Tips memilih skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Merawat kulit sangat penting dan tidak boleh dilewatkan, termasuk saat menunggu buah hati. Meski demikian, banyak wanita menunda menggunakan perawatan kulit selama kehamilan karena takut salah memilih. Perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Beberapa produk kosmetik yang telah teruji secara klinis dan bersertifikat sebenarnya aman digunakan. Namun, ada bahan yang harus dihindari saat memilih. Perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Bahan yang harus dihindari saat memilih perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

1. Retinoid

Beberapa produk perawatan kulit anti penuaan menggunakan retinoid untuk mencegah jerawat dan mengurangi garis-garis halus. Retinoid meremajakan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen.

dengan sedih, Penggunaan retinoid yang berlebihan Ini mengganggu perkembangan janin dan berpotensi berisiko cacat lahir pada bayi.

2. Asam salisilat dosis tinggi

Asam salisilat adalah obat anti-inflamasi yang mengobati jerawat. Namun, sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa produk yang mengandung asam salisilat dosis tinggi tidak aman untuk janin.

Asam salisilat juga berdampak negatif pada ASI. Disarankan untuk menggunakan dosis berlebihan atau tidak meminumnya sama sekali.

3. Hidrokuinon

Hydroquinone adalah bahan perawatan kulit yang umum digunakan untuk mencerahkan kulit. Meskipun tidak ada bukti langsung antara hidrokuinon dan cacat lahir, tubuh dapat menyerap hidrokuinon dalam jumlah besar. Hal ini tentu menimbulkan risiko bagi perkembangan janin.

BACA JUGA: 3 Diet Sehat dan Aman yang Tidak Membahayakan Kesehatan Anda

4. Phthalate

Phthalates, atau phthalates, adalah bahan kimia yang ditemukan di banyak produk kecantikan. Dalam penelitian pada hewan, asupan ftalat yang berlebihan telah mengakibatkan disfungsi reproduksi dan hormonal yang parah. Penggunaan ftalat pada ibu hamil dan menyusui berpotensi mempengaruhi kesehatan reproduksi.

5. Paraben

Paraben sering digunakan sebagai pengawet dalam kosmetik untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Pada ibu hamil dan menyusui, paraben dapat menyebabkan gangguan metabolisme selama bayi tetap berada dalam kandungan hingga dewasa.

Baca Juga:  Penyebab Pori-pori Wajah Besar, Cara Mengatasinya – eBright Skin

6. Oksibenzon

Kandungan ini banyak terdapat pada tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Meski demikian, oxybenzone merupakan bahan kimia yang dapat mengganggu sistem endokrin dan berpotensi mengganggu keseimbangan hormonal pada ibu hamil. Penggunaan oxybenzone yang berlebihan juga berisiko membahayakan kesehatan bayi yang belum lahir.

BACA JUGA: 6 Tanda Kencan Berbahaya

Tips Penggunaan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Setelah Anda mengetahui apa yang berbahaya bagi janin dan bayi Anda, Anda juga harus memahami tips penggunaan perawatan kulit yang aman. Tidak ada apa-apa?

1. Pilih Perawatan Kulit yang Aman

Bahkan jika Anda sedang hamil atau menyusui, ada baiknya menggunakan perawatan kulit agar kulit Anda tetap terjaga. Pilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang tidak berbahaya seperti AHA, Azelaic acid, niacinamide, vitamin C, benzoyl peroxide, vitamin C atau zinc oxide.

2. Kurangi frekuensi penggunaan

Jika sebelumnya ada beberapa langkah saat menggunakan perawatan kulit, sebaiknya dikurangi selama kehamilan dan menyusui. Beberapa langkah bisa dilewati, seperti mencuci muka, menggunakan toner dan pelembab.

3. Gunakan pelembab yang aman

Langkah ini tidak boleh dilewatkan, terutama jika Anda sedang hamil. Pelembab berfungsi untuk membangunkan kulit ibu hamil agar tidak mudah kering, stretch mark dan selulit. Pilih pelembab yang mengandung bahan-bahan yang tidak berbahaya seperti shea butter atau gliserin.

Tips untuk memilih Perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Jika ragu, konsultasikan dengan dokter kandungan atau dokter kulit Anda untuk memastikan kulit Anda tetap terjaga dan bayi Anda terlindungi.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Tips memilih skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Dari Situs Fikrirasy ID