7 Manfaat Membaca Fiksi, Bukan Sekedar Membangkitkan Imajinasi

Fikrirasy.ID – Jika Anda adalah penggemar buku fiksi, khususnya fiksi, berikut beberapa hal menarik yang harus Anda ketahui. Yaitu tentang manfaat membaca fiksi. Buku yang ditulis berdasarkan imajinasi penulis ini memiliki kelebihan yang belum pernah saya pikirkan sebelumnya.

Apa kelebihan dari novel yang akan kamu dapatkan? Laporkan di Elif Notes, lalu lihat ulasannya.

1. Tingkatkan kreativitas Anda
Sebuah studi yang dilakukan di University of Toronto menemukan bahwa pembaca novel lebih kreatif dan berpikiran terbuka daripada pembaca non-fiksi. Membaca novel dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dan membuat keputusan yang lebih baik.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa membaca literatur fiksi dapat mengarah pada prosedur pemrosesan informasi yang lebih baik secara umum, termasuk kreativitas.

Baca juga:
Selain menambah wawasan, ada manfaat lain dari membaca!

Dengan demikian, telah terbukti bahwa membaca fiksi menawarkan sejumlah manfaat bagi pikiran pembaca. Melalui narasinya yang terstruktur, ia menertibkan pikiran yang kacau. Itu menangkap hati kita, membuka kreativitas kita, dan membuka pikiran kita ke dunia dan objek yang tak terbayangkan.

Hal lain yang menakjubkan tentang membaca fiksi adalah bahwa hal itu memberi Anda kesempatan untuk mengintip ke dalam jiwa orang lain dan mengamati bagaimana mereka menemukan solusi untuk masalah. Dengan cara ini, novel memberi kita lensa baru untuk melihat kehidupan.

2. Membuat Anda berempati
Empati adalah berdiri di atas sepatu orang lain, merasakan dengan hati Anda dan melihat dengan mata Anda. Jika kita ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, kita perlu mengajari orang untuk berempati.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah membuat orang membaca fiksi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa fiksi memiliki kemampuan untuk membangkitkan empati. Hal ini memungkinkan orang untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, dan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain bahkan jika mereka tidak mengetahuinya.

Baca Juga:  Berikut panduan tindak lanjut pelecehan seksual di Pesantren Bandung – GARUDA TV

Menurut Keith Oatley, seorang novelis dan profesor di Universitas Toronto, fiksi sastra pada dasarnya adalah pencarian pengalaman manusia. Sebuah studi yang dilakukan oleh Oatley dan rekan-rekannya tentang pengaruh fiksi sastra pada empati pembaca menemukan bahwa orang yang membaca buku fiksi memiliki tingkat empati yang jauh lebih tinggi daripada pembaca non-fiksi.

Baca juga:
4 Manfaat Kegiatan Membaca, Lebih Inovatif!

3. Panjang umur
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Social Sciences and Medicine menemukan bahwa orang yang membaca novel hidup lebih lama. Jadi semakin banyak orang membaca fiksi, semakin besar kemungkinan mereka hidup lebih lama.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel 7 Manfaat Membaca Fiksi, Bukan Sekedar Membangkitkan Imajinasi

Dari Situs Fikrirasy ID