahui, makanan Jawa biasanya identik dengan rasa manis. Jadi alih-alih kecap dan mayones, saya menggunakan kecap tipis.

Jika Anda melihat etimologi kata “tubuh kendur“artinya salad”daging sapi shuarti dari ” daging panggang Atau Steak, Selat Solo ini adalah kombinasi salad dan steak. Berbeda daging panggang Menggunakan daging utuh setengah matang, daging Solo dibuat dari campuran daging cincang, sosis, remah roti, dan telur. Adonan yang dibuat menjadi bentuk kue beras ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Kemudian biarkan daging dingin, potong-potong tebal dan goreng dengan sedikit margarin.

Selat Solo menawarkan wortel rebus dan buncis, tomat, daun selada, kentang goreng dan selada ditambah kuah seperti kuah sawi, telur rebus dan air. Terkadang acar mentimun juga ditambahkan ke dalam hidangan Natal khas Indonesia. bagus daging panggangTaburi juga lada hitam pada daging untuk menghilangkan rasa pedas.

Baca juga: Inilah 10 Wisata Masak Solo Tahun 2021 yang Wajib Kamu Coba Saat Menginap di Fikrirasy.ID Solo Slamet Riyadi.

kecap ikan kuning

melalui Fikrirasy.ID.okezone.com

Sop ikan kuning merupakan sajian khas natal di wilayah Ambon. Makanan Natal khas Indonesia ini biasanya dibuat dengan ikan tuna atau muba. Kemudian ikan dimasak dengan kunyit, jeruk nipis dan bumbu lainnya.

Hasilnya adalah ikan kuah kuning dengan rasa asam dan menyegarkan. Setelah matang, ikan biasanya dimakan dengan papeda, makanan pokok di ambon yang terbuat dari sagu. Tapi sama nikmatnya dengan disajikan dengan sepiring nasi hangat.

Baca Juga:  Banyak makam bernilai sejarah yang disulap menjadi tempat wisata di Malang.

ayam voodoo

via Fikrirasy.ID

Selain ayam kodok, sajian ayam budu-budu turut memeriahkan perayaan Natal, khususnya bagi keluarga Makassar. Makanan Natal khas Indonesia ini disajikan dalam bentuk soto ayam yang sekilas terlihat seperti soto ayam. Namun hidangan yang satu ini pasti memiliki kekhasan dan cita rasa tersendiri.

Voodoo Chicken biasanya dibuat dengan ayam kampung yang dicampur dengan berbagai bumbu seperti jahe, jeruk nipis, lengkuas dan daun bawang. Berbeda dengan ayam kodok yang cukup rumit, membuat ayam voodoo sebenarnya cukup mudah.

Cukup potong ayam menjadi delapan bagian dan lumuri dengan air jeruk nipis. Setelah itu, ayam direbus dengan jahe, asam jawa, merica dan garam. Kemudian tutup ayam, masak dengan api kecil dan taburi dengan bawang cincang. Sop ayam yang menyegarkan juga siap menemani makan malam keluarga.

Liburan Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata! Daripada bingung mau kemana kotak bobo Kami terbuka lebar untuk menyambut hari baru dan memberikan Anda pengalaman menginap yang menyenangkan dan menyenangkan.

Masalah kenyamanan, tidak ada keraguan lagi! Bagian dalam pod cukup luas dengan matras empuk yang menjamin kenyamanan seperti di rumah sendiri. Selain itu, Fikrirasy.ID juga memiliki fasilitas sebagai berikut: pengeras Fikrirasy.ID bluetooth, Wifi, lampu suasana hati, sepen, kamar mandi bersama, ruang sholat, tempat umum sampai mesin penjual otomatis Siap memenuhi kebutuhan snack Anda.

Harganya juga murah. Anda bahkan bisa mendapatkan kesempatan untuk menginap dengan harga promosi melalui aplikasi Fikrirasy.ID! ayo unduh aplikasi Belajarlah lagi!

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Rayakan Natal dengan makanan khas Natal Indonesia!

Dari Situs Fikrirasy ID