Bagaimana mencegah pencuri koneksi membobol WiFi Anda dengan mudah

Cara Mencegah Peretasan WiFi - Tajuk[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Fikrirasy.ID – Melindungi jaringan WiFi Anda agar tidak mudah dibobol orang yang tidak bertanggung jawab sangat penting karena dapat mengurangi pengalaman berselancar internet Anda.

Berbagai jenis layanan internet rumahan yang kami gunakan, mulai dari IndiHome, First Media, MyRepublic hingga Biznet, biasanya menawarkan koneksi dengan bandwidth yang cukup terbatas tergantung pada jenis paketnya.

Kecepatan akses internet sendiri akan sangat dipengaruhi oleh hal ini. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, semakin kecil bagian dari setiap perangkat, yang dapat memperlambat koneksi.

Jadi jika seseorang membobol jaringan WiFi Anda, pengalaman berselancar internet Anda mungkin berkurang. Belum lagi pengunduhan file besar secara acak yang dapat menghabiskan sebagian besar koneksi Anda secara tidak sengaja.

Untungnya, melindungi jaringan WiFi Anda dari penyusup cukup mudah. Bagi yang belum tahu, berikut cara sederhananya.

Cara membuat jaringan WiFi yang tidak mudah dibobol

Ubah kata sandi Anda secara berkala

Mengubah kata sandi Anda secara berkala adalah langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk mengamankan WiFi Anda. Dengan begitu, hacker akan kesulitan untuk membobol jaringan karena tidak bisa menggunakan character set yang sama berulang-ulang.

Tapi, tentu saja, berhati-hatilah mungkin. Pembuatan kata sandi untuk semua pengaturan akun harus dilakukan menggunakan rangkaian karakter yang kuat, seperti menghindari nama atau tanggal lahir.

Cara Mencegah WiFi Anda Dicuri - Masuk[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Anda juga dapat menggabungkan minimal 8 karakter dari huruf besar dan kecil, angka, dan simbol sehingga hacker akan kesulitan nantinya ketika mereka mencoba mengetikkan password acak Anda.

Ubah SSID jika perlu

Jika perlu, Anda juga harus mengganti nama SSID (Service Set Identifier) ​​atau WiFi sekaligus saat mengganti kata sandi. Tujuannya agar lebih sulit bagi pencuri untuk menemukan jaringan yang kita miliki.

Karena sistem enkripsi WiFi modern biasanya menggunakan SSID sebagai algoritme untuk melindungi jaringan dari peretasan kata sandi, mengubah tingkat keamanan dapat membuatnya jauh lebih aman.

Seperti halnya kata sandi, Anda tidak boleh menggunakan nama umum untuk WiFi Anda. Dengan SSID yang panjang dan kompleks, tak ada salahnya membuat tetangga atau teman Anda tertawa.

Gunakan perlindungan WPA2 atau WPA3

Berbicara tentang enkripsi, banyak perangkat modern seperti MiFi, router, atau ponsel yang untungnya dilengkapi dengan WPA2 atau WPA3 saat mengatur koneksi WiFi.

Bagi Anda yang belum tahu, WiFi Protected Access (WPA) adalah versi yang lebih aman daripada Wired Equivalent Privacy (WEP). Karena memberikan solusi untuk berbagai celah dalam sistem kriptografi yang lebih tua.

Pengaturan koneksi WiFi untuk sebagian besar perangkat modern biasanya disetel ke WPA2 atau WPA3, tetapi enkripsi jaringan WEP masih sering digunakan, jadi sebaiknya periksa ini.

Matikan fungsi WPS

Fitur WiFi Protected Setup (WPS) sebenarnya bisa membuat kita lebih mudah. Dengan hanya menekan tombol khusus pada router, fitur ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan berbagai perangkat baru ke jaringan tanpa harus memasukkan kata sandi yang panjang.

Bagaimana menjaga WiFi Anda dari peretasan - WPS[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Sayangnya, kemudahan ini juga bisa dimanfaatkan oleh pencuri. Tidak hanya kunci fisik yang lebih mudah digunakan daripada kata sandi, kode dasar di WPS juga lebih mudah untuk diacak dan ada beberapa aplikasi yang masih dapat menggunakannya hingga saat ini.

Mengubah kode WPS melalui pengaturan router mungkin telah dipertimbangkan sebagai opsi lain. Tetapi sekali lagi, ini adalah pengingat bahwa tombol fisik ini memungkinkan kekuatan instan, terutama jika perangkat berada di lokasi yang mudah diakses.

Manfaat Filter Alamat MAC

Menyiapkan koneksi WiFi di router Anda biasanya juga menyediakan fungsi filter alamat MAC. Itu juga dapat digunakan untuk mengelola daftar perangkat yang diizinkan untuk terhubung.

Dalam hal ini, Anda dapat memblokir koneksi WiFi berdasarkan alamat MAC atau membuat daftar perangkat yang ingin Anda izinkan aksesnya. Alamat-alamat ini unik atau berbeda satu sama lain.

Jika Anda sudah mengetahui alamat MAC penyusup, Anda dapat menggunakan opsi daftar hitam untuk memblokir perangkat. Atau sebaliknya, jika Anda belum tahu, manfaatkan opsi daftar putih untuk memungkinkan akses bagi anggota keluarga atau kerabat.

Ubah Akun Administrator WiFi

Akun administrator untuk pengaturan WiFi pada router yang berbeda memiliki pengaturan default yang hampir sama, terutama jika mereka memiliki merek atau model yang serupa. Oleh karena itu harus diganti agar tidak mudah dimanfaatkan oleh pencuri.

Seperti yang Anda ketahui, akun admin memainkan peran paling penting karena memungkinkan Anda untuk dengan mudah memanipulasi pengaturan WiFi mulai dari kata sandi, nama SSID, dan jika Anda mengetahuinya, Anda dapat menambahkan perangkat ke filter alamat MAC.

Sama seperti SSID dan password WiFi, pengaturan akun admin harus sangat kuat. Jangan gunakan kata “admin” sebagai pengaturan default router untuk nama dan kata sandi.

Setiap perangkat memiliki antarmuka dan nama fungsi yang berbeda. Jadi, Anda mungkin perlu membuka halaman dukungan masing-masing merek untuk menemukan detail tentang cara melakukan beberapa hal di atas.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Bagaimana mencegah pencuri koneksi membobol WiFi Anda dengan mudah

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment