Melalui bank sampah, para ibu menjadi agen perubahan lingkungan bagi kesehatan keluarga.

Melalui bank sampah, ibu menjadi agen perubahan lingkungan bagi kesehatan keluarga.
foto kompilasi sampah plastik: shutterstock

Sampah dan pengelolaan sampah masih menjadi masalah serius di masyarakat Indonesia. Edukasi terkait masalah ini harus terus diperkuat oleh semua pihak untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Hal inilah yang coba dilakukan PT Unilever Indonesia Tbk dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). BU KARSA Melalui program sosialisasi bertema “Keluarga Sehat, Ibu Sejahtera”, diharapkan nasabah PNM Mekaar dapat turut serta menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan keluarga.

Sosialisasi ini dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Program BU KARSA merupakan inisiatif kolaboratif untuk memberdayakan masyarakat, khususnya perempuan kurang mampu, nasabah PNM Mekaar.

Bank sampah memungkinkan ibu menjadi agen perubahan lingkungan untuk kesehatan keluarga (1)
Sosialisasi dan edukasi kepada ibu-ibu klien PNM Mekaar tentang kesehatan lingkungan dan bank sampah. Foto: dr. spesial

Program tersebut antara lain Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Siak, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Klaten, Kabupaten Semarang, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten..

"Kolaborasi ini ditujukan untuk penularan dan imunisasi COVID-19, pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pedoman gizi seimbang dan resep bergizi, pemilahan sampah, serta kebersihan rumah tangga dan rumah tangga. Toilet,” kata Sunar Basuki, Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM, menggagas program BU KARSA.

"Program BU KARSA dikemas sedemikian rupa sehingga nasabah PNM Mekaar memahami bahwa menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan keluarga penting untuk menunjang kegiatan usahanya.”

Dengan bank sampah, ibu menjadi agen perubahan lingkungan untuk kesehatan keluarga (2)
Sosialisasi dan edukasi kepada ibu-ibu klien PNM Mekaar tentang kesehatan lingkungan dan bank sampah. Foto: dr. spesial

Sementara itu, Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs and Sustainability PT Unilever Indonesia Tbk, meyakini bahwa bisnis partainya harus dilandasi dengan tujuan mulia. (tujuan) Pengaruh dengan prinsip berkelanjutan.

"Program BU KARSA (Ibu Sehat untuk Keluarga Sejahtera), kerjasama antara Unilever Indonesia dan PNM, diharapkan dapat memberdayakan 500.000 perempuan kurang mampu." dia menjelaskan

Ia mengatakan, perempuan, khususnya ibu, berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarganya dan menjadi agen perubahan di lingkungan.

Baca Juga:  Tebak Keberlanjutan Waralaba Matriks

"Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang terukur dan luas dalam mengubah perilaku masyarakat. Tentunya implementasi ini didukung penuh oleh rekan-rekan PNM kami di lapangan,” jelasnya.

Adanya penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan klien PNM Mekaar tentang pentingnya menjaga kesehatan keluarga.

Ada tiga mekanisme yang dilakukan selama pelaksanaan program. pelatihan pelatih Kepada customer assistant on-site atau account representative PNM, sosialisasi, pengukuran dampak, monitoring dan evaluasi kelompok pelanggan. Durasi program BU KARSA adalah dari Agustus hingga Desember 2021.

Program Bank Sampah

Bank Sampah Jadikan Ibu Pengusaha Perubahan Lingkungan untuk Kesehatan Keluarga (3)
Ilustrasi bank sampah. Foto: ANTARAFOTO/FB ANGORO

Unilever dan PNM juga menjalankan program bank sampah. Program ini merupakan program percontohan yang dilaksanakan hanya pada program BU KARSA Kabupaten Bandung.

Program pengelolaan sampah organik ini merupakan salah satu bentuk pembangunan infrastruktur. Sampah pengelolaan Kompos dan memberikan dukungan program selama satu bulan.

Program Bank Sampah merupakan sistem pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang memungkinkan pelanggan Mekaar PNM untuk berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah, khususnya sampah rumah tangga yang dapat didaur ulang.

Dengan bank sampah, ibu menjadi agen perubahan lingkungan untuk kesehatan keluarga (4)
Sosialisasi dan edukasi kepada ibu-ibu klien PNM Mekaar tentang kesehatan lingkungan dan bank sampah. Foto: dr. spesial

Saat ini di Kabupaten Bandung, sosialisasi program Bu Karsa dilakukan di 20 lokasi Mekaar.

"Percontohan pengelolaan limbah nol Ini adalah bentuk Bandung. Menciptakan nilai bersama Haidir Aulia Reizaputra, Project Manager program BU KARSA, mengatakan, “Kerjasama antara Unilever dan Managed Services Department PNM difokuskan pada pemberdayaan pengembangan ekonomi keluarga perempuan.

Diharapkan melalui pelatihan ini, masyarakat setempat mendapatkan pengetahuan dan pengetahuan yang positif tentang mendukung kegiatan usaha perempuan prasejahtera di bidang ultramikro. Hal ini sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kurang mampu.