10 cara menghemat energi di rumah

Tidakkah Anda sering mendengar kampanye konservasi energi saat ini untuk mengurangi perubahan iklim yang ekstrim atau mengurangi dampak kerusakan lingkungan? Anda dan kami sering mendengarnya, terutama karena banyak energi tak terbarukan mulai menurun dengan cepat. Kesempatan ini juga menjelaskan cara menghemat energi di rumah Anda.

Sebagaimana tercermin dalam kampanye pada penjelasan sebelumnya, mengapa kita perlu menghemat energi? Dengan menghemat energi, Anda juga dapat menghemat biaya yang ada, menghemat listrik dan biaya bahan bakar lainnya. Ini juga membantu Anda pulih dari perubahan iklim ekstrem dan kerusakan lingkungan.

10 cara mudah untuk menghemat energi di rumah

Jika Anda sudah tahu mengapa Anda menghemat energi, dapatkah Anda memberi tahu apa yang sebenarnya menghemat energi? Menurut Wikipedia, konservasi energi adalah cara untuk mengurangi penggunaan berbagai jenis energi, seperti listrik dan bahan bakar minyak, ketika tidak lagi dibutuhkan.

Menghemat energi ini dapat dilakukan dengan sangat mudah di rumah. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mendengar caranya. hemat energi di rumah sebagai berikut.

Penggunaan lampu LED hemat energi

Cara pertama untuk menghemat energi adalah dengan mengganti lampu biasa dengan lampu LED. Sebagian besar lampu pijar di Indonesia memiliki daya yang merupakan pemborosan daya yang signifikan. Karena itulah transisi ke lampu hemat energi seperti lampu LED ini perlu dilakukan.

Lampu LED sendiri lebih hemat energi. Selain itu, lampu jenis ini juga dapat memancarkan cahaya yang lebih terang dan terlihat natural di dalam ruangan. Selain lampu LED, lampu pijar juga bisa diganti dengan lampu neon.

Matikan lampu dan perangkat elektronik lainnya saat tidak digunakan.

Banyak orang yang lupa mematikan lampu atau alat elektronik lainnya setelah menggunakannya. Padahal, dengan tidak mematikannya akan lebih banyak menyedot listrik dan tentunya membuat lebih banyak uang yang terbuang percuma.

pembersihan kulkas

Cara ketiga untuk menghemat energi di rumah adalah dengan membersihkan kulkas Anda. Pembersihan lemari es yang sering, setidaknya sebulan sekali, dapat membantu meminimalkan energi yang dikonsumsi lemari es selama proses pendinginan.

pakaian yang dijemur

Sistem pengering otomatis mesin cuci biasanya memiliki daya yang cukup tinggi. Jadi, untuk menghemat energi, Anda bisa mencucinya di pagi hari dan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi.

Baca Juga:  Inilah Cara Melebihi Pinjaman Hipotek Rumah Anda

Efisiensi Memasak

Metode kelima ini membutuhkan pemilihan kipas yang bijaksana yang akan memaksimalkan energi panas. Jadi Anda bisa memasak makanan lebih cepat dan mengurangi konsumsi gas.

Gunakan hanya air sebanyak yang Anda butuhkan

Tidak semua tempat memiliki air bersih. Selain itu, Indonesia sendiri masih jauh dari standar kebersihan global. Oleh karena itu, air harus digunakan sesuai kebutuhan, terutama saat mandi. Anda juga bisa menyiram toilet menggunakan sisa air mandi, pel, atau cuci tangan.

Jangan gunakan dua perangkat elektronik yang melakukan fungsi yang sama pada waktu yang bersamaan.

Misalnya, TV menyala tetapi radio menyala. Padahal keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai penyebar informasi. Atau gunakan AC dengan kipas angin menyala. Jadi gunakan salah satunya saja.

Jangan mengisi daya ponsel cerdas Anda dalam semalam

Mengisi daya ponsel cerdas Anda dalam semalam hanya membuang-buang energi. HP sudah memiliki teknologi untuk mematikan daya, namun ada juga yang masih terbuang percuma.

servis peralatan elektronik secara berkala

Sangat penting untuk memeriksa peralatan elektronik Anda secara teratur. Karena dengan melakukan servis elektronik secara rutin, alat-alat tersebut menggunakan energi secara efisien tanpa membuang apa-apa.

Ciptakan rumah dengan pencahayaan dan ventilasi yang cukup

Langkah terakhir dalam menghemat energi adalah membuat rumah dengan pencahayaan dan ventilasi yang cukup. Dalam hal ini, kita melihat desain rumah kolonial Belanda yang cocok dengan iklim Indonesia.

Dinding cenderung tebal dan memiliki lebih banyak ventilasi, yang memungkinkan sirkulasi udara lebih baik. Untuk mendinginkan ruangan tanpa menggunakan AC atau kipas angin.

Berikut adalah 10 cara untuk menghemat energi. Rumah Anda dapat melakukannya dengan mudah. Apalagi yang belum mendesain rumah bisa mengikuti arsitektur Belanda yang ramah lingkungan. Jika bermanfaat, Anda bisa membagikan artikel tersebut kepada keluarga atau teman yang membutuhkan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

sumber:

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-Friends/detail-content/15-cara-memhemat-energy-di-life-sehari-day/
https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/25/170200023/10-actions-to-do-to-save-energy?page=all
https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/02/081600776/5-cara-mehemat-energy-at-home-?page=all
https://www.rumah.com/panduan-properti/10-cara-saving-energy-simultaneously-saving-cost-at-home-27463

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 10 cara menghemat energi di rumah

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Comment