Kertas ukuran A2: jenis, harga, dan kegunaan

Salah satu kertas yang paling banyak digunakan dalam industri percetakan adalah ukuran A2. Kertas ukuran A-2 ini juga memiliki aturan panjang dan lebar yang berbeda sesuai standar internasional.

Ukuran kertas A2 yang berbeda ini memudahkan Anda dalam memilih produk kertas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan mengingat hal ini, Anda dapat mengidentifikasi ukuran, jenis, dan tujuan kertas A2 ini agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Informasi Kertas Kertas A2

Kertas periferal-A2

Kertas A2 adalah salah satu jenis kertas yang paling banyak digunakan di percetakan, penerbitan dan perkantoran. Kertas A2 bisa dikatakan setengah dari kertas A1 atau 1/4 dari kertas A0.

Kertas A2 mudah ditemukan dan banyak digunakan di pasaran. Kertas A2 ini termasuk dalam seri A dengan dimensi sesuai ISO 216 dalam milimeter, sentimeter, inci dan piksel.

Karena perbedaan satuan, kertas ukuran A2 ini memiliki panjang dan lebar yang berbeda. Jadi, kenali ukuran masing-masing unit sehingga Anda dapat menggunakannya dengan tepat untuk kebutuhan Anda.

Selain satuan yang menentukan panjang dan lebar, kertas A2 memiliki GSM atau standar. gram per meter persegi Ini menentukan ketebalan, berat dan tingkat berat kertas, yang mempengaruhi kualitas yang dibawanya.

Keberadaan klausul standar ISO di atas kertas sangat penting, serta dapat digunakan sebagai patokan ketika ingin menggunakan kertas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Tergantung pada tujuannya, kertas A2 digunakan untuk berbagai tujuan: arsitektur, institusi, poster, peta, tata bahasa, cetak biru, diagram kalender, dan bahkan sebagai media untuk melukis dan menggambar.

Selain itu, ada berbagai jenis kertas A2 seperti HVS, ivory, kertas dua sisi, kertas gambar, kertas manila, dan kertas kraft Samson.

Jenis kertas A2

Karena kertas A2 tersedia dalam berbagai jenis selain ukuran, kertas ini harus mudah dikenali, sehingga lebih akurat untuk dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa jenis kertas A2 adalah:

1. HVS

HVS

HVS adalah kertas yang cukup populer karena sangat sering digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentu saja, HVS juga tersedia dalam ukuran kertas A2. Kertas HVS memiliki tekstur permukaan yang kasar saat digenggam.

Dalam penggunaannya, HVS lebih sering digunakan untuk mencetak kertas, menyalin, dan mencetak buku. HVS juga dapat digunakan sebagai media menulis atau menggambar, tetapi gambar yang dicetak menggunakan kertas HVS biasanya berkualitas sedang.

2. Gading

gading

Ivory adalah kertas ukuran A2 yang paling umum digunakan. Ivory adalah kertas yang unik karena memiliki tekstur yang licin di satu sisi sedangkan sisi lainnya tidak ada. lapisan atau biasa.

Ivory memiliki ciri-ciri kertas yang cukup tebal dengan tekstur samping yang unik dan tidak mudah sobek. Dengan banyaknya khasiat gading tersebut, maka tidak heran jika gading sering digunakan sebagai kertas untuk mencetak foto, kotak kosmetik, kantong kertas, dan lainnya.

3. Dupleks

rangkap

Dua sisi, populer untuk penggunaan sehari-hari, adalah salah satu jenis kertas ukuran A2 yang unik. Anda dapat menemukan keunikan pada kedua sisi warna kertas dua sisi.

Pencetakan dua sisi berwarna putih di satu sisi dan abu-abu di sisi lain. Dalam penggunaannya, kedua sisi sering digunakan sebagai kertas takar untuk kemasan makanan. Dosis dibentuk sesuai dengan ukuran kertas dan kebutuhan dosis yang diinginkan.

4. Kerajinan Simson

Simson-Craft

Jenis kertas ini umumnya dapat didaur ulang. Warna kertas kraft samson ini biasanya coklat, dan walaupun harganya terjangkau, namun kuat dan tahan lama.

Selain mudah didaur ulang, kertas ini serbaguna karena sering digunakan sebagai kemasan atau kantong kertas.

Daftar Ukuran Kertas A2 dalam Cm, Inci, Mm

Kertas tersedia dalam berbagai ukuran atau disebut ISO, tidak terkecuali kertas ukuran A2. Kertas A2 ini juga memiliki ISO yang dibedakan berdasarkan unit kepemilikan. Detail pada kertas A2 dibagi menjadi beberapa ukuran berikut untuk memudahkan identifikasi.

1. Kertas A2 dalam sentimeter

Kertas - A2 - Satuan - Sentimeter

Kertas A2 setara dengan standar ISO A atau ISO 216. Kertas A2 memiliki panjang 59,4 cm dan lebar 42 cm dalam sentimeter (cm). Satuan sentimeter ini lebih mudah diukur secara manual atau menggunakan penggaris.

2. Kertas A2 dalam milimeter

Kertas - A2 - Satuan - Milimeter

Jenis lain dari satuan ukuran kertas A2 adalah milimeter (mm). Berdasarkan milimeter tersebut, kertas A2 memiliki lebar 594 mm dan panjang 420 mm.

3. Kertas A2 per inci

Kertas - A2 - Satuan - Inci

Dalam inci, ini dikatakan lebih besar dari sentimeter dan milimeter. Detail pada kertas A2 ini adalah panjang 23,39 inci dan lebar 16,54 inci jika dikonversi ke inci ini.

Setelah membaca beberapa penjelasan di atas, ukuran kertas A2 (cm, mm dan inci) disajikan dalam format tabel di bawah ini untuk memudahkan Anda memahami apa yang dijelaskan.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Dan Memasukkan Kode Referral IM3 Untuk Mendapatkan Bonus Kuota

A2

satuan panjang besar
sentimeter (cm) 59.4 42
milimeter (mm) 594 420
inci (inci) 23.39 16.54

4. Kertas A2 berbasis piksel

Kertas-A2-By-Pixel-Unit

Selain cm, mm, dan inci, ukuran kertas A2 juga didasarkan pada piksel. Untuk kertas A2, piksel ini juga memiliki panjang dan lebar yang berbeda. Untuk pemahaman dan kejelasan yang lebih baik, pembahasan berikut ini dalam format tabel.

A2

satuan panjang (piksel) Lebar (piksel)
A2 – 72 PPI 1191 1684
A2 – 96 PPI 1587 2245
A2 – 150 PPI 2480 3508
A2 – 300 PPI 4960 7016
A2 – 600 PPI 9933 14043
A2 – 720PPI 11906 16838
A2 – 1200 PPI 19842 28066

Pakai kertas A2 Kertas

Kertas bekas - A2

Setiap kertas tentunya memiliki keunikan tersendiri dan tergantung dari ukuran kertasnya. Lantas, bagaimana dengan fitur kertas A2? Dalam kebutuhan kita sehari-hari, kertas A2 banyak digunakan untuk mencetak sesuatu.

Kertas A2 adalah media untuk mencetak sesuatu, cocok untuk mencetak berbagai keperluan seperti foto, poster, kalender dinding, peta, kertas pengumuman, cetak biru, diagram, media gambar arsitektur, dll. Sangat cocok untuk hasil cetakan yang besar dan sesuai. .

Namun, karena ada banyak jenis kertas yang berbeda, Anda harus memutuskan jenis kertas mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum mencetak sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan kertas ukuran A-2 di kemudian hari.

Tata bahasa kertas A2

Gramatur-Kertas-A2

Gramatur adalah satuan berat kertas per satuan luas. Satuan metrik untuk berat dasar kertas disebut GSM atau gram per meter persegi (gram per meter persegi). Tata bahasa ini umumnya hanya digunakan di industri kertas dan tekstil.

Semakin tinggi gramaturnya, semakin tebal kertasnya. Kertas A2 juga memiliki kualitas berdasarkan benchmark GSM atau tingkat berat, berat dan ketebalan kertas.

Kertas A2 memiliki kualitas berdasarkan benchmark GSM atau tingkat berat, berat dan ketebalan kertas. Secara umum, GSM kertas didefinisikan oleh standar ISO 536 seperti pada kertas A2 berikut.

  1. Kertas A2 dengan 110 GSM
  2. Kertas A2 150gsm
  3. Kertas A2 160gsm
  4. Kertas A2 dengan 200 GSM
  5. Kertas A2 220 gsm

Tentu saja perbedaan GSM mempengaruhi setiap kualitas yang ditawarkan pada kertas A2. Hal ini juga memudahkan pengguna untuk memilih kertas A2 berdasarkan kualitas dan persyaratan penggunaan kertas.

Cara mencetak kertas A2 di Word

Tentu saja, semua orang menginginkan cetakan yang akurat. Namun, sebagian orang masih belum mengetahui cara mendapatkan hasil cetakan yang bagus dengan menggunakan format kertas A2. Cara mencetak di kertas A2 yang benar adalah:

  • Pertama, buka software dokumen Anda, seperti Microsoft Office, Libre Office, WPS Office, Sibiricus, atau file yang ingin Anda cetak.
  • Kemudian pilih menu “Page Layout” dan atur dokumen dengan ukuran format kertas A2.
  • Kemudian isi margin sesuai kebutuhan.

Kemudian isi margin sesuai kebutuhan

  • Kemudian Anda dapat mencetak dokumen atau desain Anda yang sudah jadi di atas kertas A2.

Mengetahui cara mengatur format kertas untuk pencetakan A2 memudahkan untuk mengatur dan mengelola apa yang Anda cetak dan memaksimalkan hasil yang dihasilkan.

Orisinalitas Kertas A2

Kertas Unik-A2

Setiap jenis kertas, termasuk kertas ukuran A2 ini tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Dokumen ini memiliki keunikan sehingga lebih mudah digunakan, antara lain:

  1. Dua halaman kertas ukuran A2 bila disejajarkan secara identik dengan kertas ukuran A1.
  2. Ketika kertas A2 dilipat menjadi dua, sisi terpendek kertas A2 menjadi kertas ukuran A3.
  3. Saat mencetak gambar menggunakan kertas A2, disarankan untuk memilih ukuran 4960 piksel kali 7016 piksel yang resolusinya dapat menghasilkan offset yang terlihat dari jarak dekat. Untuk foto, ukuran resolusinya bisa dikatakan berkualitas optimal.
  4. Di sisi lain, untuk ukuran kertas 150 PPI, Anda perlu mengatur gambar untuk dicetak pada resolusi 2480 x 3508 piksel. Ini biasanya resolusi minimum yang dapat digunakan untuk mencetak koran atau poster.

harga kertas A2

Harga kertas - A2

Harga kertas ukuran A-2 juga bervariasi dan biasanya ditentukan oleh jenis kertasnya. Kertas A2 yang sering dipilih dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya kertas HVS, tetapi juga sering digunakan sebagai media menggambar, melukis, atau seni sejenis.

Estimasi harga kertas A2 dibagi berdasarkan jenisnya. Misalnya, kertas Manila A2 mulai dari Rp37.500,00 per 25 lembar, kertas Concorde A2 mulai dari Rp3.500,00 per lembar, dan kertas HVS A2 mulai dari Rp1.500,00 per lembar.

Tentunya anda sudah mengetahui kertas A2 ini dengan baik melalui penjelasannya, jadi menurut saya sebaiknya anda memutuskan kertas A2 ini sesuai dengan tujuannya.

Lihat juga:

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Kertas ukuran A2: jenis, harga, dan kegunaan

Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://officialjimbreuer.com/ukuran-a2/

Leave a Comment