Peta Kekuatan Satgas Gabungan Nataru Jawa Barat hingga Sulawesi Selatan

Bandung, CNN Indonesia —

polisi Kami mengadakan Operasi Lilin 2021 untuk memastikan Natal dan Tahun Baru (nataru) pada Kamis, 2 Januari 2022 (23/12).

Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan membacakan pesan dari Kompol Listyo Sigit Prabowo di Polda Metro Jaya, Kamis (23/3), yang mengatakan, “Operasi Lilin 2021 akan berlangsung selama 10 hari, terhitung mulai 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.” kata. /12).

Sebanyak 177.212 agen gabungan ditugaskan untuk operasi ini. Rinciannya 103.000 orang dari poli, 55.000 orang dari TNI, dan sisanya pemerintah daerah.

Ratusan ribu personel gabungan akan dikerahkan ke 19.464 pos jaga dan 1.082 pos jaga yang didirikan pada era Nataru.

23.000 orang di Jawa Barat

Sedikitnya 28.328 personel gabungan akan mengamankan acara Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di wilayah hukum Jawa Barat (Jawa). Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) mengatakan ribuan pegawai tersebut terdiri dari Dishub dari TNI, Polri dan Satpol PP.

Dalam gelar aparat keamanannya, ia mengatakan, “Umat Kristen dipersilakan merayakan Natal dengan aman dan tenang ketika melihat situasi di mana “laporan intelijen, laporan masyarakat, laporan dari semua pihak, dan Jawa sangat membantu,” katanya. Operasi Lilin Lodaya 2021 berlangsung di depan gedung. Sate, Kota Bandung, Kamis (23/12).

Sementara itu, Kapolda Jabar Inspektur Suntana mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rencana keselamatan lalu lintas selama liburan Nataru. Dia menegaskan tidak memblokir atau menutup arus lalu lintas.

“Sesuai pedoman, kami tidak akan memblokir atau menutup jalur. Bahkan jika lalu lintas sangat padat, setidaknya saya akan mengambil jalan memutar dan terus berjalan.”

Sulawesi Selatan menambah 4.000 karyawan

Jauh lebih sedikit Agen Gabungan yang dikerahkan di Jawa Barat, dan sekitar 4.670 orang bersiaga untuk mengamankan Nataru di Sulawesi Selatan.

Baca Juga:  Mendengarkan! Mengapa IMF khawatir tentang cryptocurrency

“Kapolres Sulsel akan menyiapkan 4.670 pasukan gabungan dari TNI, Poli dan instansi terkait untuk mengamankan Sulsel,” kata Kapolres Sulsel Nana Susannah usai upacara pengerahan Operasi Lilin di Makassar, Kamis. . 12).

Ribuan pasukan itu terdiri dari 2.470 personel kepolisian dan 2.230 personel TNI dan dinas terkait. Sementara itu, Kapolres Sulsel mengatakan akan ada 61 posko, 20 pos pelayanan dan 4 posko terpadu.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menegaskan perayaan malam tahun baru di Sulsel dilarang di beberapa tempat seperti hotel, pusat perbelanjaan, tempat wisata dan keramaian lainnya. kerumunan.

Polisi DIY fokus pada perjalanan aneh.

Sementara itu, Polda DIY mengatakan akan mengalihkan fokus pengawasan ke penerapan aturan ganjil untuk tempat wisata, seiring dengan penghapusan sekat batas wilayah/kota di dalam provinsi.

Brigjen Pol R Slamet Santoso mengatakan, jajarannya menganggap daerahnya sebagai tujuan wisata terbesar kedua di Indonesia. Oleh karena itu, pengamanan dan pembatasan tempat wisata akan diperketat selama periode Nataru besok.

Usai acara pengerahan pasukan Progo Lilin Ops 2021 di Mapolres setempat, Slamet mengatakan, “Kami tidak akan membuat sekat di batas kota seperti yang kami lakukan tahun lalu, tetapi akan memperkuat prosedur di tempat-tempat wisata, bandara, dan stasiun kereta api.” Kamis (23/12).

Dalam hal yang sama, Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi menambahkan, pemantauan berbagai atraksi wisata meliputi penerapan skema ganjil genap untuk kendaraan bermotor di lokasi dan rute menuju objek wisata. Misinya adalah untuk mengekang mobilitas masyarakat dan meminimalkan potensi penularan virus corona.

“Kami akan mengecualikan kendaraan umum atau wisata dari ganjil genap,” kata Iwan.

Aturan ganjil genap ini berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, selama Operasi Lilin Progo Iwan 2021 berlangsung. Perkembangan terbaru dalam situasi.

(hyg, mir, kum/anak)

[Gambas:Video CNN]




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Peta Kekuatan Satgas Gabungan Nataru Jawa Barat hingga Sulawesi Selatan

Dari Situs Fikrirasy ID