Pengertian, Fungsi, Layanan dan Kelebihan

kebangkitan-nasional.or.id – Kini Google adalah mesin pencari yang digunakan banyak orang di dunia. Namun, ternyata terdapat mesin pencari lainnya yang juga memiliki banyak pengguna di dunia terutama orang-orang di Rusia. Mesin pencari tersebut bernama Yandex Browser.

Apa yang dimaksud Yandex Browser? Bagaimana sejarah berkembangnya mesin pencari tersebut? Apa fungsinya? Apa saja layanan yang disediakannya? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari mesin pencari tersebut? Bagaimana perbandingannya dengan Google?

Pertanyaan-pertanyaan di atas tentu saja sekarang sedang membuat kamu penasaran, bukan? Apalagi jika kamu baru mengetahui tentang mesin pencari ini. Yuk, langsung baca artikel di bawah ini untuk menemukan setiap jawabannya.

Pengertian Yandex Browser

Pengertian-Yandex-Browser

Yandex N.V merupakan sebuah perusahaan multinasional dari Negara Rusia yang bergerak di bidang teknologi termasuk menyediakan layanan internet. Perusahaan ini merupakan perusahaan teknologi terbesar di Rusia yang memberikan berbagai layanan dan produk.

Apa yang pengertian dari Yandex Browser?

Yandex Browser adalah mesin pencari (search engine) yang paling banyak penggunanya di Rusia. Mesin pencari ini bekerja dengan memberikan haris pencarian yang sangat relevan untuk para penggunanya khususnya di wilayah Rusia karena mampu meningkatkan algoritma berteknologi tinggi.

Beberapa pendapat menyatakan bahwa Yandex memiliki teknologi dan kemampuan yang mendekati Google bahkan mampu melebihinya lho.

Sejarah dan Perkembangan Yandex

Bagaimana sejarah munculnya mesin pencari asal Rusia ini?

Pada awalnya Yandex hadir di dalam program pencarian Rusia untuk MS-DOS yang juga disebut dengan nama Arkadia. Program tersebut ditulis oleh Arkady Borkovsky, Arkady Volozh, dan Ilya Segalovich. Pada tahun 1997, mereka bertiga meluncurkan mesin pencari bernama Yandex.ru.

Mesin pencari ini masih memberikan layanan pencarian dan layanan lainnya hingga saat ini.

Berdasarkan sumber lainnya, sebenarnya Yandex pertama kali didirikan di negara Belanda. Namanya berasal dari kalimat “Yet Another iNDEXer”. Pada tahun 2011, perusahaan ini mendapatkan IPO dan saat ini sudah diperdagangkan untuk public di NASDAQ Amerika Serikat dengan simbol ticker YNDX.

Pada tahun 2018 lalu, Yandex berhasil memperoleh pendapatan mencapai USD 1,85 Miliar lho. Pendapatan ini merupakan sebuah peningkatan 13,52% dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga saat ini pun pendapatan Yandex masih meningkat.

Ya, hal ini karena Yandex hingga saat ini terus berkembang dengan menawarkan berbagai jenis fitur baru yang dibuatnya.

Fungsi Yandex Browser

Fungsi-Yandex-Browser

Apa saja fungsi yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan mesin pencari ini?

Yandex Browser sebagai mesin pencari memang memiliki peran yang penting dalam perkembangan internet. Semua penggunanya termasuk kamu pun bisa merasakan kemudahan dalam memperoleh informasi di internet secara cepat dan akurat lho.

Kamu hanya perlu mengetikkan keyword pencarian, kemudian tekan enter. Setelah itu akan muncul beberapa referensi informasi yang akurat untuk kamu. Kamu bisa membaca semuanya atau memilih beberapa di antara referensi yang tersedia.

Baca Juga:  Xnxubd 2020 Nvidia Video Japan dan Korea Full Facebook

Kamu juga bisa menggunakan mesin pencari ini untuk mencari gambar, video, dan hasil pencarian lainnya seperti yang ada di Google lho.

Menariknya, mesin pencari ini juga memiliki tombol yang bisa digunakan untuk mencari informasi di Google atau Bing. Kamu bisa menggunakan tombol ini jika merasa informasi yang diberikan Yandex masih kurang.

Yandex memang memiliki fungsi utama sebagai mesin pencari yang efektif dan efisien untuk semua penggunanya di dunia terutama di wilayah Rusia.

Secara ringkas, fungsi mesin pencari asal Rusia ini, meliputi:

  • Mencari informasi berdasarkan keyword.
  • Mencari video, gambar atau foto, dan berita.
  • Mencari referensi lebih luas di Google dan Bing dengan menggunakan tombol tambahan Yandex.

Wah, mesin pencari ini memiliki fitur yang lengkap ya. Pantas saja banyak pengguna internet yang memilih menggunakan mesin pencari yang satu ini.

Jenis Layanan Yandex Browser

Jenis-Layanan-Yandex-Browser

Yandex terus berkembang dan melakukan banyak inovasi untuk menciptakan fitur-fitur terbaru. Tentunya semua ini dilakukan untuk membuat penggunanya termasuk kamu lebih nyaman ketika mencari berbagai informasi menggunakan mesin pencari ini.

Yandex memberikan banyak jenis layanan dalam bidang teknologi. Apa saja jenis layanan yang bisa kamu gunakan di Yandex? Berikut ini beberapa jenis layanan yang ada di mesin pencari yang satu ini, yaitu:

  • Yandex Connect, layanan B2B yang mirip Google Apps.
  • Yandex Disk, penyimpanan cloud.
  • Yandex DNS, DNS publik yang bisa digunakan gratis.
  • Yandex Mail, e-mail dengan penyimpanan tanpa batas.
  • Yandex Images, digunakan untuk mencari informasi berupa gambar atau foto dengan menggunakan kata kunci tertentu.
  • Yandex Money, fitur yang memungkinkan para penggunanya melakukan pembayaran elektronik ke pengguna lainnya.
  • Yandex Taxi, layanan untuk memudahkan pengguna menghubungi layanan taxi di Rusia.
  • Yandex Translate, fitur untuk membantu penggunanya dalam menerjemahkan text secara online.
  • Yandex Video, fitur untuk mencari klip video maupun film.
  • Yandex Browser, mesin pencari utama berdasarkan Chromium di Yandex.

Kelebihan dan Kekurangan Yandex Browser

Sebagai mesin pencari buatan manusia, tentu saja Yandex memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya!

1. Kelebihan

Kelebihan

Apa saja kelebihan yang dimiliki mesin pencari yang satu ini? Nah, beberapa kelebihan Yandex, yaitu:

1.1 Tampilan Responsif

Tampilan Yandex sangat keren karena memiliki konsep Magz. Tampilan ini akan membuat kamu merasakan pengalaman browsing yang jauh lebih menarik. Kamu juga bisa mengganti wallpaper sesuai gambar yang kamu inginkan lho. Menarik, bukan?

1.2 Kemudahan Navigasi

Navigasi address bar terletak di bagian bawah sehingga memudahkan kamu melakukan banyak hal hanya dengan menggunakan satu tangan. Tampilan ini akan sangat memudahkan kamu sebagai pengguna, terlebih bagi kamu yang menggunakan smartphone dengan ukuran layar 5 inch ke atas.

1.3 Bisa Menghemat Baterai dan Kuota

Meskipun kuota internet kamu menipis, kamu tetap bisa menggunakan Yandex. Ya, kamu bisa menggunakan fitur untuk menghemat kuota internet. Fitur tersebut bernama Turbo Mode. Ketika mengaktifkannya, maka seluruh halaman beserta gambar yang ada akan dikompres.

Selain itu, misalnya kamu sedang mengakses website di Yandex, kemudian kamu ingin mengunduh file, tetapi jaringan kamu hanya 120 Kbit/s. Kemudian kamu mengaktifkan fitur Turbo Mode. Kecepatan internet-nya bisa mencapai 500 Kbit/s atau lebih tinggi lagi lho.

Selain itu, Yandex juga memiliki fitur Power Saving Mode. Fitur yang satu ini digunakan untuk menghemat penggunaan daya baterai lho. Wah, kamu bisa menjelajahi dunia maya tanpa takut baterai cepat terkuras habis ya.

Baca Juga:  Biografi, Profil, dan Fakta Unik Kim Seok-Jin BTS

1.4 Menghilangkan Iklan

Salah satu hal yang membuat kamu sebal adalah munculnya banyak iklan saat membuka suatu website. Nah, kalau kamu menggunakan mesin pencari ini, maka semua ikan tersebut akan dihilangkan lho jadi tampilan website akan tetap rapi.

Kamu bisa menggunakan dua fitur yaitu Offensive Ad Blocking dan Instrusive Ad Blocking.

1.5 Mendapat Dukungan Ekstensi Chrome

Seluruh ekstensi milik Chrome bisa dipasang di Yandex karena Yandex memiliki basis Chromium. Fitur yang satu ini jarang dimiliki mesin pencari lainnya lho.

Kalau kamu memasang ekstensi, kamu bisa mendapat lebih banyak fitur tambahan seperti pada komputer.

1.6 Memiliki Mode Penyamaran atau Incognito

Mesin pencari yang satu ini memiliki mode penyamaran. Mode ini bisa membantu kamu membuka suatu website tanpa terdeteksi maupun tersimpan di riwayat browsing.

Ya, kamu bisa mengunjungi suatu website, tetapi seolah-olah kamu tidak pernah mengunjunginya.

1.7 Koneksi Wi-Fi memiliki Keamanan yang Lebih Terjamin

Kelebihan lain dari mesin pencari ini adalah memiliki sistem keamanan koneksi Wi-Fi yang sangat terjamin. Setiap jaringan Wi-Fi yang terhubung akan dipindai terlebih dahulu.

Sistem Yandex akan memeriksa apakah koneksi tersebut aman atau tidak. Nantinya, kamu bisa melihat status keamanannya di tampilan layar ponsel kamu.

1.8 Keamanan pada Setiap File

Ketika kamu mengunduh file menggunakan Yandex, maka file tersebut akan langsung diperiksa dengan aplikasi Kaspersky Anti-Virus.

1.9 Dapat digunakan untuk Mengakses Situs secara Offline

Kami bisa menggunakan mesin pencari ini untuk mengakses suatu website secara offline. Ya, mesin pencari ini juga bisa menyimpan secara otomatis sesi terakhir ketika membuka suatu website.

Misalnya kamu sedang membuka Kompasiana, kemudian kamu keluar dari browser. Beberapa saat kemudian kamu membuka Yandex tanpa ada koneksi, maka akan muncul halaman Kompasiana sebelumnya yang telah tersimpan.

1.10 Peminatnya Tinggi

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki mesin pencari ini, membuat banyak orang menggunakannya. Hingga sekarang mesin pencari ini memiliki peminat yang tinggi di berbagai negara khususnya di Negara Rusia.

2. Kekurangan

Kekurangan

Selain memiliki banyak kelebihan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Yandex juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangannya?

  • Lebih berat ketika dijalankan.
  • Navigasi cukup sulit digunakan oleh orang yang yang pertama kali menggunakannya.
  • Tidak cocok digunakan pada smartphone atau laptop dengan spesifikasi rendah.
  • Kontennya banyak mengandung spam.
  • Tampilan awal masih menggunakan bahasa Rusia jadi agak membingungkan pengguna dari luar Negara Rusia.
  • Sering memberi traffic ghost untuk para pemilik website.

Perbandingan Yandex Browser dengan Google

Perbandingan-Yandex-Browser-dengan-Google

Pasti kamu sangat penasaran apa sih perbedaan Yandex dengan Google? Atau apa sih perbandingan kedua mesin pencari tersebut? Penjelasan lengkapnya akan dijelaskan melalui penjelasan di bawah ini ya!

1. Yandex Lebih Baik untuk Melakukan Pencarian Berita dalam Bahasa Rusia

Target pasar Yandex adalah wilayah Negara Rusia. Ya, hal ini karena Yandex mampu bekerja lebih maksimal di Rusia jika dibandingkan Google.

Hal ini karena kemampuan Google masih kurang efektif untuk melakukan pencarian dengan ejaan bahasa selain bahasa Inggris.

2. Yandex Lebih Populer dengan Sistem Operasi Android

Google memang menggunakan sistem operasi Android di smartphone. Namun, ternyata hal ini tidak terlalu efektif di Rusia. Pengguna Android di Rusia lebih memilih menggunakan Yandex daripada Google.

3. Yandex lebih Disukai Pengguna Internet di Rusia

Orang Rusia terkenal sebagai orang-orang yang sangat menghargai dan peduli dengan produk lokal buatan negaranya sendiri. Hal ini tentunya juga mempengaruhi pilihan mesin pencari yang mereka gunakan untuk mengakses internet.

Baca Juga:  YoWhatsApp HeyMods Apk Terbaru Anti Ban Download Resmi

Orang Rusia lebih memilih menggunakan Yandex dari pada mesin pencari lainnya seperti Google. Ya, hal ini juga disebabkan karena Yandex menggunakan Bahasa Rusia.

4. Algoritma Yandex Dapat Memperhitungkan Spam

Algoritma yang dimiliki Yandex dianggap lebih baik karena bisa memperhitungkan spam dengan baik. Hal ini karena pasar online di Rusia terkenal dengan metode spam tautan langsung.

Cara Memaksimalkan Pencarian dan SEO di Yandex Browser dengan Google

Cara-Memaksimalkan-Pencarian-dan-SEO-di-Yandex-Browser-dengan-Google

Jika kamu ingin memaksimalkan pencarian dan SEO, maka kamu harus menambahkan tools Yandex Webmaster. Tols ini merupakan layanan analytics yang dapat digunakan secara gratis.

Nantinya kamu bisa menggunakannya untuk mengunggah sitemap atau peta situs ke Yandex. Selain itu, tools ini juga bisa kamu gunakan untuk melacak kinerja, melihat kesalahan crawl, dan lain sebagainya.

Kamu juga harus tahu beberapa aspek penting dalam peringkat SEO Yandex untuk meningkatkan pencarian. Berikut ini beberapa aspek tersebut:

  • Keyword atau kata kunci
  • Search intent
  • Kualitas konten, harus berkualitas tinggi agar bisa menjawab kebutuhan pengguna internet.
  • SEO On Page, optimalisasi website dari konten.
  • Meta tag keyword, mempengaruhi peringkat halaman di Yandex.
  • Kecepatan website
  • Kegunaan seluler, agar website nyaman di akses menggunakan perangkat seluler.
  • Target geografis
  • Pinalty di popup, hukuman bagi situs yang mempunyai pop-up menyesatkan atau mengganggu.
  • Crawlability, agar situs tidak memblokir robot atau disembunyikan lewat tag no-index.
  • Link, berupa link internal dan link eksternal.

Cara Mencari Informasi di Mesin Pencari Lainnya dalam Yandex

Cara-Mencari-Informasi-di-Mesin-Pencari-Lainnya-dalam-Yandex

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, kamu bisa menggunakan Yandex untuk mencari informasi atau referensi lebih banyak di mesin pencari lainnya. Kamu bisa menggunakan tombol di Yandex untuk melakukannya.

Beberapa mesin pencari lainnya yang ada di Yandex, meliputi:

  • Google Search
  • Bing
  • Yahoo! Indonesia
  • DuckDuckGo
  • Web Search

Bagaimana cara melakukannya? Coba ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Yandex Browser.
  • Pilih ikon tab.
  • Pilih ikon titik tiga vertikal yang terletak di bagian kanan bawah layar.
  • Kemudian pilih “Setelan”.
  • Scroll ke bawah hingga kamu menemukan tulisan mesin pencarian.
  • Klik mesin pencarian.
  • Ubah atau pilih mesin pencarian yang kamu inginkan.
  • Setelah itu tampilan akan berubah menjadi mesin pencarian yang kamu pilih.

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak ketika kamu belum puas dengan informasi yang disajikan oleh Yandex. Bagaimana? Sangat menarik, bukan?

Cara Mendaftar Akun E-mail di Yandex

Cara-Mendaftar-Akun-E-mail-di-Yandex

Terdapat banyak provider email gratis selain Gmail. Salah satunya adalah Yandex Mail. Bagaimana cara mendaftar akun e-mail di Yandex?

Caranya sebenarnya hampir mirip ketika kamu mendaftar akun e-mail di Gmail. Bedanya, kamu harus melakukan verifikasi nomor ponsel.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Buka https://passport.yandex.com/registration?mode=register.
  • Isi setiap data yang diminta dengan tepat dan benar. Data yang diminta meliputi, nama, username, password, dan nomor ponsel.
  • Ceklis pada User Aggrement.
  • Pilih Send Code untuk melakukan verifikasi nomor ponsel.
  • Setelah mendapat kode verifikasi, tulisakan kode tersebut pada kolom yang diminta.
  • Setelah itu klik “Submit”
  • Akun e-mail Yandex kamu sudah siap digunakan.

Yandex Browser bisa menjadi alternatif pilihan mesin pencari lainnya selain Google. Kamu bisa menggunakan mesin pencari ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan berbagai fitur di dalamnya.

Bagaimana? Apakah kamu ingin mencoba menggunakan mesin pencari asal Rusia ini? Yuk, langsung saja coba menggunakannya untuk mendapatkan pengalaman browsing yang lebih menarik! Selamat mencoba!

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pengertian, Fungsi, Layanan dan Kelebihan Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://kebangkitan-nasional.or.id/yandex-browser/