4 Cara Cek Nomor Internet Indihome via Struk, Aplikasi, dll

Cara cek Nomor internet Indihome harus diketahui oleh semua pengguna atau peserta. Mengetahui nomor yang digunakan untuk melakukan pembayaran sangat penting. Karena bisa juga dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti melakukan upgrade layanan.

Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan ini dengan baik. Agar tidak mengalami masalah ketika ingin mengganti layanan atau melakukan proses pembayaran. Ada baiknya untuk menyimak beberapa hal yang akan dibahas di bawah ini dengan saksama.

Pengecekan no internet indihome sudah bisa dimanfaatkan untuk mengetahui seberapa besar kuota yang masih. Jadi simak beberapa ulasan yang akan dibahas berikut ini agar mengetahui bagaimana langkah paling mudah untuk mengecek no internet serta informasi lain di dalamnya.

Mengenal Layanan Indihome

Mengenal-Layanan-Indihome

Layanan indihome awalnya bernama Telkom Speedy. Layanan ini sudah muncul pada awal 2000-an dan menjangkau banyak wilayah di seluruh Indonesia. Apalagi layanan Telkom sudah ada di beberapa kota kecamatan bahkan yang pelosok sekalipun.

Setelah mengalami beberapa perubahan akhirnya dilakukan proses rebonding sehingga namanya menjadi indihome. Tinggal sekarang internet yang disediakan oleh PT Telkom menjadi indihome dan menjangkau sebagian besar wilayah yang ada di Indonesia.

Layanan yang ditawarkan cukup bervariasi mulai dari layanan khusus internet saja atau bergabung dengan beberapa layanan digital lainnya. Normalnya layanan yang diberikan adalah layanan dalam bentuk internet beserta dengan telepon rumah. Tetapi juga ada yang dalam bentuk TV kabel.

Karena memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jaringan internet yang ditawarkan oleh indihome ini bisa sampai ke tempat yang sangat dalam sekalipun. Jadi akses internet bisa berjalan dengan baik meskipun kamu berada di kawasan yang sangat pelosok.

Apalagi saat ini layanan yang ditawarkan sudah semakin beragam. Bahkan kecepatannya juga sangat tinggi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi layanan internet yang nantinya diterima bisa sesuai dengan keinginan semua orang.

Jenis Layanan Indihome

Jenis layanan indihome yang ditawarkan kepada seluruh pengguna cukup bervariasi. Berikut beberapa jenis layanan yang bisa dimanfaatkan secara maksimal.

1. Internet

Internet

Biasanya layanan internet yang disediakan oleh indihome akan menjadi satu dengan layanan telepon kabel. Tetapi beberapa orang ada juga yang hanya menggunakan internet karena dimanfaatkan untuk kebutuhan baik saja yang ada di rumah atau di tempat kerja.

Jadi tidak perlu menggunakan telepon tetapi masih memanfaatkan layanan internet sesuai dengan jenis paket yang ditawarkan oleh indihome. Dalam paket ini biasanya akan ada biaya pendaftaran dan juga biaya penyewaan alat untuk pertama kali.

2. Internet dan Telepon

Internet-dan-Telepon

Apabila ingin menggunakan layanan ini maka bisa langsung dipilih. Mainan telepon yang menjadi satu dengan internet cocok sekali untuk mereka yang memiliki perusahaan atau usaha sehingga membutuhkan komunikasi yang baik dan juga jaringan internet yang stabil.

3. Internet, Telepon, dan TV Kabel

Internet-Telepon-dan-TV-Kabel

Pakai terakhir atau layanan yang paling banyak digunakan adalah yang paling komplit. Layanan ini tersedia dalam bentuk internet beserta dengan telepon dan TV kabel. Jadi semua layanan digital dan internet didapatkan dengan mudah.

Baca Juga:  5 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark dan Aplikasi

Dengan menggunakan layanan ini maka kamu bisa menggunakan wi-fi untuk berbagai kebutuhan seperti bekerja atau berbisnis. Selanjutnya telepon juga bisa digunakan untuk komunikasi agar berjalan dengan baik.

Terakhir TV kabel juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan layanan Fikrirasy.ID yang berkualitas. Jadi, tidak perlu makan jaringan TV standar yang terkadang harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang ada saat itu.

Cara Cek Nomor Internet Indihome

Cara-Cek-No-Internet-Indihome

cara cek nomor internet indihome bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah di bawah ini. Kamu bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan.

1. Struk Pembayaran Sebelumnya

Cara paling mudah untuk mengetahui no dari indihome adalah dengan memanfaatkan struk pembayaran sebelumnya. Biasanya saat melakukan pendaftaran internet ini akan ada struk bukti pembayaran yang berisi beberapa informasi termasuk nomor anggota yang diberikan.

Apabila merasa tidak tahu lebih baik mencari struktur tersebut atau ketika kamu membayar tagihan di konter pulsa. Biasanya mereka akan memiliki layanan seperti ini dan juga memberikan semacam struk yang berisi informasi jumlah tagihan dan juga nomor anggota.

Apabila sudah mendapatkannya kamu bisa segera menyimpan informasi itu ke dalam ponsel. Jadi apabila di kemudian hari truk tersebut hilang Kamu bisa memiliki backup sehingga ketika akan membayar cukup Membuka catatan yang ada pada ponsel tersebut.

2. Struk Digital

Beberapa orang lebih suka melakukan pembayaran indi home dengan menggunakan layanan digital. Dengan menggunakan layanan digital tersebut kamu bisa membeli pulsa ataupun membayar tagihan indihome dengan lebih muda dan mendapatkan bukti pembayaran ke dalam email.

Biasanya bukti pembayaran itu akan masuk ke sana berisi informasi jenis pembayaran yang sudah dilakukan. Selain itu kamu juga tidak perlu memusingkan nomer peserta karena Biasanya juga langsung muncul di sana sehingga bisa didownload untuk dicetak.

Apabila tidak mau mencetak bisa langsung dicatat nomer anggota atau peserta yang ada di sana. Jadi kamu tidak perlu khawatir apabila tidak mau melakukan login atau menggunakan aplikasi My indihome yang sudah ditawarkan oleh pihak provider ketika melakukan pendaftaran.

3. Situs Resmi

Indihome memiliki situs resmi yang bisa digunakan juga untuk mengecek tagihan dan juga melihat nomor kepesertaan atau anggota. Dengan menggunakan situs ini kamu juga bisa mengetahui kira-kira berapa kuota yang sudah digunakan dalam periode 1 bulan.

Untuk bisa menggunakan situs resmi ini untuk melakukan pengecekan nomor internet indi home. Kamu harus melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran ini bisa dilakukan gratis. Selanjutnya kamu akan memiliki akun untuk melakukan proses pengecekan data.

Apabila mengalami masalah saat melakukan proses pendaftaran ini tidak ada salahnya untuk menghubungi pihak dari indihome. Jadi mereka akan membantu sehingga seluruh proses yang dilakukan bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan sama sekali.

4. Aplikasi My Indihome

Aplikasi My indihome juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap nomer peserta atau anggota. Selain itu aplikasi juga bisa digunakan untuk melihat kuota data yang sudah digunakan dalam 1 hari.

Aplikasi My indihome adalah bentuk mudah atau sederhana dari website yang digunakan. Jadi kamu bisa menggunakan akun yang sudah dimiliki pada website untuk melakukan login dengan menggunakan aplikasi My indihome.

Cara Cek Kuota Indihome

Cara-Cek-Kuota-Indihome

Selain mengetahui cara cek nomor internet indihome. Anda juga harus mengetahui bagaimana cek kuota yang dimiliki oleh internet tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk cek kuota indihome.

1. Memakai SMS

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan adalah dengan memanfaatkan layanan SMS. Untuk bisa menggunakan layanan ini ikuti beberapa langkah yang akan disajikan di bawah ini.

  • Masuk terlebih dahulu ke dalam layanan SMS yang ada pada ponsel Android atau ponsel iOS yang dimiliki.
  • Selanjutnya ketik sms dengan menggunakan format di bawah ini:
Baca Juga:  8 Aplikasi Edit PDF Online & Offline Terbaik untuk PC

ISP <spasi> IH <spasi> Kode Area + Nomor Telepon IndiHome

  • Setelah format dibuat dan menggunakan nomor yang benar. Segera kirim SMS ke 98108.
  • Tunggu beberapa saat karena biasanya akan muncul informasi terkait dengan berapa sisa kuota yang sudah digunakan.

2. Pakai My Indihome

Selanjutnya bisa menggunakan aplikasi My indihome. Apabila ingin menggunakan aplikasi ini maka ikuti beberapa langkah yang tersaji di bawah ini.

  • Masuk terlebih dahulu ke dalam aplikasi My indihome.
  • Apabila belum memilikinya bisa melakukan download dengan menggunakan Play Store lalu membuat akun di sana.
  • Setelah masuk ke dalam halaman utama dari My indihome, kamu bisa mengetahui langsung kuota yang digunakan.
  • Selain itu bisa juga digunakan untuk melihat nomor anggota yang digunakan dan beberapa informasi penting.

3. Pakai Situs Resmi

Terakhir bisa menggunakan situs resmi. Untuk bisa menggunakan situs resmi kamu hanya perlu melakukan proses login terlebih dahulu seperti layaknya melakukan pengecekan nomor peserta Indihome.

Untuk mengetahui sisa kuota atau kuota yang sudah digunakan bisa menuju ke bagian rincian. Di sana terdapat informasi terkait kuota yang sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Tips Menggunakan Indihome

Tips-Menggunakan-Indihome-1

Seperti yang sudah di kasih atas jika layanan dari indihome masih memiliki batas pemakaian normal. Apabila melebihi batas ini maka kecepatan akan diturunkan cukup drastis. Itulah kenapa, kamu harus mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Pantau Pemakaian Harian

Tips menggunakan indihome terbaik dan bisa diterapkan oleh semua orang adalah dengan melakukan pemantauan penggunaan setiap harinya. Normalnya, dalam satu hari harus digunakan 10-20 GB saja. Apalagi hanya membeli paket yang paling rendah.

Apabila sudah lebih dari itu maka di akhir periode kecepatan internet akan diturunkan dengan cukup tajam. Jadi, disarankan untuk selalu membatasi penggunaan internet dalam satu hari. Ada baiknya memasang semacam alat yang bisa mendeteksi penggunaan dari internet.

Jadi, dalam satu hari bisa terpantau dengan baik kira-kira berapa GB yang sudah digunakan. Apabila lebih dari itu maka pada hari berikutnya harus dikurangi penggunaannya. Atau jika dalam satu hari tidak melewati batas itu sisanya bisa digunakan di kemudian hari.

2. Hindari Download File Besar

Menggunakan internet dari provider broadband akan memberikan cukup banyak kelebihan. Salah satu kelebihan itu adalah dengan mudahnya untuk melakukan proses download berbagai jenis file. Bahkan file yang ukuran besar sekalipun bisa didownload dengan mudah dan kecepatannya tinggi.

Sayangnya apabila kamu download file besar setiap harinya. Batas penggunaan wajar akan semakin mudah untuk tercapai. Bahkan belum setengah bulan saja kemungkinan besar internet bisa diturunkan kecepatannya sehingga tidak bisa bergerak dengan cepat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal itu adalah dengan melakukan pembatasan ketika melakukan download. Kamu harus membatasi Berapa banyak hal yang harus di-download dalam satu hari sehingga kecepatan bisa terjaga stabil.

3. Batasi Pengguna

Lebih baik batasi pengguna dari internet yang sedang dipakai. Biasanya wi-fi akan menjadi sangat lemot apabila dalam satu rumah akan digunakan lebih dari 5 orang. Apalagi kamu memilih paket internet yang kecepatannya tidak terlalu tinggi.

Apabila tidak mau mengalami hal semacam itu lebih baik dibatasi terlebih dahulu. Pembatasan ini dilakukan untuk menghindari banyaknya pengguna yang memakan bandwidth terlalu besar. Apalagi semua pengguna juga melakukan download bersamaan.

Selain membatasi pengguna kamu juga bisa membagi wi-fi menjadi beberapa user. Misal kamu membagi user pertama dengan kecepatan beberapa persen lalu sisanya kamu gunakan sendiri. Apabila melakukan ini maka kecepatan akan tetap stabil karena orang lain akan memakai jaringan yang dibagi.

Baca Juga:  4 Cheat Higgs Domino Slot Auto Jackpot (WIN) Terbaru 2022

4. Kontrol Pemakaian Mingguan

Terkadang seseorang tidak bisa mengontrol atau malas mengontrol penggunaan internet harian. Jadi daripada kamu merasa repot harus mengecek penggunaan internet harian bisa diubah pengecekannya selama satu minggu satu kali.

Misal dalam satu minggu kamu hanya mencetaknya maksimal 100 GB saja. Apabila dalam satu minggu sudah melebihi itu. Berarti pada minggu selanjutnya harus dihemat agar kecepatan dari internet masih tetap stabil ketika digunakan untuk apapun.

Jadi mulai dari awal hingga akhir kecepatan akan tetap stabil atau kalaupun sudah melebihi batas penggunaan wajar. Kamu tidak akan terkena FUP yang kedua kali sehingga kecepatan dari internet akan tersisa hingga 40% saja.

5. Diberi Password

Normalnya wi-fi yang berasal dari indihome akan memiliki password. Jadi orang yang ada di rumah bisa langsung menggunakannya begitu masuk ke dalam rumah. Apabila melakukan cara ini maka bisa saja kecepatan dari internet akan mengalami penurunan.

Selain itu bukan hanya orang yang ada di dalam rumah saja yang bisa menggunakan. Terkadang orang lain yang berada di luar juga bisa menggunakan karena wi-fi yang digunakan tidak diberi pengamat atau password sehingga tersambungnya sangat mudah.

Salah satu cara untuk menyiasati hal itu adalah dengan memberikan password. Selain itu penggunaan password ini juga harus diganti setiap hari secara rutin. Jadi orang yang pernah menggunakan dan tersambung tidak akan bisa connect secara otomatis.

6. Pilih Sesuai Paket

Seperti yang sudah dituliskan di atas sebenarnya ada beberapa jenis paket internet dari indihome yang ditawarkan kepada semua. Setiap paket memiliki spesifikasi tersendiri mulai dari kecepatan atau bandwidth yang ditawarkan. Hingga ke batas penggunaan minimum yang diberikan.

Apabila di dalam rumah jumlah penggunanya sedikit maka memakai paket yang paling kecil sekalipun tidak akan menjadi masalah. Sebaliknya jika pengguna Ada sangat banyak maka harus menggunakan paket yang lebih besar Karena kecepatan semakin tinggi dan FUP juga besar.

Sebenarnya harga antara paket satu dan yang lain tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Jadi alangkah baiknya apabila kamu bisa memilih paket yang paling sesuai atau masuk akal tetapi masih masuk budget yang dimiliki.

7. Waspada Penyusup

Terakhir dan tidak kalah penting adalah harus mewaspadai penyusup atau orang-orang yang menggunakan jaringan utuh untuk kepentingan mereka sendiri.

Apabila mereka masuk ke dalamnya maka kamu akan sulit untuk mendapatkan kecepatan tinggi karena mereka akan menguras bandwidth yang dimiliki untuk download atau sejenisnya.

Itulah kenapa disarankan untuk melakukan proses pengecekan harian. Dengan begitu kamu bisa mengetahui kira-kira ada penyusup atau tidak. Selanjutnya kamu juga harus mengganti password rutin setiap harinya.

Cara cek nomor internet Indihome bisa dilakukan dengan banyak langkah. Seperti yang sudah dituliskan di atas Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi. Selain itu langkah yang paling mudah adalah dengan menggunakan struk pembayaran yang sudah dipakai sebelumnya.

Intinya setelah mengetahui no internet indi home yang digunakan, kamu bisa melakukan proses penyimpanan terlebih dahulu. Dengan begitu apabila dibutuhkan di kemudian hari bisa dimanfaatkan tanpa harus melakukan proses penyaringan terlebih dahulu. Apalagi dalam kondisi terdesak.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 4 Cara Cek Nomor Internet Indihome via Struk, Aplikasi, dll Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://rsddrsoebandi.id/cara-cek-nomor-internet-indihome/