DJKN Lelang Aset Jiwasraya, Asabri dan BLBI Dalam Miliar Rupiah

Jakarta, CNN Indonesia

Sekretaris Kekayaan Negara (DJKN) mulai membangun lelang properti. ziwasraya, BLBI Asabri hingga Sabtu (19/2).

Menurut data DJKN per Februari 2022, harga lelang kendaraan roda dua dan empat sebesar Rp 37,7 miliar, dengan aset Asabri dan aset tanah dan bangunan yang disita Jiwasraya sebesar Rp 27,4 miliar. Sedangkan untuk aset tanah dan bangunan, BLBI sebesar Rp 3,85 miliar.

Direktur Lelang DJKN Joko Prihatno mengatakan pada konferensi virtual bahwa “pelelangan barang sitaan dimulai bahkan sebelum keputusan penyelesaian atau tinta tersedia.” Salah satu faktor tersebut berkaitan dengan kondisi barang yang dapat rusak sebelum keputusan akhir diambil, atau biaya pemeliharaan yang harus segera dilelang karena barang sitaan masih berharga.

“Misalnya, kemarin seperti Jiwasraya, saya langsung mengajukan permintaan lelang begitu keputusan Ink Lacht keluar di Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan Agung. Pertama Maafkan saya? Ya, mobil mewah itu langsung habis. Saya kepikiran kemarin,” kata Direktur Lelang DJKN Joko Prihatno dalam rapat virtual, Jumat (18/2).

Sementara itu, belum ada kepastian kapan lelang akan dimulai karena barang sitaan BLBI masih menunggu keputusan final KPK dari DJK.

“Tentu barang sitaan BLBI akan segera ada. Setelah persyaratan prosedural, data lengkap, permohonan lelang harus segera diajukan. Begitu permohonan lelang diajukan, pasti teman-teman KPK ini akan segera memutuskan. Sejalan dengan jadwal lelang. Tetapkan waktu dan datang ke rumah lelang. id.” kata Joko.

DJKN Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Direktur Hukum dan Humas, mengatakan tidak semua aset BLBI yang disita akan dilelang. Beberapa di antaranya diserahkan ke Pemkot Bogor dan Kementerian Pertambangan untuk digunakan.

“Jadi tidak semua barang sitaan itu dilelang, tapi sebenarnya ada yang perlu dilelang karena negara juga butuh uang. .Barang-barang yang sudah siap dilelang,” kata Tri.

Baca Juga:  Soal Amandemen UMP, Pengusaha Memanggil Annie Karena Melanggar Aturan Upah.

(tdh/isn)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel DJKN Lelang Aset Jiwasraya, Asabri dan BLBI Dalam Miliar Rupiah

Dari Situs Fikrirasy ID