5 Jenis Nutrisi Penting untuk Tubuh Beserta Fungsinya

fikrirasy.id – 5 Jenis Nutrisi Penting untuk Tubuh Beserta Fungsinya. Sesuai laporan dalam Diary Patterns in Food Science and Innovation, rezeki adalah penentu resistensi yang sangat besar. Nutrisi juga dibutuhkan oleh tubuh agar semua organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik.

Ada banyak jenis suplemen, dan setiap jenis makanan memiliki kemampuan yang berbeda. Memang semua suplemen penting bagi tubuh, namun lima jenis suplemen berikut ini lebih penting karena memiliki berbagai fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Apa saja macam-macam suplemen dan kemampuannya? Yuk, simak bersama!

1. Zat besi

Besi adalah sejenis mineral. Meskipun zat besi tersedia secara luas dalam berbagai macam sumber makanan, beberapa orang sebenarnya membutuhkan lebih banyak dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal zat besi memiliki fungsi yang penting dan penting bagi tubuh.

Melancarkan EatRight, zat besi memiliki kemampuan dalam pembentukan hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Demikian pula, mineral yang satu ini juga dibutuhkan untuk kofaktor katalisator, otak dan kemampuan otot serta memperkuat sistem ketahanan tubuh.

2. Vitamin D

Tubuh manusia mendapat vitamin D dari siang hari dan dari jenis makanan atau suplemen yang mengandung vitamin D. Vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Suplemen ini juga memainkan peran penting lainnya bagi tubuh.

Dikutip dari Clinical News Today, vitamin D mampu mengatur atau mempercepat penyembuhan saat iritasi terjadi pada bagian tubuh tertentu, mampu meningkatkan daya tahan tubuh, mempertahankan mineral kalsium, dan menjaga kadar mineral kalsium dan fosfor dalam darah. Kedua suplemen ini penting untuk mineralisasi tulang yang sehat.

Baca Juga:  Penuhi dan Batasi Zat Gizi Ini untuk Cegah Penyakit Kardiovaskular

3. Mineral kalium

Kalium adalah mineral yang jenisnya adalah elektrolit. Mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh agar organ-organ di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik.

Diungkapkan oleh MedlinePlus, mineral ini membantu saraf untuk bekerja dengan baik, membantu kontrak otot dan membantu menjaga detak jantung tetap konsisten. Tidak hanya itu, mineral potasium juga membantu memindahkan nutrisi lain ke dalam sel dan mengimbangi beberapa efek berbahaya dari mineral sodium pada denyut nadi.

4. Protein

Protein adalah jenis makanan asam amino yang baik untuk membantu kesehatan. Protein melakukan sebagian besar pekerjaannya dalam sel dan jaringan. Mengirimkan Healthline, protein memiliki kemampuan mengembangkan sel, mengikuti jaringan, serta kurir sintetis yang membantu menyampaikan antara sel, jaringan, dan pikiran.

Protein juga berfungsi sebagai sistem buaian yang membantu tubuh mempertahankan nilai pH yang sah dari darah dan cairan tubuh lainnya. Kemampuan penting lain dari protein adalah membentuk antibodi untuk melindungi tubuh dari mikroba dan infeksi. Beberapa protein juga mengangkut suplemen ke seluruh tubuh, dan bertindak sebagai sumber energi.

5. Lemak

Lemak adalah suplemen yang didapat dari makanan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda membutuhkan asupan lemak secara konsisten.

Seperti yang ditunjukkan oleh Harvard T.H. Chan School of General Wellbeing, lemak memberi energi pada tubuh. Lemak juga memiliki kemampuan untuk melindungi semua organ dalam tubuh, mendukung pertumbuhan sel, memantau kolesterol dan tekanan darah, serta membantu tubuh mengonsumsi berbagai jenis suplemen.

Kelima jenis suplemen ini memiliki fungsi vital bagi tubuh. Bersaing dengan penerimaan sehari-hari, dan rutinitas makan yang adil.