9 Cara WhatsApp Offline Agar Tidak Terlihat Read dan Online

kebangkitan-nasional.or.id – Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk terlihat offline di WhatsApp. Walaupun status online ini cukup membantu, tetapi sebagian orang berharap mengetahui cara aplikasi WhatsApp offline agar tidak terlihat read dan online.

Sebenarnya alasan mengapa sebagian orang tidak ingin terlihat offline bermacam-macam. Banyak orang yang merasa bahwa status online ini cukup mengganggu privasi. Supaya bisa lebih nyaman menggunakan WhatsApp, Anda bisa mencoba cara agar WhatsApp terlihat offline.

Cara Aplikasi WhatsApp Offline Agar Tidak Terlihat Read dan Online

Tidak hanya menggunakan WhatsApp mod saja, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya terlihat offline menggunakan aplikasi WhatsApp resmi. WhatsApp sendiri memiliki beberapa pengaturan yang bisa diubah oleh penggunanya untuk menyembunyikan status online.

Namun, sebelum menggunakan fitur ini Anda harus tahu apakah menyembunyikan status online memang dibutuhkan atau tidak. Untuk akun WhatsApp penting, sebaiknya hindari menyembunyikan status online.

Tetapi, untuk akun WhatsApp pribadi Anda tetap bisa melakukannya untuk menjaga privasi akun. Berikut merupakan cara yang dapat dicoba untuk aplikasi WhatsApp offline agar tidak terlihat read dan online, yaitu:

1. Mematikan Last Seen

Mematikan-Last-Seen

Supaya terlihat offline di WhatsApp, cara paling dasar yang bisa dilakukan adalah mematikan fitur Last Seen pada aplikasi. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan dengan sedikit mengubah pengaturan aplikasi. Berikut langkah-langkah mematikan fitur Last Seen agar terlihat offline, yaitu:

  • Buka WhatsApp di smartphone.
  • Untuk pengguna iPhone, pilih ikon gerigi yang ada di bagian kanan bawah untuk membuka menu Pengaturan WhatsApp. Bagi pengguna Android, pilih ikon titik tiga yang terdapat di pojok kanan atas.
  • Setelah menu Pengaturan terbuka, cari dan pilih menu Account atau Akun.
  • Pilih opsi Last Seen atau Terakhir Dilihat.
  • Pada opsi tersebut, Anda akan melihat tiga opsi. Pilihan tersebut adalah Everyone (semua orang), Contact (kontak WhatsApp), serta Nobody (tidak seorangpun).
  • Jika memilih Everyone, maka setiap orang yang memiliki kontak WhatsApp Anda bisa melihat kapan waktu terakhir Anda membuka WhatsApp.
  • Jika memilih Contact, hanya nomor yang Anda simpan di WhatsApp saja yang bisa melihat status terakhir online.
  • Apabila Anda tidak ingin ada yang bisa melihat status online, pilih Nobody.

Perlu Anda ketahui bahwa sampai saat ini belum ada cara yang bisa digunakan untuk mengatur visibilitas status menggunakan cara filter pengguna sesuai yang dipilih. Oleh sebab itu, saat Anda menonaktifkan status online, Anda juga tidak dapat melihat status online milik orang lain.

Misalnya, Anda hanya ingin menyembunyikan status online dari teman saja, namun ingin mengetahui status online keluarga, maka hal ini tidak bisa dilakukan.

2. Menonaktifkan Centang Biru

Menonaktifkan-Centang-Biru

Selain terlihat offline, banyak orang yang tidak ingin terlihat sudah membaca pesan oleh pengirim pesan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur fitur centang biru pada WhatsApp. Centang biru digunakan untuk memberitahu lawan chat bahwa chat yang dikirim telah dibaca.

Sebenarnya fungsi dari centang biru ini cukup penting, tetapi banyak orang yang merasa kurang nyaman dengan fitur WhatsApp yang satu ini. Saat Anda mengaktifkan fitur ini, artinya Anda memberitahu bahwa baru saja online.

Walaupun fitur last seen sudah dinonaktifkan, orang lain masih bisa tahu bahwa Anda baru saja online dari tanda centang biru. Untuk pengaturan secara maksimal, Anda juga perlu mematikan centang biru. Langkah-langkah mematikan fitur centang biru pada WhatsApp, yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu Pengaturan.
  • Setelah itu, pilih Akun dan klik Privasi.
  • Cari tulisan Read Receipts atau Baca tanda terima. Di sebelah kanan tulisan tersebut, terdapat tombol yang bisa digeser.
  • Untuk menonaktifkan centang biru, Anda perlu geser tombol ke kiri sampai tombol berubah menjadi warna abu-abu. Tetapi, jika suatu hari Anda ingin mengaktifkan lagi fitur ini, Anda hanya perlu geser ke kanan.
Baca Juga:  Shareit Apk Mod Terbaru Tanpa Iklan 2022 All Fitur Premium

Serupa dengan menonaktifkan fitur last seen, menonaktifkan centang biru juga akan membuat Anda tidak mengetahui apakah chat yang dikirim sudah dibaca oleh orang lain atau belum.

Namun, bagi sebagian orang hal ini tidak menjadi masalah karena bisa lebih leluasa ketika membaca pesan yang masuk. Anda tidak perlu lagi merasa terbebani untuk membalas pesan dengan segara.

Sebelum menggunakan fitur ini, Anda harus memastikan bahwa memang memerlukannya. Pasalnya, ada juga orang yang tidak suka saat mengetahui temannya mematikan fitur centang biru.

3. Mengubah Pengaturan di WhatsApp Story

Mengubah-Pengaturan-di-WhatsApp-Story

Cara pertama dan kedua sebenarnya sudah bisa menyembunyikan status online saat Anda membuka WhatsApp, orang lain juga tidak akan tahu kapan waktu terakhir kali Anda membuka aplikasi.

Untuk menyempurnakan hal ini, pengguna juga tidak boleh terlalu sering upload status atau story WhatsApp. Rasanya percuma jika sudah mematikan fitur last seen dan centang biru tetapi setiap waktu membuat story WhatsApp baru.

Tetapi, jika kebiasaan rajin upload story ini sulit untuk dirubah sementara waktu, ada cara yang bisa dicoba. Caranya yaitu dengan mengubah settingan status WhatsApp. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Buka aplikasi WhatsApp di smartphone.
  • Selanjutnya, buka menu Setting atau Pengaturan.
  • Pilih opsi Account dan masuk ke pilihan Status.
  • Pada bagian tersebut, Anda akan menemukan tiga opsi yang bisa dipilih. Opsinya adalah My Contact (kontak), My contact except..(kontak saya kecuali..), serta Only share with.. (hanya berbagi dengan..).
  • Untuk bagian ini, Anda bisa memilih My contact except dan pilih kontak mana saja yang tidak bisa melihat status WhatsApp milik Anda. Opsi ini bisa dipilih jika jumlah kontak yang Anda izinkan lebih banyak dan orang yang tidak diperbolehkan melihat lebih sedikit.
  • Pilihan Only share with bisa digunakan untuk memilih kontak sesuai dengan pilihan Anda yang bisa melihat status WhatsApp. Opsi ini bisa dipilih jika Anda mengizinkan 5-10 orang kontak yang bisa melihat status WhatsApp.
  • Setelah memilih salah satu opsi, pilih tulisan Done yang berada di bagian pojok kanan atas untuk mengkonfirmasi pilihan.

4. Menggunakan Mode Pesawat atau Mematikan Paket Data/WiFi

Menggunakan-Mode-Pesawat-atau-Mematikan-Paket-DataWiFi

Apabila Anda tidak ingin mengubah pengaturan pada aplikasi WhatsApp, namun ada saat Anda tidak ingin diganggu, cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat. Cara ini bisa digunakan sebagai salah satu cara menyembunyikan status typing atau sedang mengetik.

Menggunakan mode pesawat ini bisa digunakan saat Anda ingin membalas chat tapi tidak ingin lawan chat mengetahui bahwa Anda sedang mengetik pesan. Langkah-langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Ketika ada notifikasi chat WhatsApp masuk, jangan langsung buka WhatsApp.
  • Aktifkan mode pesawat atau matikan WiFi.
  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Ketikan balasan dari chat yang diterima sampai selesai.
  • Pilih tombol kirim seperti biasa. Tidak adanya koneksi ke internet membuat Anda akan melihat ikon jam pada chat yang dikirim.
  • Tutup aplikasi WhatsApp.
  • Nonaktifkan mode pesawat atau nyalakan WiFi.
  • Pesan akan terkirim otomatis.
Baca Juga:  Download WhatsApp Aero [WA Aero] APK Versi Terbaru 2021 Official

Dengan cara ini, orang yang menerima chat tersebut tidak tahu bahwa sebelumnya Anda sudah online. Trik ini sebenarnya terbilang cukup jadul, tapi masih bisa dilakukan. Tidak hanya itu, buka aplikasi WhatsApp saat mode WhatsApp juga dapat menyembunyikan tanda last seen.

Contohnya, Anda membuka WhatsApp biasa dan terkoneksi ke internet pada pukul 10.15 WIB dan fitur last seen tidak mati. Lalu pada pukul 10.45 WIB, Anda membuka WhatsApp lagi menggunakan mode WhatsApp. Last seen WhatsApp yang terlihat adalah tetap pukul 10.15 WIB.

5. Menambahkan Keterangan di Profil WhatsApp

Menambahkan-Keterangan-di-Profil-WhatsApp

Apabila Anda ingin menegaskan bahwa sedang tidak ingin diganggu, Anda bisa menambahkan keterangan di profil WhatsApp. Mungkin saja Anda sedang sibuk atau tidak ingin diganggu karena berbagai alasan, Anda bisa menggunakan cara ini.

Anda dapat memakai keterangan bawaan atau default yang disediakan WhatsApp, seperti “Urgent call only”, “Busy”, atau Anda juga bisa membuat keterangan lainnya.

Beberapa contoh keterangan yang bisa Anda gunakan, yaitu “sedang tidak ingin diganggu”, “sedang rapat”, “sedang susah sinyal”, dan sebagainya. Selain untuk memperkuat cara-cara sebelumnya, sebenarnya cara ini juga bisa digunakan untuk mengelabui orang.

Misalnya, saat Anda memasang status “Offline”, padahal sebenarnya Anda sedang aktif dan membuka aplikasi WhatsApp. Cara mengubah keterangan ini cukup mudah untuk dilakukan. Berikut cara mengubah keterangan pada profil WhatsApp, yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Masuk menu Setting dan pilih foto akun Anda.
  • Pilih bagian About atau Tentang.
  • Setelah itu, pilih salah satu status yang sudah ada atau default dari aplikasi pada bagian Select your about dengan cara memberikan tanda centang.
  • Apabila tidak menemukan status profil yang diinginkan, Anda juga bisa menulis status profil sesuai dengan keinginan. Klik tanda panah ke kanan pada bagian Currently set to.
  • Saat sudah menulis keterangan akun, pilih Save yang ada di bagian pojok kanan atas.

Ini Aplikasi WhatsApp Offline Agar Tidak Terlihat Read dan Online Menggunakan WhatsApp Mod

Beberapa orang merasa pengaturan yang dilakukan di aplikasi resmi cukup merepotkan. Oleh karena itu, untuk mengatasinya orang lebih memilih menggunakan aplikasi WhatsApp mod.

Saat ini sudah banyak aplikasi WhatsApp mod dengan berbagai fitur menarik, salah satunya menyembunyikan status online. Aplikasi hasil modifikasi ini lumayan banyak digunakan karena memiliki banyak fitur menarik yang tidak bisa ditemukan pada aplikasi WhatsApp resmi.

Ada beberapa aplikasi WhatsApp mod yang bisa digunakan. Setiap aplikasi tentu saja memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini beberapa aplikasi WhatsApp mod yang menarik untuk dicoba:

1. GB WhatsApp

GB-WhatsApp

Memang ada banyak aplikasi WhatsApp mod yang bisa digunakan, tapi aplikasi GB WhatsApp merupakan aplikasi mod yang sudah banyak dipakai. Aplikasi ini dipilih oleh pengguna WhatsApp yang mengharapkan fitur lebih dari aplikasi resmi.

Pada aplikasi ini ada banyak fitur menarik yang bisa dicoba oleh penggunanya. Fitur menarik ini menjadi daya tarik aplikasi modifikasi sehingga banyak orang yang tertarik. Kelebihan dari GB WhatsApp adalah aplikasi modifikais ini paling stabil dibanding WhatsApp mod lainnya.

Aplikasi bisa digunakan secara lancar dan jarang ditemukan bug. Saat menggunakan GB WhatsApp, pengguna bisa mengaturnya agar tidak terlihat sudah membaca pesan maupun mematikan status online. Beberapa fitur menarik yang perlu diketahui oleh calon pengguna, yaitu:

  • Menyembunyikan centang dua dan membuatnya terlihat seperti centang satu.
  • Mempunyai koleksi emoji lebih banyak.
  • Menyembunyikan centang biru.
  • Mengembalikkan pesan yang sudah dihapus oleh pengirim.
  • Menyembunyikan blue microphone.
  • Melihat story orang lain secara bebas.
  • Melihat pesan maupun story yang sudah dihapus oleh pengirim.
Baca Juga:  Aplikasi BPJS Kesehatan Android, iOS Download Terbaru 2022

2. Fouad WhatsApp

Fouad-WhatsApp

Salah satu aplikasi WhatsApp mod yang bisa Anda coba adalah Fouad WhatsApp. Aplikasi ini bisa digunakan dengan cukup mudah karena memiliki user experience sederhana. Walaupun mudah digunakan, terdapat banyak fitur pada aplikasi mod ini dan terbilang lumayan lengkap.

Sampai saat ini, aplikasi mod Fouad WhatsApp sudah digunakan oleh banyak orang. Beberapa fitur Fouad WhatsApp yang bisa digunakan adalah:

  • Menyembunyikan pesan tertentu.
  • Menyembunyikan status online.
  • Bisa menuliskan sampai 266 karakter pada caption story.
  • Menyembunyikan centang dua saat online.
  • Emoji dan tema dengan pilihan yang lebih beragam.
  • Performa aplikasi yang lebih handal dengan ukuran aplikasi yang ringan.
  • Melakukan filter panggilan untuk beberapa orang bahkan seluruh kontak.

3. OG WhatsApp

OG-WhatsApp

Kehadiran aplikasi mod bagaikan sebuah jawaban bagi pengguna WhatsApp yang menginginkan berbagai fitur lebih. Salah satu fitur yang diharapkan adalah menyembunyikan status online. Sayangnya, fitur ini memang tidak tersedia secara khusus.

Memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan, tetapi ada konsekuensi yang harus dirasakan saat menonaktifkan fitur tersebut. OG WhatsApp menjadi salah satu WhatsApp mod yang bisa dipakai untuk menyembunyikan status online.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara bersamaan dengan WhatsApp resmi. Hal ini membuat Anda tidak perlu menghapus aplikasi WhatsApp resmi untuk menggunakan OG WhatsApp. Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi OG WhatsApp adalah:

  • Banyak pilihan tema yang bisa digunakan.
  • Melakukan restore chat.
  • Mematikan tanda centang dua.
  • Menyembunyikan status online.
  • Mengirimkan video dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan WhatsApp asli.
  • Dapat berjalan bersamaan dengan aplikasi WhatsApp resmi.
  • Melihat story maupun pesan yang sudah dihapus oleh pengirimnya.
  • Bisa mengirim banyak foto dalam satu kali kirim.

4. FM WhatsApp

FM-WhatsApp

Bagi pengguna yang merasa kurang cocok dengan GB WhatsApp bisa mencoba aplikasi ini. FM WhatsApp dinilai mempunyai tampilan yang lebih baik. Untuk hal desain sebenarnya kembali kepada selera setiap pengguna. Beberapa orang menyukai tampilan aplikasi yang menarik.

FM WhatsApp merupakan jenis aplikasi mod yang mementingkan segi estetika aplikasi. Tidak hanya sebagai aplikasi WhatsApp offline agar tidak terlihat read dan online, Anda bisa menggunakan berbagai tema yang menarik.

Tentu saja hal ini cukup berbeda dengan aplikasi WhatsApp resmi. Beberapa fitur unggulan yang ada di FM WhatsApp, yaitu:

  • Menyembunyikan status online.
  • Melihat pesan dan story yang telah dihapus.
  • Melakukan filter panggilan masuk dari kontak-kontak tertentu.
  • Pilihan emoji yang beragam dibandingkan WhatsApp asli.
  • Tersedia ribuan tema yang bisa digunakan.
  • Restore chat.
  • Background chat yang bervariasi.
  • Pin pesan sampai 1.000 pesan.

Masih ada beberapa WhatsApp mod yang juga menawarkan fitur menyembunyikan status online. Jika Anda ingin mendownload WhatsApp mod lainnya, pastikan dulu bahwa aplikasi mod tersebut memiliki fitur untuk menyembunyikan status online.

Untuk memilih aplikasi mod yang paling cocok, Anda bisa membaca review aplikasi dan melihat berbagai fitur yang ditawarkan. Pastikan bahwa saat mendownload Anda memperolehnya dari sumber terpercaya.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa yang didownload merupakan aplikasi bukan virus yang bisa membahayakan akun maupun smartphone yang digunakan.

Setelah mengetahui beberapa cara aplikasi WhatsApp offline agar tidak terlihat read dan online, Anda bisa mencobanya beberapa cara sekaligus. Beberapa cara yang bisa dicoba di aplikasi WhatsApp resmi ini dilakukan agar Anda bisa terlihat benar-benar offline saat menggunakan aplikasi.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 9 Cara WhatsApp Offline Agar Tidak Terlihat Read dan Online Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://kebangkitan-nasional.or.id/cara-whatsapp-offline/