5 Aplikasi Akuntansi Terbaik untuk Laptop dan PC

Menjalankan sebuah perusahaan tentu bukanlah tugas yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari kerugian bagi perusahaan Anda.

Salah satu hal penting yang harus Anda kelola dengan cermat adalah keuangan Anda. Semua transaksi keuangan, baik internal maupun eksternal yang terkait dengan perusahaan, harus dicatat sedetail mungkin sebagai bagian dari proses tata kelola perusahaan.

aplikasi akuntansi

Semua perusahaan di semua sektor, baik perusahaan kecil maupun besar, perlu melakukan proses manajemen ini agar mereka mengetahui semua perkembangan keuangan perusahaannya. Proses pencatatan juga dapat disesuaikan dengan jumlah transaksi yang dilakukan.

Jika transaksi perusahaan masih kecil, pencatatan manual sudah cukup. Namun, jika Anda memiliki banyak transaksi keuangan, Anda perlu menggunakan aplikasi akuntansi di laptop/PC Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini meskipun perusahaan Anda masih kecil atau perdagangan Anda rendah. Merupakan aplikasi keuangan yang dengan rapi menyimpan berbagai data transaksi dan memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan.

Ada banyak aplikasi yang direkomendasikan untuk membantu Anda mencatat transaksi keuangan Anda. Aplikasi ini meliputi:

1. akurat

Aplikasi keuangan pertama yang sangat direkomendasikan adalah Akurat. Aplikasi keuangan ini cocok digunakan di berbagai bidang perusahaan karena memiliki fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Software aplikasi akuntansi untuk laptop/PC ini dirilis oleh CPSoft yang terkenal dengan kualitasnya yang tinggi. Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi pendukung seperti penjualan, pembelian, buku besar, persediaan, aktiva tetap, kas/perbankan, biaya kerja, dan otorisasi pengembalian barang (RMA).

Anda dapat menginstal aplikasi yang tepat untuk menggunakan aplikasi ini di sini.

Baca Juga : 13 Aplikasi Edit Video PC & Laptop Terbaik

2. Akuntansi Lebah

Selain tepat, aplikasi keuangan lain yang juga populer di perusahaan besar adalah akuntansi. Aplikasi keuangan ini dinilai memiliki beragam fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, termasuk mempersiapkan kebutuhan perpajakan.

Menariknya, aplikasi akuntansi lebah ini memiliki beberapa versi, seperti versi desktop dan cloud, sehingga memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengakses aplikasi menggunakan berbagai perangkat. Fungsionalitas yang disediakan oleh aplikasi ini sebenarnya mirip dengan aplikasi keuangan lainnya.

Namun aplikasi akuntansi di laptop/PC ini memiliki rangkaian manfaat yang sangat lengkap, mulai dari tersedianya berbagai desain formulir transaksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, hingga tampilan laporan keuangan dan pajak yang mudah dipahami.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi akuntansi terbesar ke-2 di Indonesia, Anda dapat menginstal aplikasi tersebut. di sini.

3. Acosis

Aplikasi keuangan berikutnya yang mungkin bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mengatur keuangannya adalah acosys. Aplikasi yang dibuat oleh PT. Acosys Global Data dikenal dengan banyak fitur canggihnya yang dapat menyederhanakan proses manajemen.

Mulai dari inventory, cash flow hingga laporan keuangan bisa Anda dapatkan melalui aplikasi akuntansi di laptop/PC ini. Selain itu, aplikasi ini juga dikenal dengan respon cepat ke call center menggunakan fungsi real-time chat untuk menyelesaikan berbagai masalah dengan cepat.

Anda dapat mengunduh dan membaca informasi terperinci untuk menggunakan aplikasi all-in-one ini. di sini.

4. Avipro

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi keuangan berkualitas tinggi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi AbiPro. AbiPro sendiri merupakan aplikasi keuangan yang sudah ada selama hampir 35 tahun, mulai tahun 1985.

AbiPro dikenal sebagai aplikasi keuangan dengan fitur lengkap mulai dari buku besar, inventaris, pembelian, penjualan hingga hutang. Anda juga dapat melihat tampilan lengkap dari laporan keuangan perusahaan Anda untuk menggunakannya sepenuhnya.

Baca Juga:  Cara Transfer OVO Ke DANA + Syarat yang Harus Dipenuhi

Untuk menggunakan aplikasi Lowongan Kerja Fakultas Akuntansi ini, Anda dapat mengunduhnya. di sini.

5. Pina

Aplikasi akuntansi laptop/PC lain yang direkomendasikan oleh banyak perusahaan besar, FINA. FINA adalah aplikasi keuangan yang dibuat oleh Immatek, sebuah perusahaan pengembang aplikasi terkenal yang berbasis di Jakarta.

Didirikan pada tahun 2006, perusahaan telah berhasil menciptakan aplikasi keuangan yang dapat memberikan banyak manfaat kepada pengguna. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain fitur pembelian, penjualan, persediaan, buku besar, kas bank dan aset tetap.

Anda dapat menggunakan fitur aplikasi akuntansi laptop/PC ini untuk mendapatkan laporan keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Download aplikasinya di sini Untuk informasi lebih lanjut.

Baca lebih lanjut: Cara mengambil screenshot di laptop dan PC lengkap

Ini adalah beberapa aplikasi akuntansi yang paling direkomendasikan untuk perusahaan besar bagi mereka yang ingin mengatur laporan keuangan perusahaan mereka secara instan. Untuk mendapatkan laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu melakukan beberapa pertimbangan sebelum memilih aplikasi yang akan digunakan. Pertimbangan tersebut antara lain:

Fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Saat memilih aplikasi akuntansi di laptop/PC, hal pertama yang harus diperhatikan adalah fitur apa saja yang dimiliki aplikasi tersebut. Anda harus memilih aplikasi yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Jika Anda tidak memilih aplikasi keuangan berdasarkan fitur yang Anda butuhkan, laporan keuangan yang dihasilkan bisa jadi tidak efektif. Fitur yang ditawarkan memang terbatas, namun jika fitur tersebut memenuhi kebutuhan Anda, maka dapat membuat catatan keuangan perusahaan Anda lebih bersih.

Aplikasi yang mudah digunakan

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat memilih aplikasi keuangan adalah kemudahan penggunaan aplikasi tersebut. Banyak perusahaan yang mengatakan bahwa aplikasi akuntansi pada laptop/PC berfitur lengkap belum tentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena fitur tersebut belum tentu tersedia.

Fakta bahwa banyak perusahaan tidak sepenuhnya memahami bagaimana memanfaatkan berbagai fitur dalam aplikasi mereka membuat aplikasi sebagus perusahaan tidak dapat digunakan tanpa fitur yang ramah pengguna. Sebaiknya Anda memilih aplikasi yang menggunakan metode sederhana dan mudah dipahami untuk melakukan setiap aktivitas pencatatan keuangan perusahaan Anda dengan cepat dan mudah.

Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan pengembang aplikasi untuk pelatihan dan klarifikasi lebih lanjut sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi akuntansi di laptop/PC Anda.

Mungkin Anda akan membutuhkan: Cara merawat komputer dengan benar agar lebih awet

Pertimbangkan persyaratan perusahaan

Saat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi keuangan dalam perusahaan Anda, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan perusahaan Anda. Pertama, pertimbangkan apakah kapabilitas tim dapat sesuai dengan kapabilitas aplikasi dan kesesuaian aplikasi dengan jenis perusahaan.

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi untuk aplikasi tertentu, pastikan Anda benar-benar membutuhkan aplikasi keuangan. Diskusikan dengan seluruh tim yang perlu memilih aplikasi mana yang akan digunakan agar aplikasi tersebut dapat memenuhi semua kebutuhan perusahaan. Setelah berkonsultasi dengan seluruh tim, Anda dapat mengetahui kebutuhan perusahaan Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih aplikasi akuntansi di laptop/PC Anda, yang akan berdampak baik bagi perusahaan Anda. Catatan keuangan yang didukung oleh aplikasi keuangan yang tepat akan meningkatkan operasional perusahaan Anda.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 5 Aplikasi Akuntansi Terbaik untuk Laptop dan PC

Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://www.localstartupfest.id/aplikasi-akuntansi/