Legenda bulu tangkis Tan Joe Hok memenangkan trofi pertama di Piala Thomas pada tahun 1958

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Legenda bulu tangkis di Indonesia tan jo hook Saya ingat kemenangan tim Merah Putih saat membawa Piala Thomas pertama ke Indonesia pada tahun 1958. Menurutnya, jalan meraih Piala Thomas saat itu tidak mulus.

Berbeda dengan zaman sekarang, persiapan dan latihan para atlet sudah sangat intensif dengan dukungan fasilitas yang lebih lengkap, ujarnya. “Dulu, tidak ada fokus, dan pada dasarnya setiap daerah dimainkan sebagai hobi untuk membuktikan bahwa saya jago di Jawa Barat. Begitu kita kumpul untuk Kejuaraan Indonesia,” kata Tan, Rabu, 22 Desember 2021.

Pria 84 tahun itu melanjutkan, “PBSI bilang kami belum siap, tapi saya tidak tahu bagaimana akhirnya kami bisa sampai ke Piala Thomas. “Saya tiba-tiba menyerukan pertandingan dan berkumpul, dan pada tahun 1957, sudah ada 5 orang yang telah dipilih untuk mengikuti kualifikasi,” katanya.

Meski minim persiapan, Timnas Indonesia melaju ke babak challenge dengan mengalahkan Selandia Baru dan Australia di babak kualifikasi di Singapura tahun 1958.

“Saya kembali ke Jakarta setelah bermain di Selandia Baru dan Australia. Saya dulu pulang sendiri, tapi sekarang saya punya kamp pelatihan. Saya kembali ke sekolah dan orang lain bahkan tidak tahu dasar masing-masing,” kenang Tan.

Setelah bertemu kembali dengan lima orang di Singapura, Tan dan kawan-kawan akhirnya berhasil membawa piala ke Indonesia untuk pertama kalinya, simbol supremasi tim bulu tangkis putra paling bergengsi itu. Tim Indonesia mengalahkan juara bertahan Malaysia di final.

Kemenangan ini sekaligus menghentikan dominasi Malaysia yang selalu menjuarai Piala Thomas di tiga kompetisi sebelumnya. “Tidak ada yang mengira kami bisa menang karena kami pergi ke Bekak. Kami ingat pergi dari bandara Kemayoran ke Bekak. Ketika saya kembali ke rumah, laut penuh dengan orang. Di sana kami sangat tersentuh oleh sambutannya.”

Baca Juga:  Ratusan pekerja dikerahkan untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022: untuk apa?

Tan Joe Hok merupakan salah satu pemain yang mengharumkan nama Indonesia melalui olahraga di kancah internasional. Selain membantu membawa Piala Thomas Pertama, peraih Lifetime Achievement Award ini juga merupakan pemain bulu tangkis yang sukses meraih gelar juara All England pertama Indonesia pada tahun 1959 dan medali emas pertama di Asian Games pada tahun 1962.

Baca juga: Legenda bulu tangkis Tan Jo Hock memenangkan Lifetime Achievement Award

selalu memperbarui memperbarui. Mendengarkan berita terkini berita terpilih dari Fikrirasy.ID.co Di saluran Telegram kami “Pembaruan Fikrirasy.ID.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Anda perlu melakukanInstall Aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Legenda bulu tangkis Tan Joe Hok memenangkan trofi pertama di Piala Thomas pada tahun 1958

Dari Situs Fikrirasy ID