6 cara mudah menghilangkan bau tak sedap di dapur Anda tanpa banyak drama

Fikrirasy.ID – Bau tak sedap dari dapur pasti tidak diinginkan. Namun, terkadang dapur tidak bisa dihindari karena proses memasaknya menggunakan berbagai bahan dan teknik yang menimbulkan bau menyengat, meninggalkan sisa makanan yang tanpa disadari membusuk. Lantas, adakah cara efektif menghilangkan bau tak sedap di rumah?

Menghilangkan bau tak sedap di dapur tentu bukan tugas yang mudah. Namun demikian, kita masih bisa melakukannya dengan bahan yang tersedia.

Inilah cara mudah menghilangkan bau dapur!

Cara menghilangkan bau tak sedap di dapur

Baca juga:
5 Fungsi Hand Blender Praktis Untuk Membuat Smoothies Saat Mengiris Daging

Ilustrasi koki memasak di dapur. [Shutterstock]
Ilustrasi koki memasak di dapur. [Shutterstock]

Desinfektan untuk saluran air

Salah satu penyebab bau tidak sedap di dapur adalah sisa makanan yang menyumbat saluran air cucian.

Untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur Anda, bersihkan saluran pembuangan setidaknya seminggu sekali. Agar lebih mudah, campurkan campuran desinfektan dan soda kue untuk menghilangkan gumpalan debu.

Rebusan kulit jeruk, kayu manis dan kapulaga

Cara menghilangkan bau tak sedap di dapur selanjutnya adalah dengan menggunakan air mendidih. Tapi sebelum itu, tambahkan kulit jeruk dan didihkan lagi dan biarkan selama minimal 2 menit.

Baca juga:
Wajan Greggaetan tidak sering dicuci di dapur bersama, dan wanita ini dengan cepat memberikan jawaban yang mengejutkan.

Kemudian tambahkan kapulaga, kayu manis dan rempah-rempah lainnya. Hilangkan bau tak sedap dengan membiarkan uap memenuhi setiap sudut dapur Anda tanpa menghentikan proses perebusan.

Rosemary, Thyme atau Salaam Stew

Seperti pada poin sebelumnya, untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur, Anda bisa menggunakan bumbu dapur beraroma kuat seperti daun salam, rosemary, atau thyme, atau uap dari rebusan bumbu.

Baca Juga:  Kota Batam Ciptakan Kembali Pertunjukan Seni Budaya Melalui Festival Seni Melayu – GARUDA TV
Ilustrasi arang.  (Shutterstock)
Ilustrasi arang. (Shutterstock)

arang

Tempat sampah jelas merupakan salah satu sumber utama bau di dapur. Selain membuangnya secara teratur, Anda juga dapat menambahkan beberapa potong arang ke tempat sampah Anda untuk menghilangkan bau amis sisa makanan organik yang kotor.

soda kue

Tidak jarang rasanya bertahan lama setelah proses memasak selesai. Kadang-kadang bisa menjadi tidak enak di beberapa hidangan, seperti fetai dan terasi, yang memiliki bau yang menyengat.

Gunakan soda kue sebagai larutan untuk menyerap asam yang tertinggal di udara selama proses memasak.

kopi

Kopi tidak hanya enak untuk diminum, tetapi juga berguna untuk menghilangkan bau tak sedap dari dapur Anda. Metodenya juga sederhana. Cukup letakkan semangkuk kopi bubuk di setiap sudut dapur Anda dan baunya akan hilang seketika.

Berikut beberapa cara menghilangkan bau tak sedap di dapur Anda yang bisa Anda praktikkan langsung di rumah. Semoga bermanfaat!

Kontributor: Hilary Sekar Farwestry



Terimakasih Ya sudah membaca artikel 6 cara mudah menghilangkan bau tak sedap di dapur Anda tanpa banyak drama

Dari Situs Fikrirasy ID