20 Aplikasi Edit Video PC Gratis dan Berbayar Terbaik 2021

kebangkitan-nasional.or.id – Aplikasi edit video PC merupakan salah satu piranti yang sanga penting bagi para content creator. Saat ini ada banyak jenis aplikasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari yang menawarkan beragam fitur menarik hingga aplikasi yang ringan untuk perangkat PC.

Sebelum memilih aplikasi edit video yang diinginkan, Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi perangkat PC yang digunakan. Tujuannya agar proses editing berjalan lancar dan tidak menemui kendala yang berarti seperti lag dan lainnya.

Daftar Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

Agar hasil edit video di PC terlihat bagus dan maksimal, Anda harus jeli dalam memilih aplikasi yang akan digunakan untuk keperluan edit video. Aplikasi edit video sendiri tersedia dalam versi gratis maupun berbayar sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan seperti berikut ini.

1. Windows Movie Maker

Windows-Movie-Maker

Jika Anda menginginkan aplikasi edit video PC yang gratis, maka pilihan yang terbaik adalah Windows Movie Maker. Aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna Windows dan sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik seperti efek, transisi, trek audio, dll.

Aplikasi edit video gratis ini memungkinkan Anda untuk membagikan hasil video tersebut ke berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Youtube, dll. Namun begitu, aplikasi ini rupanya sudah dihentikan Microsoft jadi Anda harus mengunduhnya di situs yang terpercaya.

2. Microsoft Windows 10 Photos

Microsoft-Windows-10-Photos

Aplikasi edit video ini gratis dan merupakan aplikasi bawaan di Windows 10 sehingga sudah terpasang di perangkat PC sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya lagi. Dan jika belum terpasang di PC maka Anda bisa dengan mudah mengunduhnya melalui Microsoft Store.

Dengan menggunakan mode Video Otomatis, maka aplikasi edit video ini bisa secara otomatis mengubah foto menjadi video. Fitur ini tentu saja akan sangat membantu Anda dan lebih menghemat waktu, terutama jika Anda tidak mampu untuk melakukan editing.

Sementara untuk mengubah ukuran video, menambahkan filter, memangkas, teks, gerakan, serta efek 3D, Anda bisa menggunakan fitur Video Custom. Fitur lainnya yang disediakan oleh aplikasi bawaan ini diantaranya adalah:

  • Format masukan AVI, ASF, MPG, M1V, MP2V, MPV2, WM, dll.
  • Format keluaran DV AVI atau Windows Media Video (WMV).

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa digunakan secara gratis untuk mengedit basic video. Namun aplikasi ini juga memiliki kekurangan karena tidak mendukung format file modern serta koreksi efek visual di dalamnya.

3. Wondershare Filmora

Wondershare-Filmora

 

Aplikasi edit video PC ini tersedia di perangkat Windows maupun iOs iMac dengan peningkataan kinerja yang signifikan secara menyeluruh. Hal ini membuat proses editing terasa berbeda sehingga sangat cocok untuk edit video di PC baik bagi pemula maupun menengah.

Adapun kelebihan dari aplikasi Wondershare Filmora adalah:

  • Rendering video dilakukan secara real time sehingga proses editing berjalan lancar, bahkan jika Anda melakukan edit untuk rekaman 4K.
  • Menyediakan berbagai macam efek video level atas, termasuk diantaranya adalah musik yang bebas hak cipta, transisi, elemen gerak, dll.
  • Memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai tindakan seperti memangkas, menggabungkan, dan berbagi video dalam waktu singkat dengan beberapa klik saja.
  • Adanya fitur keyframing audio dan equalizer audio akan menyempurnakan Fikrirasy.ID, selain itu juga tersedia fitur untuk menghapus kebisingan di latar belakang.
  • Tersedia alat untuk penyetelan warna sehingga hasil edit video terlihat sangat menarik dengan kualitas yang bagus ala film Hollywood.
  • Sudah mendukung beberapa format yang berbeda seperti AVI, MOV, MP4, MKV, dan AVCHID.
Baca Juga:  10 Cara Sadap WA (WhatsApp) Tanpa Verifikasi Terbaru 2022

4. Avidemux

Avidemux

Aplikasi edit video PC lainnya yang gratis adalah Avidemux yang efektif untuk menambahkan filter, memangkas, hingga edit video sederhana di perangkat Windows. Meskipun gratis, aplikasi ini sudah mendukung berbagai jenis format seperti MPEG, MP4, ASF, DVD dan AVI.

Desain yang disajikan Avidemux memiliki banyak fungsi dengan penggunaan yang sangat praktis serta tampilan IU yang jelas. Aplikasi ini sangat cocok untuk editing video secara dasar, mudah dipelajari dan digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi Avidemux adalah ketersediaan opi encoding solid serta IU yang mudah untuk digunakan. Hanya saja, aplikasi ini rupanya tidak dilengkapi dengan fitur transisi dan efek pada video.

5. OpenShot

OpenShot

Aplikasi edit video untuk PC ini menyediakan fitur editing secara dasar seperti memangkas dan memotong video. Selain itu, OpenShot juga menyediakan fitur transisi serta efek audio yang akan membantu Anda dalam membuat video sederhana.

Aplikasi edit video ini memungkinkan Anda menambahkan banyak klip audio maupun video dengan trek video tanpa batas di timeline. Selain itu, fitur untuk efek video di aplikasi Openshot juga terbatas dan diperlukan instal add ons jika OS pada software tidak memenuhi syarat.

6. VideoPad Video Editor

VideoPad-Video-Editor

Aplikasi edit video PC ini sangat cocok untuk pemula. Pada versi gratisnya, aplikasi ini memberikan batasan dalam ekspor video hanya dalam dua jenis format file saja. Sementara untuk IU aplikasi cukup mudah untuk dipelajari dan sangat sesuai untuk pemula.

VideoPad Video Editor bukan hanya mudah untuk digunakan tetapi juga menyediakan banyak fitur efek serta transisi. Bahkan untuk penyesuaian kecepatannya juga mudah untuk diaplikasikan.

Menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan transisi lebih dari 50 efek yang akan sangat berguna bagi Anda yang suka menggunakan transisi dan banyak klip video. Kecepatan video juga bisa disesuaikan untuk mendapatkan efek gerak slow motion maupun gerak cepat.

Sementara dari segi audio, Anda bisa melakukan perekaman narasi untuk membuat video yang lebih detail. Terutama bagi Anda yang memang menyukai adanya efek Fikrirasy.ID tambahan pada video. Hanya saja, aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk merangkai tayangan slide.

7. AVS Video Editor

AVS-Video-Editor

Aplikasi edit video PC ini cukup ringan sehingga cocok untuk proses editing video sederhana, terutama jika spesfikasi PC tidak terlalu tinggi. Aplikasi ini rupanya dilengkapi dengan fitur video cache yang memungkinkan Anda untuk mengedit video dengan resolusi tinggi full HD.

Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah menyediakan kecepatan editing yang cukup mumpuni sehingga sangat layak untuk digunakan. Dengan aplikasi ini Anda bisa memisahkan video, memberikan teks, menyematkan video, memangkas dan tindakan editing lainnya.

Selain itu, aplikasi edit video ini juga menyediakan transisi dalam jumlah yang banyak sehingga akan membuat tampilan video terlihat lebih menarik dan atraktif.

8. Corel Video Studio

Corel-Video-Studio

Aplikasi untuk edit video di PC ini bukan hanya cocok bagi pemula tetapi juga yang sudah profesional. Dengan tampilan yang cukup sederhana, aplikasi ini sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan.

Meskipun dari segi interface-nya cukup simpel, namun untuk fitur yang tersedia terbilang lengkap dan Fikrirasy.ID sehingga mampu menghasilkan video yang berkualitas. Fitur tersebut antara lain adalah clear audio, creativity options, freeze frame, 4K hardware acceleration, dll.

Baca Juga:  Download TikTok Lite Apk Versi Terbaru 2021 (Resmi)

Salah satu fitur yang menarik adalah clear audio yang akan membuat Fikrirasy.ID di dalam video terdengar sangat jelas dan jernih. Dengan banyaknya fitur yang tersedia, maka Anda bisa dengan mudah membuat video yang diinginkan.

Namun perlu diketahui bahwa untuk menikmati berbagai macam fitur dan mengedit video dengan aplikasi ini Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu, karena aplikasi ini tidak gratis alias berbayar.

9. VirtualDub

VirtualDub

Dengan tampilan interface yang sederhana, aplikasi edit video PC ini sangat cocok bagi Anda yang sedang belajar mengedit dan membuat video. Aplikasi ini memang didesain khusus bagi pengguna Windows dengan spesifikasi yang cukup ringan namun kaya akan fitur.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara mudah dengan memanfaatkan beragam fitur menarik yang tersedia di dalamnya. Salah satunya adalah fitur merekam layar yang bisa digunakan untuk membuat video tutorial. Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis.

10. Adobe Premiere Pro

Adobe-Premiere-Pro

Aplikasi untuk edit video di PC ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan karena kemampuan editing-nya yang mumpuni. Itulah mengapa banyak video maker profesional yang menggunakan aplikasi ini untuk keperluan editing.’

Aplikasi ini memang menyediakan fitur yang sangat lengkap, sementara dari segi pengoperasiannya juga terbilang mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbagai macam keperluan edit, dari yang sederahan hingga yang rumit sekalipun.

Untuk edit yang sederhana Anda bisa memanfaatkan fitur yang tersedia seperti capture, tittle, trim, dll. Selain itu juga tersedia beberapa fitur penunjang yang akan sangat berguna untuk editing video dengan tingkat yang lebih rumit.

Dengan aplikasi edit video PC ini Anda bisa mendapatkan kualitas video yang bagus, baik dari segi visual maupun audionya, bahkan bisa mencapai resolusi 4K. Sementara untuk format file yang didukung juga banyak karena codec yang tersedia di aplikasi ini terbilang lengkap.

11. Pinnacle Studio

Pinnacle-Studio

Bagi Anda yang masih pemula, proses edit video akan terasa lebih mudah jika menggunakan aplikasi edit video Pinnacle Studio. Aplikasi ini memang menampilkan interface yang sederhana dengan fitur yang cukup lengkap di dalamnya.

Dengan aplikasi ini Anda bisa lebih mudah dan leluasa dalam membuat video sesuai keinginan. Fitur yang tersedia di dalam aplikasi memungkinkan Anda untuk merealisasikan ide dan kreatifitas sehingga menghasilkan video yang menarik dan berkualitas.

Meskipun aplikasi ini sering disebut sebagai aplikasi untuk pemula, namun dari segi hasil editan Anda tidak perlu minder karena hasilnya tidak akan kalah dengan yang sudah pro. Karena aplikasi ini mampu memberikan hasil edit yang berkualitas.

12. Sony Vegas Pro

Sony-Vegas-Pro

Apliaksi edit video PC yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sudah profesional di bidangnya. Karena aplikasi ini menyediakan beragam fitur menarik dengan tingkat yang cukup rumit dan teknik khusus untuk menggunakannya.

Sebagai salah satu aplikasi yang dikhususkan bagi video maker profesional, aplikasi ini menyediakan fitur yang menarik dan sudah sangat populer di kalangan penggunanya yaitu fitur animasi. Namun untuk bisa menggunakan aplikasi ini Anda harus membayar lisensinya dulu.

13. Cyberlink PowerDirector

Cyberlink-PowerDirector

Aplikasi untuk edit video di PC ini memiliki tampilan yang cukup sederhana sehingga sangat mudah untuk dipahami dan digunakan. Terlebih dengan banyaknya tool yang sangat fungsional, membuat siapapun tidak akan kesulitan untuk menggunakannya.

Bahkan jika Anda masih merupakan pemula, aplikasi ini akan sangat membantu untuk proses editing dan membuat video sesuai keinginan. Dengan memanfaatkan beragam fitur yang tersedia di dalamnya, Anda bisa menghasilkan video yang menarik dan atraktif.

Baca Juga:  13 Cara Mendapatkan Diamond FF Gratis Cek Disini!!

14. VSDC Free Video Editor

VSDC-Free-Video-Editor

Aplikasi edit video di PC ini tersedia gratis dan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membuat video secara praktis dan mudah. Aplikasi ini cocok bagi pemula karena menampilkan interface yang cukup sederhana.

Meskipun aplikasi ini gratis, namun untuk fiturnya tidak kalah dengan yang berbayar sehingga sangat menarik untuk digunakan. Bahkan untuk fitur timeline yang tersedia di aplikasi ini sudah sekelas pro dengan penyajian yang detail namun mudah untuk dipahami.

15. Lightworks

Lightworks

Aplikasi edit video PC ini menyediakan paket video kreatif yang tentunya sangat cocok untuk Anda yang gemar membuat konten video untuk YouTube atau media sosial lainnya. Aplikasi ini tersedia secara gratis namun menawarkan beragam fitur menarik yang cukup lengkap.

16. Blender

Blender

Jika Anda membutuhkan aplikasi edit video di PC dengan ukuran yang ringan, maka Blender bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Meski ringan, namun untuk urusan fitur di dalamnya tetap lengkap dan bisa dimanfaatkan untuk proses edit yang maksimal.

Beberapa fitur tersebut antara lain adalah auido mixing, live preview, syncing, waveform visualization, hingga scrubbing. Anda bisa memanfaatkan fitur yang tersedia untuk membuat video kreatif sesuai konsep yang telah dirancang sebelumnya.

17. Corel Video Studio

Corel-Video-Studio

Anda pasti sudah sangat familiar dengan Corel yang merupakan perusahaan teknologi dan pengembangan aplikasi. Perusahaan ini menyediakan aplikasi yang tentunya tidak gratis bagi Anda yang ingin melakukan edit video secara profesional hingga mengolah video 4K.

Meskipun tidak gratis, namun Anda masih berkesempatan untuk mencoba versi free trial yang telah disediakan oleh aplikasi ini.

18. Final Cut Pro

Final-Cut-Pro

Aplikasi edit video PC yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda para pengguna mac OS karena menawarkan beragam fitur menarik yang cukup lengkap di dalamnya. Dengan performa yang sangat bagus, aplikasi ini hanya tersedia di macOS secara ekslusif.

19. Shotcut

Shotcut

Aplikasi untuk edit video ini termasuk yang terbaik dan bisa digunakan secara gratis. Dengan interface yang sederhana, aplikasi ini sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Untuk fiturnya sendiri cukup lengkap sehingga Anda akan lebih leluasa dalam menggunakannya sesuai kebutuhan. Beberapa fitur yang tersedia antara lain adalah efek, media, timeline, dan preview yang akan membantu proses edit secara mudah dan praktis.

20. LamaFusion

LamaFusion

Sesuai dengan deskripsinya, aplikasi ini menyediakan beragam fitur bagi para profesional yang ingin membuat video kreatif. Meski begitu, dengan tampilan interface yang sederhana, aplikasi edit video PC ini mudah untuk digunakan sehingga cocok juga bagi pemula.

Dalam penggunaannya, LamaFusion menyediakan beragam fitur menarik yang akan membuat hasil video Anda semakin berkualitas dengan efek atraktif di dalamnya. Tidak heran jika banyak content creator di YouTube yang memanfaatkan aplikasi ini untuk keperluan edit video.

Namun sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia di perangkat iOS dan untuk menggunakannya Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 300 ribu.

Untuk menghasilkan video yang bagus dan berkualitas, aplikasi edit video PC memang sangat diperlukan. Anda bisa memanfaatkan beragam fitur yang tersedia di dalam aplikasi untuk menambahkan teks, audio, efek dan lainnya secara mudah sesuai konsep yang telah ditentukan.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 20 Aplikasi Edit Video PC Gratis dan Berbayar Terbaik 2021 Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://kebangkitan-nasional.or.id/aplikasi-edit-video-pc/