Bagikan proses pembuatan kerupuk, bahan baku yang digunakan akan mengejutkan Anda

Fikrirasy.ID – Tulang ikan sering dibuang karena dianggap sampah dan tidak bisa didaur ulang. Namun siapa sangka produk kerupuk justru menggunakan tulang tenggiri sebagai bahan utamanya?

Krupuk Tuiri mengejutkan publik karena terbuat dari tulang tenggiri. Melalui akun TikTok Anda @krupuktuiri.official Proses pembuatan kerupuk dari tulang tenggiri juga dibagi.

Proses awal adalah memilih tulang ikan tenggiri yang cocok digunakan sebagai bahan baku. Kemudian cuci tulang tenggiri sampai bersih dan potong-potong agar mudah digiling.

Kemudian giling tulang ikan tenggiri sebanyak 3 kali dan hasilnya benar-benar halus. Proses selanjutnya adalah menguleni dengan bahan rahasia.

Baca juga:
Ibu Jual Kerupuk Untuk Dukung 13 Anak, Sikap Diperlakukan Bikin Hari

Setelah itu, adonan serabi tenggiri dicetak menjadi bentuk rontongan dengan mesin khusus. Kemudian kukus selama kurang lebih satu jam hingga adonan matang.

Proses pembuatan tulang tenggiri (TikTok @krupuktuiri.official)
Proses pembuatan tulang tenggiri (TikTok @krupuktuiri.official)

Rontong mendingin dan menjadi lebih keras. Setelah proses ini, potong adonan rontongan menjadi potongan-potongan kecil dan keringkan di pengering.

Ruang pengering ini didesain khusus untuk menjaga kerupuk dari binatang dan debu selama proses pengeringan. Ini membuktikan bahwa setiap proses yang dilalui adalah higienis.

Setelah kering, kerupuk digoreng dan disajikan dengan berbagai bumbu. Tahap terakhir adalah proses pengemasan untuk didistribusikan. Selain higienis, Kerupuk Tuiri sudah bersertifikat Halal MUI dan terdaftar di BPOM.

Saat itu, video tersebut mendapat banyak perhatian dari warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

Baca juga:
Harga minyak goreng naik, pria ini memutuskan untuk memasak kerupuknya di pasir

“Wow, saya tidak berpikir tulang tenggiri benar-benar akan menjadi kerupuk.” Salah satu netizen berkomentar.

Netizen lain pun meninggalkan komentar. “Kerupuk ini kaya akan kalsium dan protein, yang sangat bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang.” Netizen ini berkata:

Baca Juga:  Segarkan harimu dengan mendengarkan 7 rekomendasi city pop Indonesia!

“Saya sangat terkejut bahwa tulang tenggiri bisa dibuat menjadi kerupuk.” Silakan tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, dalam waktu 24 jam setelah diunggah, video tersebut telah ditonton 2 juta kali di TikTok.

Klik di sini untuk melihat video lengkapnya. di sini!



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Bagikan proses pembuatan kerupuk, bahan baku yang digunakan akan mengejutkan Anda

Dari Situs Fikrirasy ID