Tips Bijak Mengelola Gaji Bulanan

Tips Bijak Mengelola Gaji Bulanan

fikrirasy.id – Tips Bijak Mengelola Gaji Bulanan. Banyak dari mereka yang mengalami gaji mereka habis sebelum waktunya. Parahnya, gaji habis dalam waktu seminggu atau dua minggu setelah gajian. Padahal masih ada waktu dua minggu untuk bertahan. Ya kamu tahu lah….

Tips Mengelola Gaji Bulanan

Nah, agar kamu tidak mengalami hal seperti itu, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini!

Buat Anggaran Bulanan

Yang paling penting adalah Anda harus menetapkan anggaran bulanan terlebih dahulu, berikut skemanya:

  • 20% untuk tabungan, asuransi atau investasi
  • 50% dari pengeluaran bulanan (transportasi, makan, bayar kost)
  • 20% biaya tak terduga (misalnya, jika Anda sakit atau kendaraan Anda rusak, Anda harus pergi ke bengkel)
  • 10% fun fee (nongkrong atau menyisihkan uang untuk jalan-jalan)

Ini adalah skema anggaran bulanan yang dapat Anda gunakan setiap bulan. Tapi, itu juga bisa kembali kepada Anda untuk kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda tidak tinggal di kost, artinya Anda dapat mengalokasikan 40% untuk pengeluaran bulanan dan 30% untuk tabungan.

Miliki Rekening Berbeda untuk Disimpan

Mengapa Anda harus memiliki akun yang berbeda? Sehingga Anda tidak boros dan bisa langsung menyisihkan uang Anda untuk ditabung. Selain itu, dalam rekening ini dipastikan uang tidak akan tercampur untuk keperluan lain. Kok sekarang banyak bank yang menawarkan rekening tabungan dengan biaya admin yang murah setiap bulannya dan juga membatasi pengguna untuk bertransaksi per bulan. Nah, Anda harus mencari tahu apakah Anda ingin membuka akun untuk menabung. Cari yang biaya adminnya rendah.

Bergabung dengan Asuransi dan Investasi

Nah, mungkin masih ada beberapa milenial yang tidak peduli dengan hal ini. Padahal, baik asuransi maupun investasi sama-sama penting. Asuransi penting sebagai ‘tabungan untuk berjaga-jaga’ jika terjadi sesuatu pada Anda. Misalnya sakit atau kecelakaan. Tidak ada yang mau mengalaminya, tapi bagaimana jika itu terjadi? Anda harus memiliki dana jika Anda mengalami hal ini. Terus berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda ikuti, salah satunya investasi emas atau perhiasan yang nantinya bisa Anda jual saat nilai jual kembali tinggi.

Baca Juga:  Fitur Premium Terbaru Picsay Pro Gratis Unduhan 2021

Berhenti Membeli Barang Secara mencicil

Selanjutnya adalah berhenti membeli barang secara mencicil. Beli barang saat uang terkumpul, itu akan jauh lebih baik. Misalnya, Anda membeli ponsel dengan mencicil selama 6 bulan. Pertama, cicilan memiliki bunga yang besar. Kedua, meski tidak ada bunga, risiko kedua adalah Anda tidak akan tahu selama 6 bulan ke depan seperti apa ‘ujian keuangan’ yang akan Anda hadapi dan seberapa besar. Artinya, jangan sampai cicilan ini nantinya menyiksa diri sendiri. Jadi, berhentilah menggunakan kartu kredit!

Bayar Tagihan dengan Cepat

Jangan tunda pembayaran tagihan. Tagihan listrik, kos-kosan, atau mungkin hutang kepada teman Anda. Walaupun nominalnya kecil, jika ditunda akan menumpuk dan jumlahnya justru semakin besar. Membayar tagihan di muka juga memperkecil kemungkinan uang tersebut digunakan terlebih dahulu oleh Anda untuk hal lain.

Jangan mudah tergiur diskon

Terakhir, jangan mudah tergiur diskon. Ingat, barang-barang yang didiskon belum tentu sesuai dengan yang Anda butuhkan, tetapi hanya sesuai dengan keinginan Anda alias lapar mata. Terkadang, ada yang terpaksa membeli barang yang sedang diskon padahal tidak ada uang, sehingga akhirnya membelinya dengan menggunakan kartu kredit. Duh, hindari ini ya! Ingat, Anda juga harus memprioritaskan skala prioritas Anda.

Nah itulah tips mengatur gaji bulanan agar tidak kehabisan uang sebelum waktunya. Ingat, Anda harus menetapkan prioritas, jadi utamakan kebutuhan daripada keinginan.

Leave a Comment