5 Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Mudah, Cepat dan Aman

Fikrirasy.id – Pemerintah Indonesia sering membuka untuk memantau situs-situs yang beredar di Internet dan akan memblokir situs-situs yang tidak mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku serta melanggar kebijakan yang telah ditetapkan.

Dan mungkin saja, situs yang kamu butuhkan atau sangat bermanfaat untuk kepentingan pribadi seperti situs download film malah terkena blokir oleh pemerintah, karena situs tersebut di anggap memiliki konten yang melanggar dan tidak layak untuk dijelajahi oleh orang-orang.

Seperti yang kita ketahui, bahwa semua orang bisa saja menyebarkan konten-konten yang bermanfaat dan juga konten yang tidak bermanfaat atau yang cenderung negatif ke internet.

Jika konten yang kamu sebarkan pada sebuah situs cenderung berisi hal-hal yang negatif dan tidak layak untuk dibaca oleh publik, maka pemerintah Indonesia akan beraksi secara langsung untuk memblokir situs tersebut dan itu sangatlah wajar demi keamanan penduduk dinegaranya.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Android

Cara Membuka Situs Yang Diblokir dengan Mudah, Cepat dan Aman

Pertama saya akan membagikan cara membuka situs yang diblokir menggunakan perangkat Android, cara termudah untuk membuka situs yang diblokir adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store maupun yang tersebar di Internet.

Dan aplikasi yang akan kita gunakan disini adalah aplikasi yang memiliki basis VPN. Seperti yang kita ketahui bahwa ada sangat banyak aplikasi VPN yang tersedia di Play Store maupun Internet, namun hanya beberapa dari aplikasi tersebut yang benar-benar bisa berguna.

Pada artikel ini kamu akan memberikan cara membuka situs yang di blokir menggunakan dua aplikasi VPN terbaikdi Android, berikut adalah cara lengkapnya:

1. Turbo VPN

Turbo VPN merupakan sebuah aplikasi yang memiliki basic VPN di android dengan memberikan kecepatan tinggi dan 100% gratis digunakan. Hal ini di jelaskan secara langsung oleh developer Turbo VPN melalui deskripsi aplikasinya yang tersedia di Google Play.

Kamu bisa melihat sendiri melalui ulasan positif yang ada di Google Play, hal itu membuktikan bahwa aplikasi VPN ini benar-benar dapat di andalkan.

Berikut adalah cara menggunakan Turbo VPN untuk membuka situs yang di blokir:

  1. Pertama, kamu harus mendownload dan menginstall aplikasi Turbo VPN terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  2. Tunggu sampai proses instalasi selesai dan buka aplikasi Turbo VPN.
  3. Pada halaman utama, kamu akan melihat gambar kelinci. Kamu klik saja Icon Wortel yang di bawah tulisan “Ketuk untuk Menghubungkan”.
  4. Kemudian akan muncul sebuah Pop Up dan centang lalu klik Oke.
  5. Aplikasi akan langsung memproses connecting.
  6. Hanya dalam hitungan detik, VPN bisa langsung Terhubung.
  7. Dan selesai, kamu bisa langsung membuka situs yang diblokir tersebut.

2. Hotspot Shield

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi VPN sebelumnya, Hotspot Shield juga merupakan sebuah aplikasi android yang berbasic VPN dan gratis digunakan serta bisa kamu download langsung melalui Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi VPN ini, kamu bisa dengan mudah membuka situs yang diblokir oleh pemerintah.

Berikut adalah cara lengkap untuk menggunakan aplikasi VPN Hotspot Shield untuk membuka situs yang diblokir:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi VPN Hotspot Shield melalui Google Play Store.
  2. Install aplikasinya dan langsung saja dibuka aplikasi VPN Hotspot Shield.
  3. Pada tampilan awal aplikasi, kamu bisa langsung mengklik tulisan Connect untuk menghubungkan VPN.
  4. Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan tampilan untuk memilih negara, disini kamu bisa memilih negara yang memiliki koneksi internet tercepat, seperti Amerika Serikat dan Singapore.
  5. Tunggu proses Conecting sebentar. Jika sudah terhubung maka akan muncul tulisan Connected pada lingkaran. Dan aplikasi siap digunakan untuk membuka situs yang diblokir.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Komputer

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Komputer

Tidak jauh berbeda dengan cara membuka situs yang di blokir menggunakan android, jika menggunakan android kamu perlu menginstall aplikasi VPN, maka untuk membuka situs yang diblokir di komputer kamu hanya perlu dukungan untuk memasang plugin ataupun extension di browser yang kamu gunakan.

Dengan menggunakan cara ini kamu bisa membuka situs yang diblokir melalui komputer ataupun laptop dengan mudah.

Dan berikut saya akan menjelaskan cara lengkap memasang extension browser dan membuka situs yang diblokir oleh pemerintah Indonesia:

1. Di Google Chrome

Google Chrome merupakan sebuah software browser di komputer yang sangat populer dan banyak diminati oleh penggunanya. Dan pastinya banyak orang yang juga membutuhkan dan mencari cara membuka situs yang diblokir melalui Google Chrome, saya pastikan bahwa kamu adalah salah satu pengguna Google Chrome dalam hal browsing.

Disini kamu membutuhkan sebuah extension yang bernama anonymoX. Ekstensi ini lah yang akan kita gunkana untuk membuka situs yang diblokir negara Indonesia, karena anonymoX memiliki fungsi yang dapat mengubah IP Address menjadi IP negara lain sehingga kita tetap bisa berselancar di Internet melalui jaringan luar negeri.

Baca Juga:  10 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank Gratis, Sudah OJK!

Berikut adalah cara lengkap menggunakan anonymoX di Google Chrome untuk membuka situs yang di blokir:

  1. Buka terlebih dahulu Google Chrome di komputer kamu.
  2. Kemudian, di pojok kanan atas browser kamu klik saja Titik Tiga tersebut dan klik More tools. Pada opsi tools, kamu dapat melihat beberapa pilihan, silahkan pilih dan klik tulisan Extensions.
  3. Kamu akan masuk ke halaman Extensions, lalu tekan saja opsi Get more extensions atau Open Chrome Web Store.
  4. Pada kolom pencarian, ketikkan anonymoX lalu tekan Enter. Akan muncul extensions tersebut, lalu install dengan cara Tambahkan ke Chrome dan tunggu prosesnya selesai.
  5. Setelah selesai, maka extensions tersebut secara otomatis akan ada di Chrome kamu, kemudian klik hubungkan sampai terhubung dengan IP negara lain. Kamu juga bisa menghubungkan ke negara lain dengan cara klik icon anonymoX pada bagian Extensions (icon di kanan atas Chrome).

2. Di Mozilla Firefox

Membuka situs yang diblokir menggunakan Mozilla Firefox tidak jauh berbeda dari cara yang digunakan pada Google Chrome, disini kamu juga membutuhkan extensions yang bernama anonymoX.

Cara ini sebenarnya sama namun yang membuatnya berbeda ada pada namanya saja, jika di Google Chrome kamu dapat menginstall plugin melalui extensions, maka di Mozilla Firefox kamu akan menginstall plugin melalui Add-ons.

Dan berikut adalah cara lengkap menggunakan anonymoX di Mozilla Firefox untuk membuka situs yang diblokir:

  1. Pada komputer dan laptop kamu silahkan buka Mozilla Firefox.
  2. Kemudian pada memu pojok kanan atas kamu klik strip tiga tersebut. Akan muncul banyak pilihan pada menu tersebut, kemudian pilih Add-ons.
  3. Pada bagian Find more extensions, silahkan ketikkan anonymoX lalu tekan Enter.
  4. Selanjutnya, kamu akan dibawa ke halaman download Add-on. Lalu cari anonymoX melalui kolom pencarian, Kemudian install plugin pada add-ons dengan cara Tambah ke Firefox.
  5. Tunggu sampai selesai. Maka perangkat kamu akan secara otomatis terhubung ke IP negara lain, dan situs yang diblokir pun akan terbuka.

3. Di Opera

Jika kamu menggunakan browser Opera, maka kamu tidak membutuhkan plugin pada add-ons ataupun extensions apapun, hal itu karena pada browser Opera sudah terdapat fitur VPN yang sengaja pasang oleh developernya agar dapat memudahkan penggunanya.

Tidak hanya pada browser Opera komputer, browser Opera Android juga sudah dilengkapi dengan VPN bawaan. Jadi kamu bisa dengan mudah untuk membuka situs yang diblokir.

Dan berikut adalah cara lengkap untuk membuka situs yang diblokir menggunakan browser Opera.

  1. Pertama, buka browser Opera yang ada di komputer kamu.
  2. Kemudian, masuk ke menu Setting/Pengaturan.
  3. Setelah masuk ke halaman Setting, lalu pilih menu Advanced, kemudian masuk ke menu Privacy & Security lalu scroll ke bawah dan temukan VPN.
  4. Silahkan aktifkan VPN dengan cara klik toggle pada bagian Enable VPN sampai berwarna biru
  5. Selesai, dan situs yang diblokir pun bisa kamu akses kembali.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Cara terakhir untuk membuka situs yang diblokir ini sangatlah mudah, kamu tidak membutuhkan aplikasi atau juga extensions tambahan pada browser yang kamu gunakan. Dan cara ini bisa kamu gunakan di Android maupun Komputer, Jadi, silahkan praktikkan dengan perangkat yang biasa kamu gunakan.

Seperti yang kita ketahui bahwa di internet sangat banyak situs Proxy yang bisa kamu gunakan untuk keamanan Privasi browsing kamu. Namun, pada artikel ini saya akan menjelaskan cara menggunakan Proxy Site, karena ini lebih mudah digunakan.

Berikut adalah cara menggunakan Proxy Site untuk membuka situs yang di blokir:

  1. Pertama, silahkan buka browser di perangkat kamu (Ponsel, Komputer atau Tablet).
  2. Kemudian, langsung aja kunjungi situs Proxy Site.
  3. Selanjutnya, kamu akan melihat sebuah kolom dengan keterangan “Negara” dan ‘URL”.
  4. Pada opsi Negara, kamu pilih negara yang ingin kamu gunakan, sedangkan pada opsi URL kamu bisa masukkan alamat situs yang ingin kamu buka.
  5. Lalu klik GO. Maka secara otomatis website Proxy Site akan berubah menjadi situs yang diblokir tadi.
  6. Selesai, dan selamat menikmati.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara lengkap untuk membuka situs yang di blokir oleh pemerintah, silahkan kamu gunakan cara yang menurut kamu lebih mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke situs Fikrirasy.id, terus pantau situs saya untuk mendapatkan update informasi terbaru lainnya.