Memahami Sistem Rating IRT pada UTBK SBMPTN 2021

wah pasti semangat banget nih mau ikutan UTBK SBMPTN, berikut adalah beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui. Selain mempersiapkan latihan soal UTBK SBMPTN, Anda juga harus mengetahui tentang sistem penilaian atau cara menghitung nilai UTBK SBMPTN. LTMPT sudah mulai menerapkan sistem skoring atau metode yang menggunakan teori respon item untuk menghitung skor UTBK SBMPTN. Teori Respon Barang (ITR) mulai tahun 2018.

Sistem evaluasi yang diterapkan LTMPT pada tahun-tahun sebelumnya masih menggunakan teori tes klasik. Skor -1 diberikan untuk jawaban yang salah jika 4 poin diberikan untuk setiap jawaban yang benar, dan 0 poin jika jawaban tidak diberikan.

Simak artikel selanjutnya dan pelajari cara kerja sistem rating IRT dan cara menghitung skor UTBK Anda. Simak uraian berikut ini.

Implementasi sistem evaluasi IRT di UTBK-SBMPTN oleh LTMPT

Penggunaan sistem ini telah beroperasi selama 3 tahun, Teori Respon Barang Atau yang dikenal dengan IRT dalam sistem penilaian UTBK SBMPTN memiliki nilai bobot yang berbeda untuk setiap subtes. Sistem evaluasi ini terdiri dari tiga tahap, antara lain:

  1. Pada tahap pertama, subtes yang dijawab dengan benar oleh peserta ujian UTBK akan mendapat skor 1, dan peserta ujian UTBK yang tidak menjawab subtes akan mendapat skor 0.
  2. Langkah kedua, pendekatan Item Response Theory (Teori Respon Barang), dan jika soal yang diajukan oleh peserta tes UTBK sudah benar, maka dianalisis kembali ciri-cirinya dengan memeriksa tingkat kesulitan soal yang diajukan beserta soal-soal lainnya.
  3. Pada langkah ketiga, skor peserta tes UTBK dihitung dengan menggunakan karakteristik setiap soal yang diperoleh pada langkah kedua. Soal dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi memiliki bobot yang lebih tinggi dibandingkan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah.
Baca Juga:  Lightroom Mod Apk Full Preset Terbaru (Premium Unlocked)

Sistem penilaian yang berlaku saat ini mengutamakan karakteristik setiap butir soal, dan semakin tinggi tingkat kesulitan soal yang dikerjakan, maka semakin tinggi pula skornya. Dalam sistem IRT ini, tidak hanya jumlah soal yang benar dan salah yang berhasil, tetapi juga soal yang sulit dan mudah yang diperhitungkan.

Namun bobot setiap soal dapat dinilai dengan melihat jawaban peserta tes UTBK setelah tes. Jika sistem ini digunakan, maka dinilai perbedaan kemampuan masing-masing peserta tes dapat diketahui lebih baik. Tentunya dengan penerapan sistem ini diharapkan perguruan tinggi dapat menguji calon mahasiswanya, seperti terlihat pada hasil seleksi UTBK SBMPTN.

Strategi pemecahan masalah melalui sistem peringkat IRT

Setiap soal memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan soal UTBK SBMPTN. Ada strategi yang bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan soal UTBK SBMPTN dengan menggunakan sistem pemeringkatan IRT ini. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan, antara lain:

  1. Saat mengerjakan soal UTBK, hilangkan keraguan dan pastikan semua soal terjawab. Hal ini karena dalam sistem penilaian ini tidak ada nilai negatif jika tidak menjawab.
  2. Anda menggunakan strategi saat menebak, dan metode menghilangkan opsi jawaban yang kemungkinan salah. Lebih sedikit pilihan jawaban yang tersisa, jadi Anda cenderung memilih jawaban yang benar.
  3. Anda tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperkirakan tingkat kesulitan pertanyaan atau jenis pertanyaan yang sulit untuk mendapatkan skor tertinggi. Hal ini karena bobot kesukaran setiap soal baru ditentukan setelah memeriksa semua butir soal. Tidak berdasarkan jenis pertanyaan.

Jadi, sudah siap UTBK SBMPTN tahun 2021? Jangan lupa untuk terus belajar agar lebih matang dalam persiapan ujian UTBK. Tentunya dengan mempersiapkan UTBK akan memberikan hasil yang memuaskan. Jaga pikiranmu. Ya, raihlah PTN impian Anda.

Baca Juga:  Lulubox Pro Apk Mod dan Semua Fitur Terbaiknya 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Memahami Sistem Rating IRT pada UTBK SBMPTN 2021

Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://kebangkitan-nasional.or.id/yuk-pahami-sistem-penilaian-irt-di-utbk-sbmptn-2021/