Panas! Pasukan koalisi Saudi menyerang Houthi di Sanaa, Yaman

Jakarta, CNBC Indonesia – Koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan Minggu (26 Desember 2021) telah menyerang sebuah kamp pemberontak Houthi di ibukota Yaman, Sana’a.

Serangan terhadap kamp-kamp pemberontak Houthi disebabkan oleh intensifikasi pengeboman udara yang berkelanjutan karena kelompok itu mendukung Iran.

Pasukan koalisi Saudi yang mendukung pemerintah Yaman dalam serangan terhadap Houthi telah menghancurkan gudang senjata di ibu kota yang dikuasai pemberontak.

“Operasi di Sana’a merupakan tanggapan langsung terhadap upaya untuk memindahkan senjata dari kamp al-Tashripat di Sana’a,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Koalisi Saudi akan mengadakan konferensi pers pada hari Minggu, waktu setempat. Mereka mengatakan akan menunjukkan bukti keterlibatan milisi Hizbullah Lebanon yang didukung Iran dalam konflik Yaman.

Arab Saudi telah lama menuduh Iran memasok pemberontak Houthi dengan senjata Fikrirasy.ID dan bahwa perwakilan Hizbullah sedang melatih pemberontak. Namun, Republik Islam telah membantah tuduhan ini.

Yaman telah dilanda perang saudara sejak 2014, dan pemerintah berselisih dengan Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah utara.

Apa yang digambarkan oleh PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia telah menewaskan puluhan ribu orang.

Menurut pihak berwenang Saudi, pasukan koalisi telah meluncurkan operasi militer Fikrirasy.ID besar setelah rudal yang ditembakkan oleh pemberontak menewaskan dua orang di Arab Saudi. Korban yang membunuh keduanya adalah orang pertama yang meninggal dalam tiga tahun.

Serangan udara itu menewaskan tiga warga sipil, termasuk seorang anak dan seorang wanita, kata staf medis Yaman kepada AFP.

Koalisi mengklaim operasi itu dilakukan sesuai dengan hukum humaniter internasional dan berulang kali mendesak pemberontak Houthi untuk tidak menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia.

Baca Juga:  Investigasi sedang berlangsung dan komite Formula E ingin bekerja sama dengan KPK dalam antikorupsi

Duta Besar Saudi untuk Yaman, Mohammed al-Jaber, mengatakan pemberontak menggunakan senjata Iran untuk menyerang kerajaan.

“Menggunakan senjata Iran yang ditembakkan dari Yaman, milisi Houthi membunuh dua warga sipil. […] Ini adalah kejahatan dan aksi terorisme lainnya,” cuitnya di Twitter, Sabtu.

Serangan Houthi juga dikutuk oleh kedutaan besar Prancis dan AS di Arab Saudi dan oleh sekutu Teluk Arab Saudi.

“Serangan Houthi akan melanggengkan konflik, memperpanjang penderitaan rakyat Yaman dan membahayakan rakyat Saudi, bersama dengan lebih dari 70.000 warga AS yang tinggal di Arab Saudi,” kata kedutaan AS dalam sebuah pernyataan, Sabtu.

Duta Besar Prancis, Ludovic Puy, mentweet belasungkawa kepada keluarga para korban “Serangan Liar Houthi.”

Pasukan koalisi mengintensifkan serangan udara di Sana’a, yang mereka targetkan awal pekan ini, dan dengan pengecualian penerbangan bantuan, sebagian besar operasi telah dihentikan oleh blokade yang dipimpin Saudi sejak Agustus 2016.

Pemberontak sering menembakkan rudal dan drone ke bandara dan infrastruktur minyak di Arab Saudi.

PBB memperkirakan bahwa perang saudara di Yaman akan merenggut nyawa 377.000 orang pada akhir tahun ini. Organisasi Pangan Dunia (WFP) telah dipaksa untuk memotong bantuan ke Yaman karena kekurangan dana, memperingatkan bahwa kelaparan akan meningkat tajam. Lebih dari 80% dari sekitar 30 juta orang Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan.

[Gambas:Video CNBC]

(mikrofon/mikrofon)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel Panas! Pasukan koalisi Saudi menyerang Houthi di Sanaa, Yaman

Dari Situs Fikrirasy ID