Tips tidur nyenyak untuk hidup berkualitas: Fikrirasy.ID Indonesia

  • Share

Apakah Anda sudah cukup tidur? Jika Anda tidak yakin dengan jawabannya, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut dan ubah cara Anda tidur dengan tips ini.

berapa banyak kamu tidur tadi malam Apakah Anda mudah tertidur? Seberapa sering Anda bangun? Orang sibuk seringkali mengabaikan waktu tidur yang teratur karena merasa tidak punya banyak waktu untuk beristirahat dengan benar. Jadi, bagaimana dengan Anda? Masih senang menunda-nunda karena harus menonton film atau bekerja hingga larut malam? Atau sebaliknya. Apakah Anda benar-benar ingin tidur nyenyak, tetapi sering terbangun di tempat tidur dan menatap langit-langit?

Tentu kita tahu bahwa tidur sangat erat kaitannya dengan kesehatan kita dan tidak boleh disepelekan. Fikrirasy.ID berbicara dengan dr.Ayuwidia Ekaputri, M.Si. (MSc dalam Ilmu Saraf Kognitif) Pelajari tentang pentingnya tidur dan berbagai efek tidur jika Anda mengalami kurang tidur jangka panjang. Temukan juga beberapa tips mengatasi kesulitan atau gangguan tidur.

Bagaimana Pola Tidur Mempengaruhi Kesehatan Anda?

“Tidur memainkan peran penting dalam kesehatan kita. Selama tidur, semua bagian tubuh beristirahat, kecuali bagian vital yang menopang kehidupan manusia. Dalam keadaan istirahat total ini, otak dapat menata kembali atau menata agar tubuh dapat kembali berfungsi maksimal saat terjaga. Penataan ulang ini penting untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta mengasah dan mengatur fungsi kognitif. suasana Ini memaksimalkan kerja organ vital seperti jantung, hati, dan lainnya untuk kesehatan mental.”

Baca Juga:  Review Jaringan Internet Wifi Prima Prima Makassar Home

Apa yang menentukan kualitas tidur? Apakah sering terbangun merupakan tanda kualitas tidur yang buruk?

“Tidur harus cukup kualitas dan kuantitas. Kualitas tidur yang baik ditandai dengan kemampuan untuk tertidur dengan mudah dalam waktu 30 menit segera setelah seseorang berbaring. Dia tidur sepanjang malam dan kadang-kadang bangun dan hampir tidak sadar. Misalnya, berganti posisi lalu kembali tidur. Ketika Anda bangun untuk pergi ke kamar mandi, Anda harus bisa tertidur lagi dalam waktu 20 menit. Terakhir, tetapi tidak kalah penting, ketika kita bangun di pagi hari, kita harus beristirahat dengan baik, berenergi, dan segar kembali.”

Saya membaca bahwa Anda akan di atas panggung. pil obat penenang Dan Anda bisa bangun dengan segar. Setiap hari, manusia membutuhkan lima siklus tidur masing-masing 1,5 jam. Betulkah?

“Siklus tidur terdiri dari beberapa fase, yang paling penting adalah pil obat penenang dan fase REM atau gerakan mata cepat. melangkah pil obat penenang Ini adalah tahap tidur yang sangat penting. sejalan pil obat penenang, berbagai fungsi tubuh diatur ulang atau diatur ulang. Dalam keadaan ini, tubuh benar-benar istirahat. Hormon pertumbuhan muncul, berbagai jaringan tubuh dipulihkan, dan tubuh mengisi kembali ‘energi’.”

Bagaimana dengan fase REM?

REM adalah saat otak kita sangat aktif, sama seperti saat kita terjaga. Selama fase REM ini, otak sibuk mengatur berbagai fungsi kognitif yang penting untuk memori, konsentrasi, dan kesehatan mental. Inilah sebabnya mengapa kita sering mengalami mimpi selama fase REM. Kita mengalami sekitar 5-6 siklus tidur saat kita tidur di malam hari. Pada siklus 4-6, proporsi REM meningkat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tidur, Anda perlu tidur yang cukup. Karena satu siklus tidur berlangsung 1,5 jam, itu sekitar 8 jam. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari tidur, Anda harus mendapatkan jumlah berikut: pil obat penenang Dan tidur REM yang cukup.

Baca Juga:  Apakah kulit kepala Anda sering kering? Penyebab kulit kepala kering Larisa Aesthetic Center Fikrirasy.ID

Apa yang harus saya lakukan jika saya terlalu mengantuk di siang hari untuk menjadi produktif? tidur sebentar Apakah itu direkomendasikan?

“Tidur siang” Tidur siang yang berlangsung 20-30 menit. Menurut beberapa penelitian tidur sebentar Dapat meningkatkan keterampilan motorik seperti mengetik, bermain piano, menulis dan banyak lagi. Menurut beberapa penelitian tidur sebentar Jika dilakukan secara konsisten, Anda bisa mengembalikan energi dan fokus. Namun, lebih baik jika: tidur sebentar Itu selalu dilakukan pada waktu yang konsisten. Sebagai contoh, tidur sebentar Dilakukan secara rutin antara pukul 14.00 hingga 15.00. Momen tidur siang yang kuat, Cari tempat yang tenang dengan pencahayaan minimal.

Dari perspektif kesehatan, apa konsekuensi dari perubahan radikal dalam pola tidur?

“Gejala gangguan tidur yang paling umum adalah penurunan kognitif, seperti sulit berkonsentrasi, mudah lupa, kesulitan belajar, dan ketidakstabilan emosi. Efek kesehatan lain yang terkait dengan gangguan tidur, jika berlangsung lama, termasuk masalah jantung, obesitas, diabetes, Alzheimer, kekebalan berkurang, termasuk perkembangan anak cacat.

Gangguan Tidur dan Tips Mengatasinya

Jika Anda merasa sulit tidur, apalagi jika hal itu mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, coba cari akar masalahnya. “Jika Anda mengalami gangguan tidur, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Jika Anda bingung harus ke spesialis mana, konsultasikan dulu ke dokter umum Anda. Hanya setelah masalah ditemukan, Anda dapat merujuknya sesuai dengan hambatan yang Anda hadapi. Tentang ini, Ayuwidia.

ketidakjelasan

Menurut American Sleep Association, insomnia dapat memiliki beberapa penyebab. Selain faktor psikologis seperti stres dan depresi, gangguan tidur tampaknya cenderung disebabkan oleh sejumlah penyakit yang mengganggu pernapasan dan pencernaan. Gaya hidup, kondisi medis, dan konsumsi obat-obatan juga dapat memengaruhi insomnia. Menemukan penyebabnya terlebih dahulu dapat menyembuhkan insomnia. Anda juga dapat meminta saran dari psikolog jika perlu dan dapat membantu.

Baca Juga:  Efek Samping Terlalu Sering Keramas – eBright Skin

keruh

“Mendengkur mungkin berkaitan dengan obesitas atau kondisi kesehatan lainnya, seperti penyempitan saluran napas saat tidur. Untuk mengatasinya perlu dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Sebaiknya konsultasikan ke dokter agar bisa ditangani secepatnya,” ujarnya. kata. .

memar

Menggertakkan gigi saat tidur, seperti dilansir situs WebMD memar
Ini sebenarnya tidak berbahaya. Namun, jika kondisi ini terus berlanjut, mereka dapat menyebabkan kerusakan gigi dan komplikasi kesehatan mulut.

cara terbaik untuk tidur

Untuk mencegah atau mengatasi gangguan tidur, dr. Ayuwidia menawarkan aplikasi kebersihan tidur
dalam kehidupan sehari-hari. arti dari kebersihan tidur Ada berbagai ritual atau kebiasaan tidur yang baik, seperti:

  1. Tetapkan jadwal tidur yang teratur.
  2. Tidur di lingkungan yang tenang dan gelap.
  3. Hindari menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur.
  4. Hindari makan makanan berkafein 2-3 jam sebelum tidur.
  5. Biasakan tidur di tempat tidur dan aktivitas di luar tempat tidur. Misalnya, menghindari makan dan bekerja di tempat tidur.
  6. Lakukan aktivitas santai sebelum tidur, seperti membaca buku (bukan di smartphone), mendengarkan musik dengan ritme lambat, atau latihan pernapasan.
  7. Jangan berolahraga sebelum tidur. Berolahraga setidaknya 2-3 jam sebelum tidur
  8. Jangan makan sebelum tidur. Makan berat harus diselesaikan sekitar 2 jam sebelum tidur.
  9. Mereka aktif di siang hari.

“Setelah aplikasi kebersihan tidur Jika Anda masih mengalami kesulitan tidur, segera konsultasikan dengan praktisi kesehatan Anda. Mengakhiri pembicaraan, Ayuwidia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *