6 Aplikasi Jual Foto Android yang Bisa Dapat Uang Asli

Aplikasi jual foto bisa menjadi salah satu solusi paling efektif untuk mendapatkan uang tambahan untuk kamu sekalian. Pasalnya, kamu bisa menjual foto jepretanmu sendiri dengan memanfaatkan aplikasi tersebut.

Kamu bisa menawarkannya di aplikasi itu dengan memberinya keterangan yang menarik sebagai daya tariknya tersendiri. Siapa tahu ada orang atau pihak yang berminat membeli fotomu, sehingga mereka menghubungimu.

Selanjutnya, transaksi terjadi dan berakhir dengan terjualnya fotomu tersebut. Dengan berhasil menjualnya, otomatis kamu mendapatkan uang dalam jumlah nominal tertentu. Sangat menarik, bukan? Khususnya kamu yang mempunyai hobi di bidang fotografi perlu mempertimbangkannya.

Namun sebelum menindaklanjutinya, kamu perlu mengetahui informasi perihal aplikasi jualan foto apa saja yang direkomendasikan untuk dipakai. Silahkan membaca uraian di bawah ini dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi Aplikasi Jual Foto

Sudah sedikit diuraian di mukadimah bahwa kamu sekalian bisa menawarkan dan menjual foto-foto hasil jepretanmu di aplikasi digital. Bukan sembarangan aplikasi karena khusus untuk para penggemar fotografi yang ingin menjual hasil jepretan kameranya kepada banyak orang.

Penjualan fotonya secara digital melalui aplikasi-aplikasi yang sebenarnya kamu bisa menemukannya sendiri di dunia maya. Namun demikian, kamu tidak boleh memilih aplikasinya sembarangan karena harus yang terpercaya.

Lalu, apa saja aplikasi jualan foto yang terpercaya dan direkomendasikan untuk digunakan? Berikut informasi selengkapnya.

1. 500px

500px

Inilah salah satu aplikasi berjualan foto terbaik yang direkomendasikan untuk kamu sekalian. Aplikasi ini bisa kamu akses secara gratis, tetapi kamu dibatasi saat mengunggah foto yang ingin dijual.

Diketahui akun gratis diberikan kepada tiap orang dengan pembatasan maksimal 7 foto saja yang boleh diunggah dalam seminggu di situs 500px. Jika kamu ingin bisa mengunggah foto untuk dijual setiap saat dan setiap hari, harus memilih akun yang berlangganan.

Tentu saja kamu perlu membayar dalam nominal tertentu untuk bisa mendapatkan akun berlangganan. Namun demikian, uang yang dibayarkan untuk berlangganan tersebut tidak sebanding dengan pendapatan kamu nantinya saat menjual foto-foto di situs ini.

Apalagi situs 500px sudah mengglobal dan sudah diakses oleh banyak orang dari seluruh dunia. Oleh karena itu, kamu harus membuat dan menciptakan karya fotografi yang bagus agar laku dijual di dunia maya.

Pasalnya, tidak sedikit foto yang laku dijual mempunyai daya tarik tersendiri bagi banyak orang yang ingin membelinya. Fotonya harus unik dan original. Itulah syarat utama yang harus dipenuhi. Terutama kamu yang ingin menjual foto di aplikasi jual foto berskala internasional, seperti 500px.

Dipastikan cukup banyak kompetitor yang sama-sama ingin menjual foto di aplikasi tersebut. Kamu jangan mau kalah dan harus menciptakan foto yang laku dijual. Sebagai seorang yang berprofesi atau hobi fotografi, sudah seharusnya kamu mengetahui seluk beluk bidang tersebut.

Kamu tak perlu banyak-banyak mengunggah foto di aplikasi 500px untuk dijual. Buatlah foto yang sebagus mungkin, terus kamu unggah fotonya di aplikasi tersebut. Sambil menunggu komentar atau ada netizen yang tertarik, kamu dapat hunting atau berburu foto lainnya.

Kamu bisa mengunduh dan menginstal aplikasinya di Play Store. Jika tak menemukannya, kamu dapat mencari file unduhannya secara gratis di situs atau website tertentu.

1. Agora Images

Agora-Images

Nama aplikasi jual foto yang satu ini Agora Images. Salah satu yang direkomendasikan untukmu karena aplikasinya cukup menguntungkan dan menggiurkan. Pasalnya, kamu akan menerima 100 persen hasil penjualan fotonya tanpa dipotong sedikitpun.

Dengan begitu, semakin kamu banyak menjual foto melalui situs Agora, maka penghasilanmu juga semakin meningkat. Tentu saja ada prosesnya terutama kamu yang baru saja menggunakan aplikasinya. Apalagi kamu yang masih di kelas fotografi amatir.

Setelah berhasil bergabung dengan komunitas di Agora Images, kamu akan mendapatkan beberapa keiatimewaan yang masih berkaitan dengan jual beli hasil fotografi. Salah satuya adalah kamu dapat menentukan sendiri penghasilanmu.

Ada tiga tingkatan penghasilan di aplikasi Agora, yaitu Junior, Advanced, Pro, dan Master. Semakin tinggi tingkatannya, maka berbanding lurus dengan penghasilan yang bisa kamu dapatkan per minggu atau per bulannya.

Akan tetapi, semakin tinggi level penghasilan, maka tingkat kesulitannya juga tinggi. Selain itu, resiko dalam transaksi jual beli juga lebih tinggi. Artinya, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan khusus saat memilih tingkatan tertentu.

Jadi, belum tentu kamu bisa memenuhi persyaratannya karena memang belum berpengalaman di bidang ini. Lebih baik kamu bergabung di Agora dengan melalui level paling rendah terlebih dulu, yaitu Junior. Sambil terus belajar dan mengasah keterampilan fotografimu.

Sekaligus mendapatkan penghasilan lumayan yang bisa menambah uang sakumu setiap bulan. Jika sudah merasa mampu, kamu bisa naik level dan seterusnya seperti itu. Hal tersebut lebih nyaman buat kamu dalam mencari penghasilan dengan menjual foto di dunia maya.

Kamu masih mendapatkan lisensi atau hak cipta dari foto originalmu meskipun sudah diunggah dan berhasil dijual. Dengan begitu, kamu masih dapat menjual foto-foto tersebut di tempat atau platform lain secara online maupun offline.

Aplikasi Agora Image juga dapat kamu unduh dan instal secara gratis di Play Store. Namun jika kamu tak menemukan nama aplikasinya, silahkan mencarinya di situs-situs yang menyediakan unduhan gratisnya.

2. EyeEm

EyeEm

Satu lagi aplikasi jual foto yang direkomendasikan untuk kamu coba. Aplikasinya bernama EyeEm. Diketahui aplikasi yang satu ini sudah memiliki member hingga 25 juta orang dari seluruh dunia. Dengan kata lain, sudah 25 juta fotografer bergabung dengan aplikasi EyEm.

Mulai dari fotografer amatir hingga profesional. Masing-masing tentu sudah pernah mengunggah foto hasil karyanya sendiri untuk sekedar dipamerkan atau diperjualbelikan. Kamu juga dapat melakukan hal tersebut dengan tujuan mencari keuntungan dengan menjual foto karyamu sendiri.

Kamu bisa menjual foto beserta mempertahankan hak ciptanya atau tidak. Jika mempertahankan hak cipta dari foto yang berhasil dijual, kamu akan mendapatkan bayaran 50 persen dari harga jualnya. Namun jika kamu menjual foto beserta hak ciptanya, 100 persen komisi menjadi hakmu.

Kamu yang masih mempertahankan hak cipta bisa menawarkan atau menjual kembali foto yang terjual itu di tempat, aplikasi, atau platform lainnya. Sementara jika kamu tak mempertahankan hak ciptanya, keseluruhan foto tersebut sudah menjadi milik orang lain.

Diketahui bahwa aplikasi EyeEm mematok pendapatan terendah untuk sebuah foto yang terjual adalah sebesar USD 20 atau sekitar Rp 290.000. Itulah bayaran terendah yang bisa kamu miliki jika berhasil menjual satu buah foto dengan hak ciptanya sekalian.

Namun jika kamu ingin mempertahankan hak ciptanya, bayaran yang kamu terima paling rendah adalah USD 10 atau sekitar Rp 145.000. Nominal uang yang cukup lumayan bisa kamu dapatkan jika mau bergabung menjadi member EyeEm.

USD 20 adalah nominal terkecil yang bisa kamu dapatkan. Jika fotomu benar-benar bagus, keren, dan unik sangat mungkin dihargai lebih dari nominal itu. Oleh karenanya, kamu harus hunting foto-foto yang masuk kriteria bernilai jual tinggi, sehingga uang yang didapatkan semakin banyak.

Baca Juga:  Emoji Mix APK TikTok (Tikoalu) Versi Terbaru 2022 Download

Lalu, apakah kamu mau mencobanya? Jika iya, harus mengunduh dan menginstal aplikasinya terlebih dulu melalui Play Store secara gratis.

3. Foap

Foap

Foap merupakan salah satu aplikasi jual foto yang terbesar di dunia. Kamu bisa menjual foto karya fotografimu di aplikasi ini untuk mendapatkan uang tambahan. Jika berhasil menjual sebuah foto, kamu akan mendapatkan bayaran sebesar 50 persen dari harga jual fotomu yang terjual.

Kamu bisa memulai dengan mengunduh, menginstal aplikasinya terlebih dulu. Lalu, buatlah akun pribadi untuk bisa login ke dalam aplikasinya. Setelah itu, kamu dapat memulai aktifitas di Foap dengan mengunggah foto-foto keren melalui akunmu.

Siapa tahu ada yang melirik dan tertarik dengan fotomu. Jika ada berhasil terjual, pastinya kamu bisa mendapatkan nominal uang dalam jumlah tertentu. Selain dari menjual foto, kamu juga bisa mendapatkan uang di Foap dari even atau kompetisi yang diselenggarakan.

Sudah pasti kompetisinya masih berkaitan dengan bidang fotografi. Kamu bisa mengikutinya dan berhak mendapatkan uang serta hadiah dalam bentuk lain, jika berhasil memenangkannya. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu sekalian yang hobi fotografi.

Meskipun hanya hunting foto dengan smartphone saja, tetapi bisa diunggah dan dijual di Foap untuk mendapatkan uang yang menggiurkan. Tentu saja smartphone dengan fitur kamera beresolusi tinggi, sehingga bisa mendapatkan gambar berkualitas bagus dan keren.

Selain itu, kamu juga membutuhkan aplikasi tambahan foto editor yang bermanfaat untuk mengedit foto-foto hasil jepretanmu. Kamu tertarik dengan aplikasi ini? Silakan mengunduh dan menginstalnya dulu di Play Store.

4. Scoopshot

Scoopshot

Ada lagi aplikasi jual foto yang bernama Scoopshot. Aplikasi ini membebaskan para member yang sudah bergabung menentukan harga foto yang dijual secara online. Dengan begitu, kamu bisa mengunggah sebuah foto keren, lalu membandrolnya dengan harga sesuai keinginannmu.

Tentu saja harganya masih dalam batasan normal dan sesuai syarat ketentuan yang diberlakukan di aplikasi ini. Kamu jangan membandrol fotomu dengan harga terlalu murah atau terlalu mahal. Berilah harga yang sewajarnya meskipun sebuah foto tidak dapat dinilai secara objektif.

Untuk bisa menentukan harga yang cocok, kamu dapat membuka dan melihat-lihat dulu unggahan foto dari member lainnya sekaligus bandrolan harganya. Dengan begitu, kamu bisa menentukan harga fotomu paling cocok.

Tema untuk foto yang diunggah di aplikasi Scoopshot juga bebas. Mulai dari alam, aktivitas keseharian, sosial, human interesting, religius, dan lain sebagainya. Jangan mengambil tema kontroversial yang bisa ditolak oleh pihak admin.

Selanjutnya, kamu harus memilih dan mengunggah foto hasil karyamu sendiri yang paling keren. Sekali lagi, pilihlah yang paling bagus, keren, unik, dan original agar mempunyai daya tarik serta nilai jual tinggi. Itulah foto yang akan membuatmu mendapatkan uang tambahan banyak.

Jangan sampai mengunggah foto karya orang lain yang sudah diedit. Itu namanya plagiat. Jika ketahuan mengambil atau menjiplak karya fotografi orang lain, akunmu di Scoopshot akan segera dibanned dan diblokir oleh pihak developer yang besangkutan.

Jika sudah dibanned, otomatis kamu tidak dapat beraktifitas di aplikasinya, seperti mengunggah dan menjual foto lagi. Oleh karena itu, kamu harus selalu mentaati tata tertib dan persyaratan yang diberlakukan di aplikasi ini.

Kamu yang penasaran dengan aplikasi ini dan ingin bergabung di dalamnya silahkan untuk mengunduh dan menginstal aplikasinya terlebih dulu. Selamat mencobanya.

5. Shutterstock Contributor

Shutterstock-Contributor

Aplikasi jual foto yang satu ini sudah populer hingga seluruh dunia. Pasalnya, aplikasinya mampu bertahan hingga sekitar 15 tahun hingga sekarang. Sudah jutaan member yang bergabung di dalamnya. Selain itu, sudah jutaan foto yang diunggah di aplikasinya.

Salah satu aplikasi penjualan hasil fotografi yang tertua di dunia. Aplikasi ini terbukti terpercaya hingga mampu menggaet banyak fotografer sekaligus kontributor freelance bidang fotografi dari seluruh dunia. Jika tak terpercaya, tak mungkin aplikasinya bisa bertahan hingga 15 tahun.

Hasil fotografi dari kontributor yang layak dan sesuai kriteria akan dibeli dengan harga yang cocok. Harga yang bisa disebut istimewa terutama kamu yang masih amatiran di bidang ini. Namun demikian, kamu harus bersaing dengan banyak fotografer dari seluruh dunia.

Bukan hanya fotografer amatiran saja, tetapi tidak sedikit fotografer profesional menjadi kontributor dari aplikasi ini. Diketahui pihak developer sudah menggelontorkan uang lebih dari USD 1 milyar atau sekitar Rp 14,4 triliun untuk membayar semua foto yang dibeli dari kontributor.

Tiap kontributor akan menerima komisi sebesar 20 hingga 30 persen dari harga setiap penjualan foto. Jaidi, fotomu sebagai kontributor akan dijual lagi kepada pihak lain. Nah, hasil penjualan fotomu tersebut yang sebagian menjadi komisimu.

Namun sayangnya, sangat sulit menembus persaingan di Shutterstock Contributor, apalagi kamu yang masih amatiran. Mereka hanya menerima hasil fotografi dari fotografer berpengalaman dan memiliki riwayat bagus untuk dibeli.

Akan tetapi, tidak ada salahnya kamu coba masuk ke dalam aplikasinya untuk melamar menjadi kontributornya. Jika tak diterima, kamu masih bisa melihat banya foto keren dari fotografer profesional di seluruh dunia. Kamu bisa mempelajari sekaligus mengaguminya.

6. Snapwire

Snapwire

Satu lagi aplikasi jual foto yang perlu kamu ketahui informasinya. Aplikasi ini juga direkomendasikan untuk kamu sekalian karena terbukti terpercaya. Diketahui Snapwire sudah memiliki member sekaligus kontributor lepas berjumlah 800.000 orang lebih dari seluruh dunia.

Tentu saja sebagian besar diantaranya sudah berpengalaman di bidang fotografi, sehingga foto-foto hasil karyanya sangat layak untuk dijual. Namun demikian, tidak ada salahnya kamu coba bergabung menjadi kontributor di aplikasi ini. Siapa tahu diterima dan menjadi kontributornya.

Jika berhasil, kamu dapat segera mengunggah foto-foto kerenmu agar dapat dinilai apakah layak untuk diperjualbelikan atau tidak. Jika layak, pihak admin aplikasi akan menghubungimu untuk membicarakan hal-hal teknis lainnya.

Kamu berhak mendapatkan komisi pembayaran sebesar 50 persen dari tiap foto yang berhasil terjual di Snapwire. Semakin mahal harga fotonya, maka uang yang berhak kamu dapatkan juga semakin besar.

Selain menjual foto hasil karya fotografi, kamu juga dapat mengikuti challengers atau permintaan yang diselenggarakan oleh pihak developer aplikasi tersebut. Jika berhasil menang, kamu bisa mendapatkan hadiah yang menarik.

Hadiahnya bisa berupa nominal uang. Kamu yang berhasil memenangkan challengers tersebut bisa mendapatkan hadiah uangnya tanpa ada potongan sedikitpun. Bagaimana? Cukup menggiurkan, bukan?

Oleh karena itu, silahkan kamu mengunduh dan menginstal aplikasinya jika tertarik untuk bergabung menjadi member Snapwire.

Sekarang, kamu sudah mengenal beberapa aplikasi jual foto yang ada di dunia maya. Semuanya direkomendasikan untuk kamu coba dan ikuti. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan uang tambahan dari hasil penjualan foto-foto di aplikasi tersebut. Selamat mencoba.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 6 Aplikasi Jual Foto Android yang Bisa Dapat Uang Asli Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://kebangkitan-nasional.or.id/aplikasi-jual-foto/

Leave a Comment