BMKG peringatkan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

Fikrirasy.ID.CO, Jakarta – Komite Meteorologi Iklim dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pada Minggu, 2 Januari 2022 tentang kemungkinan hujan lebat disertai angin sedang hingga kencang di sebagian wilayah Indonesia.

Situasi yang dilansir di laman www.bmkg.go.id, kemungkinan melanda sebagian wilayah Sumatera, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua).

BMKG juga telah mendeteksi dinamika atmosfer terbaru, menunjukkan gelombang Kelvin dan gelombang Losvi di Indonesia utara dan Indonesia timur. Pada pola angin juga terjadi konvergensi sehingga angin bertemu dan melambat di Sumatera Selatan, Selat Makassar, Jawa Timur, Bali, NTB, dan Laut Flores.

Situasi ini menyebabkan penambahan massa udara lembab yang signifikan ke wilayah tersebut. Situasi di beberapa ibu kota provinsi saat ini ditandai dengan cuaca mendung hingga hujan lebat disertai kilat dan petir. angin kencang.

Untuk Sumatera, ada peluang cuaca mendung di Padang.
Hujan ringan terjadi di Pekanbaru, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, dan Bandar Lampung. Di Medan, Tanjung Pinang, dan Bengkulu berpotensi hujan dengan intensitas sedang.

Banda Aceh diperkirakan memiliki peluang hujan dan badai petir.

Untuk wilayah Jawa berpeluang berawan dan cerah di Serang, DKI Jakarta, dan Yogyakarta. Di wilayah Semarang dan Surabaya berpotensi hujan ringan. Di Bandung berpotensi hujan sedang.

Wilayah Denpasar berpotensi hujan disertai hujan ringan, hujan sedang di wilayah Mataram, serta kilat dan angin kencang di wilayah Kupang.

Untuk wilayah Kalimantan, berpotensi hujan ringan di wilayah Palangkaraya dan Samarinda. Potensi hujan dan petir berpotensi terjadi di wilayah Pontianak, Tanjung Selor dan Banjarmasin.

Baca Juga:  Masih menjalani rehabilitasi rawat jalan, Rizky Nazar senang bisa aktif kembali.

Sulawesi akan diguyur hujan di Palu, Mamuju, Gorontalo, Makassar dan Kendari. Sementara itu, wilayah Manado berpotensi hujan.

Di wilayah Ternate dan Jayapura berpotensi hujan ringan. Kemungkinan hujan disertai petir dan angin kencang terdapat di wilayah Manokwari dan Ambon.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel BMKG peringatkan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

Dari Situs Fikrirasy ID