Diplomasi barang Indonesia pasca pandemi

Setelah lebih dari 20 bulan pandemi COVID-19, bagaimana status produk utama kami di pasar global? Apa yang harus kita lihat dan lakukan? Pelajaran apa yang bisa kita pelajari?

barang dari selatan

Di antara negara-negara selatan, komoditas (terutama komoditas mentah seperti hasil pertanian dari sektor pertambangan dan perkebunan) umumnya dipahami sebagai alat diplomasi ekonomi. Selama tahun sebelum dan sesudah Konferensi Bandung 1955, yang pertama kali menyatukan kekuatan ekonomi selatan, banyak negara penghasil timah menyelenggarakan serangkaian konferensi yang bertujuan mengatur pasar timah global.

Akibatnya, Dewan Timah Internasional didirikan pada tahun 1956 di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Komite ini diberi mandat untuk mengontrol suplai dan permintaan timah dunia hingga dibekukan pada 1985 karena terlilit utang.

Hal serupa terjadi pada produk minyak bumi di bawah Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang dibentuk pada tahun 1960. Tidak seperti timah, yang dikendalikan oleh produsen dan konsumen timah, OPEC menguasai pasar minyak global dengan hanya produsen yang berpartisipasi. . Dalam kurun waktu yang hampir sama, berbagai diplomasi komoditas lainnya dilakukan dalam sistem PBB, khususnya melalui pembentukan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) pada tahun 1964. Sebagian besar hadiah dinegosiasikan di bawah rencana UNCTAD, yang saat ini terdiri dari 195 unit. bangsa.

Lebih dari 56 tahun setelah UNCTAD didirikan, negara-negara selatan berada dalam situasi yang biasa digambarkan sebagai ‘ketergantungan komoditas’ (laporan UNCTAD, 2021). Tantangan yang mereka hadapi terkait dengan faktor struktural seperti kinerja produktivitas pekerja dan sumber daya manusia, yang merupakan kunci diversifikasi ekonomi secara keseluruhan.

Perlambatan diversifikasi di sektor manufaktur menjadi faktor yang paling menonjol. Kontribusi sektor manufaktur terhadap penyerapan tenaga kerja selama periode 2015-2017 hanya 6,4% dari total angkatan kerja di negara berkembang, naik dari 4,7% pada periode 1995-1999. Sementara di negara maju, angkanya meningkat dari 32,3% (1995-1999) menjadi 38,8% (2015-2017).

Berbagai inisiatif transformasi struktural dan dukungan internasional untuk mengatasinya telah mempengaruhi banyak negara selatan yang tergolong tidak lagi bergantung pada barang. Salah satu negara yang menjadi perhatian adalah Kosta Rika, negara yang awalnya mengandalkan kopi dan pisang sepanjang tahun 1960-an dan 1980-an.

Pada tahun 2005, ekspor negara tersebut meningkat secara signifikan di sektor suku cadang dan aksesori mekanik, sirkuit mikroelektronika, buah-buahan segar dan kering dalam kemasan, dan peralatan medis. Pada tahun 2018, Kosta Rika masih mengandalkan ekspor pertanian olahan, tetapi melihat pertumbuhan ekspor eksponensial yang signifikan pada produk alat kesehatan, khususnya alat ortopedi dan alat bantu dengar.

Isu dan tantangan daya saing

Salah satu tantangan utama transformasi industri di negara-negara selatan seperti Kosta Rika berkaitan dengan masalah daya saing dan dampaknya terhadap kebijakan perdagangan komoditas. Munculnya dan proliferasi norma-norma internasional baru membutuhkan perubahan mendasar dalam rantai pasokan untuk berbagai barang dan sektor.

Norma seperti keberlanjutan, kesehatan, dan transparansi adalah beberapa di antaranya. Implementasi dan penerapan ketiga norma ini dirancang sebagai solusi untuk masalah multi-dimensi yang dihadapi oleh banyak komoditas utama negara-negara selatan, sektor industri tertentu dan rantai pasokannya.

Kami sangat menyadari adanya berbagai forum meja bundar komoditas berkelanjutan untuk sektor industri pertanian seperti kelapa sawit, kopi dan kedelai. Forum mempromosikan berbagai standardisasi lingkungan yang diselenggarakan oleh organisasi pemerintah dan swasta yang memberikan akreditasi internasional.

Sedangkan norma kesehatan diterapkan secara ketat melalui perjanjian pengendalian komoditas internasional, seperti yang berlaku untuk produk tembakau dan produk terkait. Dalam industri pertambangan, norma transparansi dilembagakan melalui internalisasi yang mendalam dari berbagai mekanisme. Gambar nyata.

Pola pelembagaan yang terfokus pada penerapan standar normatif internasional menyebabkan meluasnya pembatasan akses pasar. Hal ini meningkatkan ketegangan antara negara-negara penghasil komoditas di selatan dan mitra dagang di utara. Polarisasi ekstrem terlihat di berbagai tingkat kebijakan publik, termasuk di tingkat domestik negara-negara penghasil komoditas utama.

Kesenjangan posisi dan kepentingan juga muncul antara pelaku industri, lembaga pemerintah dan gerakan masyarakat sipil transnasional yang mendukung adopsi norma-norma internasional. Pembentukan diplomasi komoditas di tingkat domestik menghadapi tantangan.

Pengetahuan siapa yang menjadi dasar standar normatif dan bagaimana standar tersebut menjadi begitu otoritatif masih bisa diperdebatkan. Dampak standar internasional terhadap daya saing pasar dan kesejahteraan pemangku kepentingan di sepanjang rantai komoditas hulu hingga hilir juga menimbulkan banyak implikasi politik dan ekonomi yang memerlukan kritik bersama.

Baca Juga:  IPS Kelas 8 Semester 1 PAS Kunci Soal dan Jawaban

Tantangan lain datang dari struktur rantai pasok sektor pertanian, manufaktur, dan pertambangan di Selatan, di mana nilai tambah domestik belum dikembangkan secara optimal. Hambatan struktural, seperti penguasaan inovasi teknologi dan industri, menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam konteks merespon epidemi dan revolusi digital.

Budaya inovasi yang mendorong inkubasi klaster dan startup usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masih berlangsung di segmen pasar yang terbatas. Perkembangan inovatif di banyak sektor berbasis UKM juga tidak terkait langsung dengan jalur akses negara-negara selatan ke pasar internasional dan penguatan produk utama mereka.

Bagaimana dengan Indonesia?
Bagaimana diplomasi ekonomi kita selama ini untuk memperkuat produk inti kita di pasar internasional? Bagaimana langkah-langkah kerja sama Selatan-Selatan dapat membantu mencapai tujuan diplomasi ekonomi?

Secara umum, kami dikategorikan sebagai lokasi seperti Kosta Rika, yaitu tidak lagi bergantung pada komoditas. Kita sering ditempatkan berdampingan dengan negara-negara BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan) sebagai simbol kebangkitan negara-negara bagian selatan. Namun, dalam kategori ini, terdapat berbagai perubahan kinerja perubahan struktural untuk mendorong diversifikasi ekonomi dan ekspor.

Di pasar global, produk utama kami terkonsentrasi di tiga segmen utama: pertambangan, perkebunan dan manufaktur. Bagan berikut menunjukkan kinerja setiap ekspor selama dekade terakhir.

Grafik 1 Rata-rata Nilai Ekspor Barang Indonesia (Sumber: UN Comtrade 2011-2020)

Selama satu dekade terakhir, perdagangan komoditas inti secara konsisten memberikan kontribusi terhadap kinerja ekspor Indonesia. Seperti dapat dilihat pada gambar di atas, rata-rata tingkat pertumbuhan ekspor dapat dilihat.

Misalnya, di sektor pertambangan, batu bara masih menempati urutan pertama (tingkat pertumbuhan rata-rata $19,09 miliar). Di sektor perkebunan, kelapa sawit menjadi penyumbang terbesar dengan nilai US$16,5 miliar. Di sektor manufaktur, mesin dan peralatan elektronik menyumbang bagian terbesar dengan $9,43 miliar.

Ada dua jenis tantangan kompetitif untuk produk inti. Pertama, di tingkat internasional, hal ini bermula dari pergeseran strategi persaingan pasar global, terutama di negara-negara maju. Ini membatasi akses pasar melalui penegakan standar tentang masalah lingkungan dan standar yang terkait dengan rezim perubahan iklim.

Produk minyak sawit menghadapi kontroversi internasional yang serius. Kopi dan kakao juga diperkirakan akan menghadapi tantangan serupa, terutama terkait deforestasi dan deforestasi. Komoditas pertambangan, khususnya batu bara, juga dihadapkan pada berbagai tantangan terkait dengan upaya global untuk mengurangi emisi karbon.

Isu kedua menyangkut pembatasan akses produksi dan pasar domestik untuk barang-barang strategis nasional. Alasan serupa terkait dengan masalah lingkungan internasional yang memerlukan pembatasan penggunaan lahan, seperti produk pertanian.

Pembatasan akses pasar pada komoditas seperti tembakau dan turunannya, makanan dan minuman olahan terutama terkait dengan masalah kesehatan. Ini tidak hanya berlaku untuk negara-negara selatan, tetapi juga negara-negara utara.

Karena kemampuan dan tantangan yang ada, produk utama kami menghadapi agenda transformasi struktural yang kompleks untuk mencapai posisi kompetitif yang sesuai di pasar global. Daya saing produk inti kami berada dalam dilema yang signifikan.

Pemicunya adalah runtuhnya norma-norma internasional terkait lingkungan, perubahan iklim dan keberlanjutan, kesehatan, tanggung jawab publik dan transparansi. Gangguan terhadap norma-norma ini memiliki dampak besar pada kesejahteraan mereka yang terkait erat dengan rantai pasokan, daya saing, dan kinerja ekspor.

Di tingkat domestik, penghancuran norma-norma internasional seringkali didepolitisasi. Makna daya saing dan kesejahteraan belum disikapi sebagai persoalan kolektif yang harus melibatkan semua pihak dalam rantai pasok, produksi, dan rantai nilai suatu produk.

Diperlukan respon praktis untuk menjaga diplomasi komoditas melalui regulasi nasional dan lokal. Ini adalah dasar dari sebuah kebijakan yang mewakili kepentingan semua pihak untuk masa depan kesejahteraan kita.

Oleh karena itu, revitalisasi diplomasi komoditas menjadi agenda yang mendesak. Pertanyaannya adalah apakah Indonesia telah membangun basis kebijakan domestik yang kuat untuk diplomasi komoditas. Landasan yang kuat untuk posisi kami di pasar global.




Terimakasih Ya sudah membaca artikel Diplomasi barang Indonesia pasca pandemi

Dari Situs Fikrirasy ID