Mikroorganisme ini dapat menghasilkan oksigen tanpa sinar matahari.

Oksigen adalah salah satu unsur kimia terpenting untuk menopang kehidupan di Bumi. Penampilannya dipengaruhi oleh fotosintesis baik pada tumbuhan, alga maupun cyanobacteria. Beberapa mikroorganisme diketahui menghasilkan sejumlah kecil elemen non-logam ini, bahkan di habitat yang sangat spesifik.

Menariknya, banyak ilmuwan di University of Southern Denmark kini telah berhasil menemukan mikroorganisme baru yang dapat menghasilkan oksigen tanpa fotosintesis atau tidak memerlukan bantuan sinar matahari. Mikroorganisme termasuk dalam ranah mikroorganisme uniseluler, yaitu archaea.

Selain itu, Beate Kraft dan Donald E. Canfield, yang memimpin jalannya penelitian ini, menamai mikroorganisme ini Ammonia Oxidizing Archaea, atau Nitrosopumilus. Beberapa sampel diambil dari Mariager Bay di Denmark dan perairan dari Meksiko dan Kosta Rika.

“Mereka sangat melimpah di lautan, di mana mereka memainkan peran penting dalam siklus nitrogen. Mereka sebenarnya membutuhkan oksigen, tetapi mengapa mereka begitu melimpah di air yang tidak memiliki oksigen telah lama menjadi misteri. Kami sebelumnya mengira mereka membutuhkannya. oksigen. Senin (10/1), seperti dilansir Sciencedaily, Kraft bermain-main dengan semacam sel hantu tanpa fungsi, tapi ternyata ada yang kacau,” kata Kraft.

Dari kebingungan ini, Kraft dan timnya memutuskan untuk membawa sampel ke lab. Dia ingin tahu apa yang terjadi ketika suatu organisme kekurangan oksigen. Dia juga ingin melihat bagaimana dia menggunakan oksigen di dalam air, tetapi dalam beberapa menit tingkat oksigen dari air yang mengandung sampel itu benar-benar meningkat.

Meski kuantitas tidak terlalu mempengaruhi kadar oksigen di Bumi, menurut Kraft, Nitrosopumilusmarius bisa menghasilkan oksigen untuk memenuhi kebutuhan hidup itu sendiri. Namun pertanyaannya adalah bagaimana pengaruhnya terhadap lingkungan di sekitar habitat?

Kraft dan timnya percaya bahwa mikroba tunggal ini juga berperan dalam siklus nitrogen global. Siklus nitrogen sendiri dikenal sebagai proses pengubahan senyawa yang mengandung nitrogen menjadi berbagai bentuk kimia lainnya, termasuk oksigen.

Baca Juga:  Temui Pemprov Jateng, Danlanal Bahas Peluncuran KRI Teluk Weda

“Jika gaya hidup ini tersebar luas di lautan, kita harus memikirkan kembali pemahaman kita tentang siklus nitrogen laut. Langkah selanjutnya adalah menyelidiki seperti apa fenomena ini jika kita menempatkan kultur laboratorium ini di lingkungan dengan oksigen tinggi. .-Kurangnya air di laut. Berbagai mobil di seluruh dunia,” tambahnya. (OL-12)




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Mikroorganisme ini dapat menghasilkan oksigen tanpa sinar matahari.

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment