5 Fakta Anak Pertama Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

5 Fakta Anak Pertama Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

fikrirasy.id – 5 Fakta Anak Pertama Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang. ampai saat ini sebenarnya hubungan antara urutan kelahiran dan karakteristik pribadi masih belum banyak dipelajari. Namun, banyak psikolog yang meyakini bahwa urutan kelahiran ternyata dapat memengaruhi perkembangan psikologis, kepribadian, bahkan potensi seseorang, termasuk memiliki anak pertama.

Fakta Anak Pertama Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa fakta anak pertama di bawah ini:

1. Perfeksionis

Tidak seperti anak paruh baya atau lebih muda, anak sulung hanya memiliki orang dewasa untuk memimpin dengan memberi contoh, yaitu orang tua atau wali mereka.

Hal ini membiasakan anak sulung untuk melihat hal-hal yang sempurna sejak dini, seperti melihat orang tuanya makan tanpa masalah atau berkendara tanpa masalah. Meski terlihat sepele, berbagai kesempurnaan tersebut tanpa disadari akan ditiru oleh sang putra sulung. Hal inilah yang membuat anak pertama menjadi sosok yang ambisius dan perfeksionis.

2. Terbiasa mandiri

Setelah memiliki adik, biasanya anak pertama mulai dilatih dan dituntut oleh orang tua untuk mandiri, meski masih kecil. Misalnya, dia harus bisa tidur, mengambil mainannya, atau pergi ke sekolah sendiri.

Karena mereka dididik sejak dini, maka sifat mandiri anak pertama nantinya akan terbawa hingga dewasa.

3. pemimpin yang energik

Umumnya, anak tertua sekalipun memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Soalnya, sejak kecil dia biasanya diberi banyak tanggung jawab di sekitar rumah, seperti membantu pekerjaan rumah atau sekadar mengawasi adik-adiknya bermain, jadi dia terbiasa memegang kendali.

Namun terkadang hal ini dapat menyulitkan anak pertama untuk mendelegasikan tugas, karena ia tidak percaya bahwa orang lain dapat melakukan pekerjaan seperti dirinya.

Baca Juga:  Masa Tanggap Darurat Awan Panas Air Terjun Semeru Resmi Berakhir – GARUDA TV

4. Hasil bagus

Dikatakan pula bahwa anak pertama cenderung lebih sukses dan memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan saudara-saudaranya. Hal ini terkait dengan banyaknya perhatian dan waktu yang dicurahkan orang tua kepada anak pertama, misalnya membacakan buku atau menjelaskan sesuatu, sebelum kedatangan anak kedua, ketiga, dan seterusnya.

5. Mereka cenderung kurang fleksibel

Mengingat sifatnya yang ambisius dan perfeksionis, anak sulung seringkali takut gagal dan salah langkah. Akibatnya, putra pertama menjadi terlalu berhati-hati, lebih memilih mencari cara aman untuk menjalani hidupnya.

Nah, hal itulah yang kemudian membuat anak pertama tumbuh menjadi pribadi yang kurang fleksibel, tidak menyukai perubahan dan sering ragu untuk keluar dari zona nyamannya.

Itu tadi beberapa fakta tentang anak pertama yang perlu kamu ketahui. Meski begitu, fakta di atas belum tentu menjadi milik setiap anak pertama. Sebab, selain urutan kelahiran, faktor lingkungan, pendidikan dan keuangan keluarga juga berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian dan potensi seseorang.