Mengapa sinyal ponsel saya lambat saat hujan? Ternyata ini alasannya.

Fikrirasy.ID – Pernahkah Anda mengalami sinyal ponsel lambat tiba-tiba saat hujan? Jangan salahkan penyedia internet Anda secara langsung. Kamu tahu? Karena kehadiran hujan sebenarnya mempengaruhi sinyal ke ponsel Anda.

Kutipan kantor, karena awalnya sinyal dari handphone didapat dari menara transmisi sinyal atau BTS (Base Transceiver Station). Fungsi menara adalah untuk mengirim sinyal ke ponsel.

Simbol bar di layar ponsel menunjukkan seberapa kuat sinyal dari menara ke ponsel setelah proses registrasi selesai dan data valid.

Saat hujan, air hujan dari menara ke ponsel Anda dapat mengisi dan menghalangi aliran air di langit. Semakin banyak hujan, semakin banyak sinyal interferensi yang dapat ditransmisikan.

Baca juga:
BMKG mengimbau agar mewaspadai potensi hujan lebat di DIY. Ini adalah distribusi regional.

Ilustrasi ponsel.  (percikan)
Ilustrasi ponsel. (percikan)

Singkatnya, kondisi cuaca buruk mempengaruhi kecepatan transmisi koneksi data seluler dari menara transmisi ke telepon seluler.

Rintik hujan menyebabkan gelombang sinyal berubah arah. Oleh karena itu, panjang gelombang berkurang dan frekuensinya melemah.

Hujan disertai angin kencang kemungkinan akan semakin meningkatkan gangguan distribusi sinyal gelombang. Akibatnya, sinyal ponsel, termasuk koneksi internet, semakin buruk.

Hal ini terjadi karena antena atau kabel tower BTS dapat bergerak saat angin bertiup kencang.

Baca juga:
Pelanggaran, PHK 24 staf inspeksi selama 2021



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Mengapa sinyal ponsel saya lambat saat hujan? Ternyata ini alasannya.

Baca Juga:  Tips Merayakan Tahun Baru dengan Aman Selama Pandemi

Dari Situs Fikrirasy ID