Sekda ESDM Bebers PLN mengalami krisis gas alam cair

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasleaf PT publik PLN (Persero) adalah krisis gas alam cair (gas alam cair/LNG). Pemerintah segera mengambil langkah untuk mengatasi krisis energi tersebut.

Dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, dikutip Antara, Kamis (13/1), dia mengatakan, “LNG yang seharusnya dikontrakkan kita lewati dan dibawa pulang kemudian diamankan.”

Awalnya, Arifin menjelaskan, PLN hanya membutuhkan empat kargo LNG. Namun, penambahan satu kargo gas alam cair akibat akumulasi defisit gas alam cair yang terjadi belakangan ini.

PT Pertamina (Persero) dan BP Tangguh telah berkomitmen untuk memasok lima kargo gas alam cair ke pembangkit listrik PLN. Sebelumnya, SKK Migas juga berjanji akan memenuhi kebutuhan gas alam cair untuk pembangkit listrik di dalam negeri.

SKK Migas Arief Setiawan Handoko, Wakil Menteri Keuangan dan Monetisasi, mengatakan sektor hulu migas akan menyiapkan 58 kargo gas alam cair dari kilang Bontang dan Tangguh Kaltim. Melihat hal tersebut, SKK Migas berharap semua kargo yang disiapkan untuk PLN bisa terserap oleh pembangkit tersebut.

“Komitmen untuk mendukung sektor ketenagalistrikan ini akan terus kami pertahankan karena peran gas bumi semakin strategis sebagai energi transisi,” kata Arif.

Sebagai acuan, mulai tahun 2012, Hulu Migas mulai memasok gas alam cair untuk kebutuhan domestik. Saat itu, volume gas alam cair domestik masih 14 kargo.

Jumlah ini meningkat menjadi 60,6 kargo pada 2019, namun pada masa pandemi COVID-19 jumlah ini turun menjadi 44,9 kargo.

Tahun lalu, total pasokan mencapai 56 kargo, dan diperkirakan volume kargo meningkat lagi. Di antara pasokan gas alam cair untuk rumah tangga, sektor kelistrikan memiliki pasokan terbesar.

Baca Juga:  Damri Luncurkan Bus Listrik Angkutan Penumpang di Bandara Soekarno Hatta

Pasokan gas alam cair di sektor ketenagalistrikan sebanyak 54 kargo, menyumbang 96,5% dari total kargo. Sisanya dipasok ke sektor industri.

[Gambas:Video CNN]

(goreng/sfr)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Sekda ESDM Bebers PLN mengalami krisis gas alam cair

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment