Horor Asli! Ramalan Sri Mulyani tentang Ancaman ‘kesepian’ di tahun 2045

Jakarta, CNBC Indonesia – Bendahara Sri Mulyani Indrawati prihatin dengan masa depan. Seiring dengan percepatan teknologi digital, banyak orang akan menghadapi ancaman kesepian.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani pada Indonesian Fintech Summit 2021 “Fintech for Faster Economic Recovery”, yang dikutip pada Minggu 12 Desember 2021.

“Ketika dunia maya muncul nanti, semuanya serba cepat dan dunia nyata ada. Tahun 2045, saya takut banyak orang tidak akan bisa masuk ke dunia maya dan akan tertinggal di dunia nyata dan menjadi kesepian. Saya tidak bisa ikut serta ,” jelasnya.

Itu sebenarnya bisa terjadi. Apalagi saat teknologi digital terus maju. Lihat kali ini. Di kota-kota besar, terdapat masyarakat yang terpinggirkan atau terpinggirkan dari masyarakat karena ketidakmampuannya beradaptasi dengan teknologi.

Sekarang beberapa bank di negara-negara Eropa tidak lagi menawarkan layanan pribadi, kata Sri Mulyani. Pelanggan dapat menggunakan teknologi apa pun yang tersedia. Berbeda dengan sebelumnya ketika Anda hanya seorang teller atau customer service.

Sri Mulyani memperkirakan hal yang sama akan terjadi di banyak negara lain. Termasuk negara berkembang seperti Indonesia. “Kalau mau melayani diri sendiri nanti, harus membayar biaya yang mahal,” ujarnya.

Jika teknologi digital dimanfaatkan dengan baik dalam hal regulasi publik dan pendidikan, maka akan menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

Baca Juga:  Hadapi Esmeralda Mobile Legend yang sulit ditaklukkan

Mantan Gubernur Bank Dunia itu mengatakan populasi Indonesia diperkirakan akan mencapai 300 juta pada tahun 2045, dengan sebagian besar pemudanya berusia di bawah 40 tahun. Karena mereka tinggal di perkotaan, mereka adalah kelompok yang sangat mobile dan produktif.

Kegiatan kelompok akan dipengaruhi oleh peran teknologi digital baik di bidang pendidikan, kesehatan dan keuangan. Sudah menjadi tugas pemerintah untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik dan tidak ada efek negatif seperti penipuan, pencurian data dan pencucian uang.

“Ini harus kita manfaatkan sebagai peluang untuk perbaikan,” kata Sri Mulyani.

[Gambas:Video CNBC]

(teh/teh)


Terimakasih Ya sudah membaca artikel Horor Asli! Ramalan Sri Mulyani tentang Ancaman ‘kesepian’ di tahun 2045

Dari Situs Fikrirasy ID