Cara mengatasi HP Bootloop (macet logo/mati total)

Masalah yang akrab dengan ponsel Android adalah bootloop. Ini berarti ponsel Anda tidak dapat masuk ke sistem atau terpendam logo saja. Parahnya, HP mati total dan tidak bisa dihidupkan.

Penyebab masalah ini bermacam-macam dan salah satunya adalah kegagalan upgrade OS, baik itu upgrade over-the-air, software PC (misal Samsung KIES) atau firmware flash.

Nah, bagi anda yang sedang mengalami HP bootloop, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips cara mengatasi hal tersebut berdasarkan pengalaman saya.

Cara mengatasi HP (Android) bootloop

Sejauh ini, saya telah mengalami beberapa boot loop di ponsel Android saya. Ini terutama karena ROM yang Anda gunakan tidak cocok, tetapi karena satu perubahan font gagal.

Penyelesaian biasanya dilakukan secara bertahap, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. ingin tahu Begini caranya.

Restart HP

Langkah pertama yang harus kamu coba saat mengalami HP bootloop adalah melakukan restart. Metode ini biasanya berfungsi ketika jenis boot loop Anda adalah: loop boot ringan.

Begini caranya.

  1. Matikan ponsel Anda dengan menahan tombol daya beberapa saat.
  2. Lepaskan setelah HP mati. baterai (Tidak termasuk HP baterai internal); kartu SIMDan kartu memori.
  3. Selanjutnya, instal ulang beberapa yang sebelumnya dihapus.
  4. Terakhir, hidupkan ponsel Anda.

Jika ponsel Anda ternyata dapat di-boot dan dapat masuk ke sistem Android, maka masalah ponsel Anda kemungkinan besar adalah bootloop ringan.

bersihkan cache

Cara memperbaiki boot loop Samsung melalui PC

Cara selanjutnya yang masih mudah dan aman dilakukan adalah dengan wipe partisi cache. Metode ini tidak akan menghapus data apa pun di ponsel Anda.

Baca Juga:  FM WhatsApp [FM WA] APK Download Versi Terbaru 2022 Resmi

Untuk menghapus partisi cache, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, ketik pemulihan HP. Untuk melakukan ini, tekan tombol daya + volume naik / daya + volume turun / Rumah + Daya + Hidupkan (coba satu per satu).
  2. Setelah itu, kamu mode pemulihan android. Saat gambar robot tidur muncul, tekan tombol kekuatan.
  3. pilih selanjutnya Hapus partisi cache Dan tunggu hingga proses selesai.
  4. lalu pilih Silakan reboot sistem Masuk ke sistem Android lagi.
  5. Tunggu hingga proses booting selesai.

Boot awal (setelah mengosongkan cache) mungkin memakan waktu lebih lama daripada booting biasanya. Untuk tujuan ilustrasi, Android akan boot selama sekitar 5-10 menit.

Atur Ulang Pabrik

Cara mengatasi hp bootloop lewat pc

Reset pabrik adalah mengembalikan ponsel Anda ke pengaturan aslinya. Sehingga aplikasi atau file apapun yang ada di hp android anda akan hilang dan kembali normal.

Cara melakukan factory reset hampir sama dengan cara sebelumnya. Berikut adalah rincian lebih lanjut.

  1. Pertama, ketik pemulihan HP. Untuk melakukan ini, tekan tombol daya + volume naik / daya + volume turun / Rumah + Daya + Hidupkan (coba satu per satu).
  2. Setelah itu, kamu mode pemulihan android.
  3. Jika Anda memasuki pemulihan, pilih Berikutnya. Hapus Data/Reset Pabrik. Jika sudah yakin ingin melakukan factory reset, pilih Next. Ya.
  4. Tunggu hingga proses selesai. Biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama.
  5. Pilih setelah selesai Silakan reboot sistem Dan tunggu sampai boot selesai.

Seperti membersihkan cache, Anda harus menunggu HP yang baru saja Anda reset pabrik untuk boot.

flash rom

Cara Memperbaiki Ponsel Android Bootloop

Flash adalah cara paling ampuh untuk mengatasi ponsel bootloop. Metode ini sering disebut metode pamungkas. offker Android jika cara sebelumnya tidak berhasil.

Jika Anda telah menginstal CWM/TWRP secara permanen di ponsel Android Anda, Anda dapat mem-flash ROM melalui ponsel Anda. Namun, jika fungsi ini tidak diinstal pada ponsel Anda, Anda harus menggunakan PC.

Baca Juga:  Atrasis Free Fire (FF) Apk Unlimited Diamond Terbaru 2022

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat mem-flash ROM adalah memilih firmware yang tepat. Jika firmware tidak cocok dengan HP, itu karena proses flashing tidak berhasil atau HP terus booting looping.

Anda dapat mencarinya di Google karena tidak menyediakan artikel tentang cara mem-flash ponsel Anda. Berikut pembahasan lengkap cara flashing hampir semua merk HP.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi boot loop Android. Cara di atas biasanya berfungsi saat ponsel melakukan booting karena masalah perangkat lunak (flash gagal, ROM rusak, dll), bukan masalah perangkat keras seperti eMMC.

Demikian artikel yang dapat saya berikan kesempatan ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi ponsel bootloop.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Cara mengatasi HP Bootloop (macet logo/mati total)

Dari Situs Fikrirasy ID