Pelajari gejala overthinking dan 7 cara mengatasinya

Fikrirasy.ID – Kebiasaan berpikir berlebihan atau overthinking adalah kebiasaan seseorang yang terlalu banyak berpikir. Dari pemikiran itu, Anda bisa mempercayainya, meski belum tentu menjadi kenyataan.

Misalnya, mimpi di mana pasangan Anda selingkuh menyebabkan Anda terlalu memikirkan pasangan Anda. Memimpikan pasangan selingkuh belum tentu terjadi di dunia nyata.

Jadi, apa saja tanda-tanda seseorang terlalu banyak berpikir? Berawal dari laman Healthshots, berikut beberapa tanda umum orang yang memiliki kebiasaan overthinking:

  • kesulitan membuat keputusan
  • ketidakhadiran emosional
  • menyinggung
  • Kebencian
  • Kesulitan memahami sudut pandang orang lain
  • kesendirian
  • menekankan
  • pikiran berulang
  • kesulitan berkonsentrasi
Ilustrasi wanita sedih (pexels.com/Anna Shvets)
Menggambar wanita yang sedih dan terlalu banyak berpikir (pexels.com/Anna Shvets)

Orang yang mengalami overthinking dalam tanda-tanda ini mungkin berisiko mengalami masalah kesehatan mental seperti stres, kecemasan, dan depresi.

Baca juga:
3 Alasan Kenapa Kamu Sering Kelelahan dan Motivasi Rendah – Atasi Segera!

Berpikir berlebihan juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dan berpikir terlalu banyak mengurangi produktivitas dan memengaruhi kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan Anda.

Di sisi lain, masalah dengan orang yang terlalu banyak berpikir berisiko membuat sel-sel otak lelah, sehingga sulit untuk memupuk kreativitas.

7 cara agar tidak terlalu banyak berpikir, simak ulasannya!

1. Pahami pola pikir Anda
Terkadang sangat sulit untuk menghindari overthinking ketika Anda berada dalam situasi negatif. Bahkan, Anda bisa jatuh ke dalam jebakan jika sulit untuk dihadapi.

Jadi, yang terpenting adalah memahami pola pikir Anda saat berada dalam situasi negatif.

Baca juga:
Berselancar online dengan bijak dan mulailah berpikir positif mulai sekarang!

2. Perhatikan dirimu sendiri
Bagi kebanyakan orang yang terlalu banyak berpikir, akan sangat sulit untuk melupakannya. Namun, melakukan aktivitas yang menarik perhatian dapat mengalihkan perhatian Anda dari aktivitas tersebut.

Baca Juga:  Pemprov Sumbar Gelar Berbagai Acara Tahun Baru Untuk Menghidupkan Kembali Potensi Maritim - GARUDA TV

Karena aktivitas dapat mematahkan jaringan overthinking. Aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah mengobrol dengan teman-teman Anda dari mendengarkan musik.

3. Latihan Pernapasan
Terlalu banyak berpikir berdampak besar pada kesehatan fisik dan emosional seseorang.

Mempraktikkan teknik pernapasan ini akan membantu Anda menghilangkan pikiran negatif dan meningkatkan rasa rileks dalam situasi tertentu.

4. Jangan menjadi perfeksionis
Perlu kamu ketahui bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Bahkan, Anda ingin yang terbaik dalam hidup Anda datang dan terpenuhi.

Tetapi perfeksionis yang membuat Anda berpikir berlebihan akan berdampak negatif pada Anda. Salah satunya adalah menyalahkan diri sendiri dan rendah diri.

5. Memahami pemicu
Setiap orang memiliki pemicunya masing-masing ketika menghadapi situasi negatif, sehingga dampaknya bisa membuat seseorang overthinking. Salah satu cara untuk mengurangi overthinking adalah dengan memahami pemicu Anda.

6. Penulisan jurnal
Penjurnalan terbukti menjadi kegiatan yang bisa memberikan perspektif baru. Jika Anda memiliki masalah yang membuat Anda khawatir, tulislah dalam jurnal Anda.

Terkadang jurnal bisa menjadi salah satu cara untuk mengkomunikasikan perasaan dan pikiran, dan ini memiliki manfaat bagi Anda, salah satunya untuk meningkatkan kreativitas menulis Anda.

7. Cari bantuan profesional
Jika Anda tidak bisa mengontrol overthinking Anda, saatnya mencari bantuan ahli terdekat. Jika Anda berbicara dengan seorang profesional, mereka akan memandu Anda dan mencari tahu apa penyebab Anda terlalu banyak berpikir.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pelajari gejala overthinking dan 7 cara mengatasinya

Dari Situs Fikrirasy ID