Cara Download WA Web, Login, QR Code + Tutorial A-Z

WhatsApp adalah sebuah kata yang pasti sudah sering Anda dengar. WhatsApp memang semakin populer dan sudah dipakai oleh semua pengguna smartphone. Saat ini ada aplikasi WhatsApp yang bisa digunakan di perangkat lain yaitu WA Web. Bagaimana cara download WA Web?

Sebelum mengunduh aplikasi WA Web atau memakainya, cari tahu dulu apa sebenarnya WA Web itu, bagaimana aplikasi ini bekerja, apakah aplikasi ini sama dengan WA versi biasa yang ada di smartphone, dan di perangkat apa saja WA Web bisa digunakan.

Mengenal Aplikasi WA Web Lebih Dalam

WhatsApp merupakan aplikasi chatting atau pesan yang bisa dipasang di perangkat seluler seperti BlackBerry, iOS, dan Android. Dengan aplikasi ini, selama Anda dan penerima pesan sama-sama terhubung ke internet maka pengiriman dan penerimaan pesan bisa dilakukan dengan lancar.

WhatsApp juga bisa dipakai untuk melakukan panggilan Fikrirasy.ID maupun panggilan video dengan seseorang yang ada di kontak Anda. WhatsApp Web atau WA Web adalah aplikasi yang sama tapi dirancang untuk digunakan di perangkat yang berbeda, yaitu di perangkat komputer.

Meskipun sama-sama WhatsApp, tapi ada perbedaan yang mencolok antara aplikasi WA untuk perangkat seluler dengan aplikasi WA yang dirancang untuk perangkat komputer.

Syarat Menggunakan WhatsApp Web

Syarat-Menggunakan-WhatsApp-Web

Yang berbeda dari aplikasi WA Web adalah Anda bisa memilih untuk download WA Web atau menggunakan situs web WA Web via aplikasi web browser di perangkat komputer. Sebelum mulai menggunakan WA Web, ada beberapa syarat yang perlu dipahami terlebih dahulu, yaitu:

  1. WA Web hanya bisa digunakan kalau Anda sudah mempunyai akun WA yang terdaftar di perangkat seluler, baik di perangkat iOS maupun di perangkat Android. WA untuk seluler bisa dipasang di Android 4.0.3 dan di iPhone dengan sistem operasi minimal iOS 9.
  2. Kalau Anda belum mempunyai akun WhatsApp, syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah membuat akun WhatsApp baru di aplikasi WA versi seluler yang sudah terpasang di perangkat Android maupun iOS. Tanpa akun WA Anda tidak bisa memakai aplikasi WA Web.
  3. Koneksi internet yang terhubung ke perangkat komputer harus lancar dan kuat. Kalau Anda tidak ingin mengunduh aplikasinya, diperlukan aplikasi web browser versi terbaru dan paling update agar WA Web bisa digunakan dengan lancar.

WA Web versi aplikasi bisa diunduh dari sembarang web browser dan dipasang di perangkat komputer Anda. Tapi kalau tidak ada penyimpanan yang cukup atau Anda ingin menggunakan WA Web tanpa memasang aplikasi tambahan, gunakan Chrome, Opera, Safari, Firefox, atau Edge yang paling update.

WA Web tidak bisa dipakai untuk membuat akun WhatsApp baru. Aplikasi ini hanya akan menampilkan kode QR yang harus di scan melalui aplikasi WA yang terpasang di perangkat seluler. Nantinya, WA yang ada di HP akan tampil di aplikasi WA Web yang ada di PC maupun laptop.

Berbagai Fitur yang Ada di Aplikasi WA Web

Hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum download WA Web dan menggunakan aplikasi ini adalah berbagai fitur yang tersedia di WhatsApp Web. Aplikasi WA Web dan WA untuk smartphone mempunyai fitur yang kurang lebih sama tapi ada juga yang berbeda diantara kedua versi tersebut.

Baca Juga:  Ini tidak sulit. Cara menghapus semua pesan di Facebook.

Dengan memahami apa saja fitur yang ada dan tidak ada di WA Web, Anda bisa memperkirakan seperti apa penggunaan aplikasi ini dan apa saja perbedaannya dengan aplikasi WhatsApp yang dirancang untuk perangkat seluler. Berikut ini beberapa fitur yang ada di aplikasi WhatsApp Web.

1. Mengirim pesan pribadi dan di grup

Mengirim-pesan-pribadi-dan-di-grup

Seperti versi smartphonenya, WA Web memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pesan. Karena terhubung ke keyboard, Anda bisa mengetik pesan dan mengirimkannya ke kontak atau ke salah satu grup yang sudah ada maupun di grup yang baru Anda buat.

Untuk membuat pesan WA baru, Anda bisa mengetikkan nama penerima di kolom Search or start new start. Klik di salah satu kontak yang muncul lalu mulai tuliskan pesan yang Anda inginkan di panel yang ada di sebelah kanan. Untuk membuat grup baru, klik tiga titik di kanan atas lalu pilih New group.

Pilih beberapa kontak yang akan Anda masukkan ke grup, tambahkan nama grup dan foto grup. Setelah grup tercipta, mulai ketikkan pesan yang akan dikirim di panel sebelah kanan aplikasi WA Web.

2. Mengelola grup WA dengan lebih mudah

Mengelola-grup-WA-dengan-lebih-mudah

Aplikasi WA Web memungkinkan Anda untuk mengelola chat grup dengan lebih mudah. Anda bisa membuat grup yang berisi hingga 256 orang, mengirim chat dengan lebih cepat, dan membagikan video dan foto dengan lebih leluasa.

Pengaturan grup juga bisa Anda sesuaikan dengan mudah. Misalnya, untuk menonaktifkan pemberitahuan dari salah satu grup WA, klik grup WA tersebut sampai semua chat di grup tersebut muncul di panel kanan aplikasi WA Web. Klik tiga titik di panel kanan untuk membuka pengaturan grup.

Pilih Mute notifications untuk mematikan pemberitahuan dari grup WA tersebut. Anda bisa memilih untuk membisukan chat grup selama 8 jam saja, 1 minggu, atau selamanya.

3. Mengunduh dan membagikan semua file dengan praktis

Mengunduh-dan-membagikan-semua-file-dengan-praktis

Banyak orang tertarik untuk download WA Web karena aplikasi ini lebih praktis untuk digunakan, terutama dalam mengirimkan dan mengunduh berbagai data. Untuk membagikan dokumen, video, atau foto, Anda hanya perlu membuka File Explorer lalu mencari file yang akan dikirimkan.

Setelah itu buka aplikasi WA Web lalu klik pada salah satu chat yang akan menjadi tujuan pengiriman data ini. Seret file yang ada di File Explorer ke jendela chat WA Web lalu tekan tombol enter. File pun akan segera dikirimkan ke penerima. Hal ini lebih mudah dilakukan di PC maupun laptop.

4. Mengirim stiker, emoticon, dan voice message

Mengirim-stiker-emoticon-dan-voice-message

Seperti halnya aplikasi WhatsApp untuk perangkat seluler, WA Web yang berjalan di perangkat komputer Anda bisa dipakai untuk mengirimkan pesan Fikrirasy.ID atau voice message selama perangkat komputer tersebut terhubung dengan mikrofon dan tentunya internet.

Fitur voice message ini tidak akan bisa dipakai kalau PC yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi WA Web belum dilengkapi dengan mikrofon. Selain itu, semua stiker yang Anda download di HP dan semua stiker yang Anda masukkan ke favorit juga bisa diakses di WA Web yang ada di PC.

Sayangnya, kalau ada teman yang mengirimkan stiker lucu, WA Web tidak menyediakan fitur untuk menyimpan stiker tersebut ke favorit. Anda hanya bisa melakukannya di WA versi smartphone.

5. Semua fitur chatting tersedia di WA Web

Semua-fitur-chatting-tersedia-di-WA-Web

Setelah download WA Web, Anda akan menemukan semua fitur chatting saat saling berkirim pesan dengan pengguna WhatsApp lain. Anda bisa membalas pesan dengan mengklik tombol panah di salah satu pesan kemudian memilih tombol Reply.

Baca Juga:  DLS 2022 Mod Apk + Obb Data (Dream League Soccer) Full

Untuk meneruskan pesan tersebut ke jendela chat yang lain, klik tombol panah di samping pesan yang ingin diteruskan lalu pilih menu Forward message. Centang beberapa pesan lain kalau Anda ingin meneruskan beberapa pesan sekaligus. Setelah itu klik tombol panah di sebelah kanan bawah.

Pilih salah satu penerima pesan lalu klik tombol kirim yang diwakili oleh ikon pesawat kertas. Semua pesan yang Anda pilih tadi akan diteruskan ke penerima yang Anda tentukan.

6. Mengubah profil WhatsApp Anda

Mengubah-profil-WhatsApp-Anda

Seperti WA untuk smartphone, WA Web juga bisa dipakai untuk mengedit profil WhatsApp Anda. Caranya adalah dengan mengklik foto profil Anda yang ada di kiri atas jendela WA Web. Anda bisa mengubah foto profil, mengganti informasi username dan status dengan mudah.

Kalau akun yang terhubung ke WA Web adalah akun WA bisnis, Anda juga bisa mengubah beberapa detail seperti nama bisnis, kategori bisnis, deskripsi bisnis, alamat bisnis, alamat email, situs web, katalog produk yang Anda jual, dan jam operasional bisnis Anda.

Semua informasi tersebut bisa diubah dengan mudah berkat kontrol WA Web yang sederhana di sebelah kiri jendela WA Web. Semua perubahan informasi profil langsung tersimpan dengan otomatis.

7. Melihat informasi atau detail kontak WA

Melihat-informasi-atau-detail-kontak-WA

Saat membuka jendela pesan atau chatting dengan seseorang, Anda akan melihat foto profil, nama profil, dan informasi tentang terakhir dilihat di bagian atas jendela WA Web. Klik bagian tersebut untuk melihat profil WA tersebut dengan lebih mendetail.

Download WA Web dan lihat sendiri seperti apa tampilan kontak yang muncul di panel paling kanan jendela WA Web. Berbagai detail seperti nomor telepon kontak tersebut, media dan file yang terkirim antara Anda dan kontak tersebut, serta info tentang grup yang sama juga akan muncul disana.

Ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan terhadap setiap kontak, yaitu menghapus chat tersebut, melaporkan akun WhatsApp tersebut, dan memblokir akun tersebut.

Fitur yang Akan Segera Hadir di WA Web

Fitur-yang-Akan-Segera-Hadir-di-WA-Web

Saat ini, beberapa fitur yang ada di WA untuk smartphone belum bisa ditemukan di WA Web. Contohnya adalah panggilan Fikrirasy.ID dan panggilan video yang masih belum bisa dilakukan di WA Web meskipun perangkat komputer sudah terhubung ke kamera dan mikrofon.

Tapi saat ini developer WhatsApp masih terus mengembangkan WA Web sehingga nantinya panggilan Fikrirasy.ID dan panggilan video bisa segera dilakukan baik di WA untuk smartphone, tablet, maupun untuk perangkat komputer.

Untuk bisa menggunakan fitur panggilan ini, pengguna WhatsApp masih harus bersabar hingga versi Beta berhasil dioptimalkan sehingga fitur panggilan sudah tersedia untuk WA Web.

Cara Download WA Web dan Menggunakannya

Seperti disebutkan sebelumnya, ada banyak cara untuk menggunakan WhatsApp Web. Banyak yang mengira bahwa WhatsApp Web hanya bisa digunakan di perangkat komputer saja. Padahal sebenarnya ada cara khusus untuk menggunakan WhatsApp Web di perangkat seluler juga.

Untuk mengunduh aplikasi WhatsApp Web atau menggunakan WhatsApp Web di PC, cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Download WhatsApp Web untuk PC

Unduh-WhatsApp-Web-untuk-PC

Situs web resmi WhatsApp menyediakan aplikasi WhatsApp yang bisa digunakan di berbagai jenis perangkat. Dengan mengunjungi situs web resminya, Anda bisa mendapatkan aplikasi WhatsApp Web untuk perangkat komputer yang Anda gunakan. Begini cara mengunduhnya.

  • Buka aplikasi web browser apapun yang ada di perangkat komputer. Anda bisa menjalankan Safari kalau menggunakan perangkat MacOS, Edge, Chrome, Firefox, atau Opera kalau PC Anda dilengkapi dengan sistem operasi Windows.
  • Ketikkan whatsapp.com di kolom alamat URL lalu tekan tombol Enter di keyboard perangkat untuk mengunjungi situs web resmi WhatsApp. Tunggu sebentar hingga halaman utama WhatsApp terbuka dan menampilkan tombol download.
  • Tombol download ada di bagian atas halaman utama WhatsApp. Klik tombol Download Now untuk membuka halaman download aplikasi WhatsApp dan mengunduh aplikasi WhatsApp yang sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan saat ini.
  • Tersedia berbagai pilihan download, ada link download untuk Android dan link download untuk iPhone. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan subjudul Mac or Windows PC. Aplikasi WA Web hanya bisa digunakan di perangkat komputer dengan sistem operasi minimal Windows 8.
  • Klik tombol Download for Windows dan aplikasi WhatsApp Web akan diunduh secara otomatis ke penyimpanan perangkat komputer Anda. Tunggu sebentar hingga proses Download aplikasi WhatsApp Web selesai sepenuhnya.
  • Buka WhatsAppSetup.exe atau aplikasi WA Web yang sudah selesai diunduh untuk melakukan pemasangan aplikasi tersebut ke perangkat komputer Anda. Setelah pemasangan selesai dilakukan, Anda bisa mulai menggunakan aplikasi WA Web sesuai keinginan.
  • Setelah download WA Web dan install aplikasi tersebut, Anda perlu memasukkan akun WhatsApp ke WA Web dengan melakukan scan di WA seluler. Jalankan aplikasi WA di HP kemudian tap ikon tiga titik di kanan atas aplikasi WhatsApp seluler.
  • Kemudian pilih menu Linked devices lalu tap tombol hijau Link a Device. Anda akan diminta untuk melakukan scan kode QR yang muncul di aplikasi WA Web. Scan kode sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
Baca Juga:  Lost Life Apk Download dan Cara Instal Versi Terbaru 2021

Sekarang akun WhatsApp Anda bisa berjalan di dua perangkat yang berbeda, yaitu di perangkat Android dan perangkat komputer dengan bantuan WA Web. Selama perangkat seluler Anda tetap terhubung ke internet, akun WA bisa diakses dan digunakan di perangkat komputer.

2. Menggunakan WhatsApp Web Tanpa Aplikasi

Menggunakan-WhatsApp-Web-Tanpa-Aplikasi

Bagi yang tidak ingin atau tidak bisa mengunduh aplikasi WA Web, WhatsApp Web masih bisa diakses dengan bantuan web browser yang sudah diperbarui hingga versi yang paling baru. Tidak perlu mengunduh dan memasang aplikasi tambahan.

Karena tidak mengharuskan Anda untuk mengunduh aplikasi WA, WhatsApp Web yang satu ini bisa diakses di perangkat komputer yang sistem operasinya lebih lawas, misalnya di perangkat dengan sistem operasi Windows 7. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

  • Jalankan aplikasi web browser yang sudah terpasang di perangkat komputer. Bisa menggunakan web browser bawaan seperti Microsoft Edge atau web browser lain seperti Mozilla Firefox, Opera Browser, atau Google Chrome.
  • Ketikkan web.whatsapp.com di kolom alamat URL lalu tekan Enter di keyboard untuk mengunjungi WhatsApp Web tanpa mengunduh aplikasinya. Setelah halaman utama WhatsApp Web terbuka, akan muncul petunjuk cara menggunakannya.
  • Sekarang buka aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat seluler lalu pilih menu Linked devices dan tap tombol Link a Device. Arahkan kamera HP ke kode QR yang muncul di halaman WhatsApp Web untuk menyambungkan akun WA ke perangkat komputer.

Setelah akun WA tersambung ke WhatsApp Web, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan WA tanpa harus menyentuh smartphone. Yang terpenting adalah kedua perangkat sama-sama tersambung ke internet dan aplikasi WA smartphone tetap berjalan di background.

Banyak pengguna WA yang tertarik untuk download WA Web karena aplikasi ini dinilai sangat praktis untuk saling berkirim data. Ada berbagai fitur yang bisa ditemukan di aplikasi WA Web. Cara download dan menggunakannya juga sangat mudah. Pahami syarat penggunaannya sebelum mengunduh.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Cara Download WA Web, Login, QR Code + Tutorial A-Z Dari Situs Fikrirasy ID