14 Rekomendasi Aplikasi Edit Video HP Terbaik 2021

kebangkitan-nasional.or.id – Saat ini banyak orang mulai tertarik dengan aplikasi video editor yang bisa menghasilkan video berkualitas. Untuk kemudahan penggunaan, lebih banyak orang yang mencari aplikasi edit video HP dibanding aplikasi untuk PC atau laptop.

Walaupun digunakan di smartphone, nyatanya ada banyak aplikasi yang memiliki berbagai fitur untuk membuat hasil video terlihat lebih profesional. Dari sekian banyaknya aplikasi, terdapat beberapa aplikasi yang menjadi favorit para pengguna yang pernah merasakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video HP

Jika Anda mencari aplikasi edit video di Play Store atau App Store, pasti akan ada banyak aplikasi yang bisa dipilih. Untuk memilih aplikasi edit video, pastikan terlebih dahulu kebutuhan dan keinginan Anda. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi edit video HPyang keren dan bagus:

1. VN

VN

VN atau seringkali juga disebut VlogNow merupakan salah satu aplikasi edit video yang direkomendasikan bagi orang yang ingin mengedit video menggunakan HP. Aplikasi ini sangat cocok untuk para pemula, namun terkadang kalangan profesional juga menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi edit video VN memiliki banyak filter yang bisa dicoba oleh para pengguna. Anda bebas mengkustomisasi atau menyesuaikan filter-filter yang sudah tersedia. Tidak hanya itu saja, terdapat fitur color grading seperti saat memakai Adobe Premiere Pro.

Hal ini membuat aplikasi VN dapat memberikan pengalaman yang baik untuk para penggunanya. Selain itu, perlu diketahui bahwa aplikasi VN adalah aplikasi untuk edit video tanpa watermark.

Kelebihan ini pastinya disenangi oleh banyak pengguna yang mencari aplikasi edit video gratis tanpa watermark. Untuk menggunakan aplikasi ini sebaiknya gunakan Android 5.0 bahkan di atasnya.

Kelebihan VN:

  • Tanpa watermark.
  • Memiliki fitur animation text atau teks bergerak.
  • Menyediakan berbagai filter serta efek transisi yang bagus.

Kekurangan VN:

  • Fitur kurang lengkap dibandingkan dengan kompetitor.
  • Tergolong sebagai aplikasi baru dan masih membutuhkan beberapa perbaikan dan dukungan dari developer.

2. KineMaster

KineMaster

KineMaster bisa dibilang menjadi aplikasi edit video yang banyak digunakan saat ini, terutama untuk smartphone Android. Aplikasi KineMaster banyak diminati karena menyediakan berbagai fitur menarik dan terbaru yang dapat digunakan untuk mengedit video seperti di PC.

Beberapa fitur yang menjadi unggulan aplikasi KineMaster yaitu Audio Duckling, Key Framing, Equalizers, dan berbagai filter lainnya. Terdapat juga fitur editing lanjutan, misalnya Ripple edit serta video layout yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya.

Dengan menggunakan KineMaster, Anda bisa membuat berbagai jenis video. Edit video dasar yang bisa dilakukan menggunakan KineMaster, yaitu memotong video, memasukan lagu ke dalam video, menggabungkan video, dan masih banyak lagi.

Pengguna juga dapat melakukan editing lanjutan, misalnya membuat video untuk keperluan YouTube, edit background video, bahkan membuat video jedag-jedug yang saat ini sedang tren.

Tetapi, untuk melakukan itu semua tentu saja Anda perlu memahami dan mempelajari berbagai macam fitur yang ada di KineMaster. Supaya bisa menggunakan aplikasi ini secara lancar, spesifikasi smartphone yang dibutuhkan yaitu minimal Android 5.0 Lollipop atau versi di atasnya.

Kelebihan KineMaster:

  • Fitur sangat lengkap.
  • Memiliki Chroma Key yaitu fitur green screen yang dapat dipakai untuk mengedit background pada video.
  • Memiliki tampilan yang profesional.

Kekurangan KineMaster:

  • Untuk versi gratis masih memiliki watermark.
  • Harga yang cukup mahal untuk berlangganan KineMaster Pro.

3. CapCut

CapCut

Aplikasi edit video CapCut memang sering dibandingkan dengan VN. Pasalnya, dari segi fungsionalitas kedua aplikasi ini memiliki kemiripan. Perlu diketahui bahwa aplikasi CapCut juga bisa menghasilkan video tanpa watermark secara gratis.

Salah satu fitur unik dari aplikasi CapCut yaitu fitur otomatis speech-to-text yang mirip dengan YouTube. Fungsi dari fitur ini adalah untuk memunculkan subtitle secara otomatis saat ditemukan Fikrirasy.ID di video.

Namun, fitur ini masih cukup terbatas karena belum mendukung bahasa Indonesia, hanya bahasa Inggris saja. Saat ini aplikasi edit video CapCut mulai terkenal dan viral karena banyak digunakan untuk membuat video aesthetic, jedag-jedug, dan video kekinian lainnya.

Selain jenis video tersebut, aplikasi ini juga tetap bisa digunakan untuk membuat berbagai video lainnya.

Kelebihan CapCut:

  • Memiliki fitur speech-to-text.
  • Tidak memiliki watermark untuk CapCut versi gratis.
  • Mendukung impor video sampai dengan resolusi UHD atau 4K.

Kekurangan CapCut:

  • Beberapa pengguna mengeluh tentang tampilan yang dinilai kurang user friendly.
  • Ekspor video maksimal hanya sampai 1080p.

4. PowerDirector Video Editor App

PowerDirector-Video-Editor-App

Hampir sama dengan KineMaster, PowerDirector juga memiliki berbagai fitur menarik sebagai aplikasi edit video. Aplikasi yang dikeluarkan oleh Cyberlink ini sebelumnya memang sudah terkenal sebagai aplikasi edit video untuk perangkat berbasis komputer.

Namun, saat ini aplikasi PowerDirector juga dapat digunakan untuk edit video di smartphone. Keunggulan dari aplikasi edit video PowerDirector adalah dari segi tampilan yang terlihat cukup sederhana dengan pengoperasian yang terbilang mudah.

Anda bisa mempelajari aplikasi edit video ini dengan cepat untuk bisa menghasilkan video dengan hasil yang berkualitas. Untuk bisa menggunakan PowerDirector, spesifikasi minimal smartphone yang dibutuhkan adalah Android 5.0 Lollipop atau Android di atasnya.

Kelebihan PowerDirector:

  • Fitur lengkap dengan macam-macam transisi.
  • Tampilan aplikasi yang user friendly.
  • Kemampuan untuk edit video dengan format 4K.

Kekurangan PowerDirector:

  • Terdapat watermark untuk PowerDirector versi gratis.
  • Aplikasi yang cukup berat apabila dijalankan pada Android dengan spesifikasi smartphone minimal.

5. Alight Motion

Alight-Motion

Bagi Anda yang suka editing video atau editing motion graphics, aplikasi Alight Motion menjadi pilihan yang tepat. Alight Motion juga memiliki fitur keyframe seperti Adobe After Effect yang bisa dipakai untuk mengedit animasi menjadi lebih mudah dan detail.

Perlu diketahui bahwa motion graphics dapat membuat gambar seperti terlihat bergerak. Dengan menggunakan aplikasi Alight Motion, Anda bisa menggunakan berbagai fitur lainnya, mengedit audio, mengatur warna video, serta mengekspor video menjadi bentuk MP4 atau GIF.

Untuk merasakan fitur yang lebih lengkap, pengguna dapat menggunakan aplikasi versi berbayar yaitu Alight Motion Pro. Spesifikasi minimal yang disarankan untuk aplikasi Alight Motion adalah Android 6.0 Marshmallow.

Kelebihan Alight Motion Pro:

  • Pengoperasian yang cukup mudah.
  • Fitur yang lumayan lengkap.
  • Memiliki fitur keyframe yang dapat digunakan untuk editing animasi.

Kekurangan Alight Motion:

  • Terdapat watermark untuk versi gratis.
  • Fitur yang lebih lengkap hanya bisa dinikmati di Alight Motion Pro.

6. YouCut

YouCut

Aplikasi edit video YouCut dapat digolongkan sebagai aplikasi yang ramah pemula karena pengoperasiannya yang mudah. YouCut cocok digunakan oleh vlogger yang sering mengupload video ke Youtube.

Di dalam aplikasi ini, Anda bisa menemukan berbagai macam efek menarik yang bisa diterapkan untuk membuat video lebih keren. Salah satu fitur unggulan yang disediakan oleh YouCut adalah video compressor yang dapat mengkompres ukuran video menjadi lebih kecil.

Fitur ini tidak akan mengurangi kualitas dari video sehingga tidak akan memberatkan device. Untuk menggunakan aplikasi YouCut, disarankan untuk menggunakan minimal Android 4.3 Jelly Bean.

Baca Juga:  5 Cara Cek Nomor 3 Dengan Cepat dan Mudah 2022

Kelebihan YouCut:

  • Terdapat fitur live recording.
  • Memiliki banyak fitur menarik walaupun untuk versi gratis.
  • Penggunaannya yang tergolong mudah.

Kekurangan YouCut:

  • Periode trial aplikasi yang terbatas.
  • Tidak memiliki fitur undo untuk editing video.
  • Pilihan menambahkan musik yang masih sangat terbatas.

7. Adobe Premiere Rush

Adobe-Premiere-Rush

Pasti Anda pernah mendengar atau mengenal Adobe, bukan? Salah satu aplikasi dari Adobe yang bisa digunakan sebagai aplikasi edit video HP adalah Adobe Premiere Rush.

Adobe Premiere Rush ini merupakan aplikasi cross platform yang dapat digunakan di smartphone, komputer, dan tablet. Hal ini tentu saja akan memudahkan para pengguna dalam urusan edit video antar device yang bisa dilakukan sesuai kebutuhan.

Fitur-fitur yang tersedia di Adobe Premiere Rush sudah tidak perlu diragukan lagi. Pengguna dapat menggunakan fitur Pan, Speed, Trip, Zoom, dan fitur lainnya yang sama dengan Adobe Premiere Pro, Adobe After Effect, maupun Adobe Audition.

Semua fitur terbaik tersebut juga bisa dimanfaatkan dalam aplikasi versi mini, Adobe Premiere Rush. Untuk bisa menggunakan aplikasi Adobe Premiere Rush secara lancar, Anda membutuhkan smartphone dengan spesifikasi minimal Android 9.0 Pie.

Kelebihan Adobe Premiere Rush:

  • Mendukung cross platform.
  • Mudah digunakan.
  • Terintegrasi dengan berbagai media sosial, misalnya Instagram dan lainnya.

Kekurangan Adobe Premiere Rush:

  • Tidak terlalu optimal untuk edit dalam bentuk vertikal video.
  • Editing audio yang cukup terbatas.
  • Beberapa fitur yang ada disesuaikan atau dibatasi sesuai dengan kemampuan device yang digunakan.

8. InShot

InShot

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi edit video yang tidak membutuhkan akses internet alias aplikasi offline, Anda bisa mencoba aplikasi InShot. Ada banyak fitur yang bisa digunakan dalam aplikasi edit video ini.

Misalnya, edit foto menjadi video atau membuat video berkualitas tinggi juga dapat dilakukan menggunakan InShot. Pengguna juga bisa menambahkan emoji di video, menambahkan berbagai efek, mengedit musik atau video, dan lainnya.

Aplikasi InShot sudah banyak digunakan untuk membuat story Instagram bahkan untuk membuat video yang akan diupload di YouTube. Untuk menggunakan InShot, disarankan untuk menggunakan Android 5.0 Lollipop.

Kelebihan InShot:

  • Memiliki fitur blur background yang akan membuat foto jadi bokeh.
  • Mempunyai banyak koleksi filter dan stiker.

Kekurangan InShot:

  • Beberapa fitur kurang lengkap daripada aplikasi edit video lain.
  • Terdapat watermark untuk versi gratis.

9. VLLO

VLLO

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi edit video HP gratis dengan fitur-fitur yang cukup bagus bisa mencoba aplikasi VLLO. Aplikasi edit video ini tidak memiliki watermark dan dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya.

Aplikasi ini menjadi aplikasi edit video yang direkomendasikan untuk pemula yang sedang belajar dunia videografi. Terdapat beberapa fitur keren yang bisa digunakan di VLLO, salah satunya Adjustment Layer.

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menambahkan berbagai efek, misalnya color grading ke layer video. Spesifikasi Android minimal yang disarankan adalah Android 5.0 Lollipop.

Kelebihan VLLO:

  • Bebas watermark.
  • Tampilan aplikasi user friendly.
  • Memiliki fitur Adjustment Layer.

Kekurangan VLLO:

  • Fitur seperti efek transisi hanya bisa digunakan untuk aplikasi versi pro.
  • Terdapat iklan pada aplikasi VLLO versi gratis.

10. FilmoraGo

FilmoraGo

Aplikasi edit video FilmoraGo juga merupakan aplikasi yang mendukung cross platform. Anda dapat menggunakan aplikasi FilmoraGo di device Android maupun di komputer. Perlu diketahui bahwa aplikasi FilmoraGo juga dapat digunakan di device iPhone.

Fitur yang dimiliki oleh FilmoraGo terbilang cukup lengkap. Bahkan, versi gratis untuk aplikasinya juga dapat digunakan untuk mengedit video untuk keperluan postingan media sosial.

Beberapa fitur yang ada di aplikasi, misalnya memotong video, fitur transisi, sampai menambahkan judul tulisan dalam video. Untuk memanfaatkan aplikasi secara baik, spesifikasi minimal yang disarankan adalah Android 7.0 Nougat bahkan di atasnya.

Kelebihan FilmoraGo:

  • Mudah digunakan oleh pemula.
  • Mendukung fitur cross platform, dapat digunakan di smartphone maupun komputer.

Kekurangan FilmoraGo:

  • Tidak memiliki terlalu banyak fitur untuk versi gratis.
  • Fitur versi dekstop lebih lengkap daripada versi smartphone.

11. VivaVideo

VivaVideo

Untuk mengupload video singkat di media sosial, aplikasi VivaVideo ini bisa diandalkan. Aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna Instagram, TikTok, atau YouTube yang sering mengunggah video.

Keunggulan dari aplikasi edit video HP VivaVideo adalah mempunyai lebih dari 200 filter untuk digunakan dan diaplikasikan ke dalam video yang sedang dibuat.

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai kemampuan menggabungkan beberapa video secara mudah yang menjadi salah satu keunikan aplikasi. Pengguna juga dapat menyisipkan teks, menambahkan efek slow motion, dan lainnya.

Spesifikasi minimal yang disarankan adalah Android 5.0 Lollipop untuk bisa menggunakannya dengan lancar.

Kelebihan VivaVideo:

  • Memiliki lebih dari 200 filter untuk membuat video lebih menarik.
  • Cukup mudah digunakan untuk menggabungkan video atau klip.

Kekurangan VivaVideo:

  • Tampilan aplikasi yang kurang user friendly.
  • Memiliki watermark untuk versi gratis.

12. iMovie

iMovie

Pernahkan Anda mendengar aplikasi edit video iMovie? Aplikasi ini bisa digunakan di Android maupun iPhone. Aplikasi iMovie adalah salah satu aplikasi video editor yang bisa dibilang cukup Fikrirasy.ID.

Di dalam aplikasi ini, Anda bisa menemukan berbagai macam tema maupun template video. Kira-kira terdapat 14 template video, 10 jenis filter, serta 8 tema unik yang dapat digunakan sesuai dengan keinginan penggunanya.

Selain iPhone, aplikasi ini juga dapat digunakan di iPad maupun MacBook. Tentu saja, kelebihan ini akan semakin memudahkan pengguna dengan device Apple untuk edit video di layar yang lebih besar.

Kelebihan iMovie:

  • Aplikasi cukup ringan dan cocok untuk mobile.
  • Walaupun fitur yang disediakan terbilang sedikit, tetapi kualitasnya sangat baik.

Kekurangan iMovie:

  • Biaya berlangganan aplikasi yang cukup mahal.

13. VideoShow Video Editor

VideoShow-Video-Editor

Walaupun tidak memiliki fitur dan performa yang tidak sebaik dibanding aplikasi sejenisnya, VideoShow menjadi alternatif aplikasi edit video yang dapat digunakan. Alasannya aplikasi VideoShow menawarkan beberapa fitur standar yang bisa digunakan untuk membuat video.

Anda dapat menambahkan tema, efek, teks, dan stiker yang dipilih secara mudah. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu khawatir karena aplikasi VideoShow termasuk aplikasi yang bebas watermark.

Kelebihan VideoShow:

  • User interface yang mudah dipakai seperti aplikasi edit video lainnya.
  • Mempunyai banyak pilihan filter dan stiker.

Kekurangan VideoShow:

  • Untuk menggunakan fitur premium maka harus membayar biaya bulanan.

14. Quik

Quik

Aplikasi Quik merupakan aplikasi edit video HP yang sangat cocok digunakan bagi pengguna GoPro. Selain bisa terhubung ke smartphone, pengguna juga dapat menambahkan lebih dari 50 foto dan video.

Quik membantu proses edit video secara cepat dan nantinya dapat langsung dibagikan ke media sosial. Di aplikasi Quik, Anda bisa mencoba beberapa filter yang ada supaya tampilan video menjadi lebih keren dan bagus.

Kelebihan Quik:

  • Penggunaan editing video yang terbilang sangat mudah karena dilakukan secara otomatis.
  • Dimaksimalkan untuk pengguna yang dapat terkoneksi dengan GoPro.

Kekurangan Quik:

  • Terbatas untuk video pendek saja.

 

Tentu saja Anda tidak perlu mendownload banyak aplikasi sekaligus. Anda bisa mendownload aplikasi edit video HP yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jika sudah menemukan aplikasi terbaik, Anda dapat membeli versi berbayar untuk fitur lengkapnya.

 

Lihat Juga :

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 14 Rekomendasi Aplikasi Edit Video HP Terbaik 2021 Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://kebangkitan-nasional.or.id/aplikasi-edit-video-hp/