Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Kerja, Perbedaan dengan NOC

Dengan meningkatnya serangan siber dan pelanggaran data, bisnis dari semua ukuran harus lebih fokus untuk melindungi aset teknologi mereka. Namun, memiliki tim keamanan TI internal penuh waktu mungkin tidak layak karena keterbatasan anggaran dan prioritas kompetitif. Solusi cerdas dalam hal ini adalah dengan melihat kemitraan dengan SOC atau pusat operasi keamanan. SOC adalah kantor outsourcing yang didedikasikan untuk menganalisis arus lalu lintas dan memantau ancaman dan serangan.

Selain aspek utama membangun SOC, fitur dasar SOC dibahas di bawah ini.

Apa itu SOC?

Pusat Operasi Keamanan (SOC), juga dikenal sebagai Pusat Operasi Keamanan Informasi (ISOC), adalah lokasi terpusat di mana tim keamanan informasi biasanya memantau, mendeteksi, menganalisis, dan menanggapi insiden keamanan siber 24/7.

Tim keamanan analis dan insinyur keamanan kami memantau semua aktivitas di server, basis data, jaringan, aplikasi, perangkat titik akhir, situs web, dan sistem lain untuk menentukan potensi ancaman keamanan dan memblokirnya secepat mungkin. Ini juga memantau sumber eksternal yang relevan (seperti daftar ancaman) yang dapat memengaruhi postur keamanan organisasi.

SOC tidak hanya harus mengidentifikasi ancaman, tetapi juga menganalisisnya, menyelidiki sumbernya, melaporkan kerentanan yang ditemukan, dan merencanakan cara mencegah kejadian serupa di masa mendatang. Ini berarti Anda terus-menerus mencari cara untuk meningkatkan postur keamanan organisasi Anda sambil menghadapi tantangan keamanan secara real time.

Pada Fikrirasy.ID yang lebih besar, ada juga Pusat Operasi Keamanan Global (GSOC), yang mengoordinasikan kantor keamanan secara harfiah di seluruh dunia. Jika Anda memiliki kantor di seluruh dunia, menggunakan GSOC (alih-alih membuat SOC untuk setiap lokasi internasional) dapat membantu Anda menghindari pengulangan tugas dan fungsi di setiap lokasi, mengurangi overhead, dan menjaga agar tim keamanan Anda selalu mengetahui apa yang terjadi di sekitar dunia Anda dapat melihat gambaran besarnya. seluruh organisasi.

Pada dasarnya, Anda dapat mengandalkan tim ini sepenuhnya untuk menangani masalah keamanan dan mengamankan jaringan Anda secara real time. Pusat Operasi Keamanan juga terus mencari cara untuk meningkatkan postur keamanan organisasi dan mencegah serangan siber di masa depan. Pusat operasi yang aman adalah investasi cerdas yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin tidur nyenyak karena mengetahui bahwa jaringan Anda selalu dilindungi dari peretas.

Apa pentingnya SOC?

Serangan siber semakin merusak organisasi. Pada tahun 2018, miliaran orang terkena dampak pelanggaran data dan serangan siber, dan kepercayaan konsumen terhadap privasi dan kemampuan privasi organisasi terus terkikis. Hampir 70% konsumen percaya bahwa organisasi mereka rentan terhadap peretasan dan serangan siber, dan mengatakan bahwa mereka tidak mungkin melanjutkan atau mulai berbisnis dengan organisasi yang disusupi.

Sederhananya, SOC memberikan jaminan bahwa ancaman akan terdeteksi dan dicegah secara real time. Dari perspektif gambaran besar, SOC dapat:

1. Respon lebih cepat

Pusat Operasi Keamanan memberikan tampilan yang terpusat, lengkap, real-time dari keseluruhan kinerja infrastruktur dari perspektif keamanan, bahkan dengan banyak lokasi dan ribuan titik akhir. Masalah dapat dideteksi, diidentifikasi, dicegah, dan diatasi sebelum menjadi masalah yang terlalu besar bagi bisnis Anda.

2. Lindungi kepercayaan konsumen dan pelanggan

Konsumen sudah skeptis terhadap sebagian besar bisnis dan khawatir tentang privasi. Membuat SOC untuk melindungi data konsumen dan pelanggan dapat membantu organisasi membangun kepercayaan. Tentu saja, mencegah pelanggaran melindungi kepercayaan itu.

3. Minimalkan Biaya

Banyak organisasi percaya bahwa membangun pusat operasi yang aman itu mahal, tetapi biaya yang terkait dengan pelanggaran, termasuk kehilangan data, korupsi data, atau churn pelanggan, jauh lebih tinggi. Dan staf SOC memastikan Anda memanfaatkan alat yang tepat untuk bisnis Anda, sehingga Anda tidak membuang-buang uang untuk alat yang tidak efisien.

Manfaat-manfaat ini sulit untuk ditentukan harganya karena mereka benar-benar menjaga bisnis tetap berjalan. Tetapi apakah SOC benar-benar diperlukan? Jika Anda mematuhi peraturan pemerintah atau industri, pernah mengalami pelanggaran keamanan, atau berada dalam bisnis yang menyimpan data sensitif seperti informasi pelanggan, jawabannya adalah ya.

Jenis-jenis SOC

Selain menentukan peran pekerjaan yang dimiliki oleh sebuah tim, ada beberapa model Pusat Operasi Keamanan yang dapat diterapkan oleh organisasi. Ini termasuk:

  • SOC khusus atau yang dikelola sendiri. Model ini memiliki fasilitas lokal dengan staf internal.
  • SOC Terdistribusi. dikenal sebagai Pusat Operasi Keamanan yang Dikelola Bersama , model ini memiliki anggota tim paruh waktu atau paruh waktu yang dipekerjakan secara internal untuk bekerja dengan penyedia layanan keamanan terkelola (MSSP) pihak ketiga.
  • SOC terkelola. Dalam model ini, ada MSSP yang menyediakan semua layanan SOC ke perusahaan. Mitra Deteksi dan Respons Terkelola (MDR) adalah bentuk lain dari Pusat Operasi Keamanan terkelola.
  • perintah SOC. Model ini memberikan wawasan intelijen ancaman dan keahlian keamanan ke seluruh pusat operasi keamanan khusus lainnya. Perintah Pusat Operasi Keamanan tidak terlibat dalam tugas atau proses keamanan yang sebenarnya, hanya aspek intelijen.
  • Pusat Fusion. Model ini mengawasi fasilitas atau inisiatif yang berfokus pada keamanan, termasuk semua jenis SOC atau departemen TI lainnya. Pusat Konvergensi dianggap sebagai Pusat Operasi Keamanan Tingkat Lanjut dan bekerja dengan tim perusahaan lain seperti Operasi TI, DevOps, dan Pengembangan Produk.
  • SOC multifungsi. Meskipun model ini memiliki fasilitas dan staf internal yang berdedikasi, peran dan tanggung jawab mereka meluas ke area penting lain dari manajemen TI, seperti Network Operations Center (NOC).
  • SOC virtual. Tidak ada fasilitas lokal khusus untuk model ini. Pusat Operasi Keamanan virtual dapat berjalan di perusahaan atau dikelola sepenuhnya. Operasi perusahaan SOC biasanya dikelola oleh staf internal atau gabungan staf internal, sesuai permintaan, dan yang dikirimkan melalui cloud. SOC virtual yang dikelola sepenuhnya (atau Pengalihdayaan SOC atau SOC sebagai Layanan (SOCaaS) tidak memiliki staf internal.
  • SOCaaS. Model berbasis langganan atau berbasis perangkat lunak ini mengalihdayakan beberapa atau semua fungsi SOC ke penyedia cloud.

Baca lebih lanjut: Memahami sistem informasi dan aplikasinya di industri

Apa yang dilakukan SOC?

Pusat Operasi Keamanan melindungi organisasi Anda dari ancaman dunia maya dengan mendorong respons insiden waktu nyata dan mendorong peningkatan keamanan berkelanjutan. Menggunakan kombinasi kompleks dari alat yang tepat dan orang yang tepat untuk memantau dan mengelola seluruh jaringan, SOC berkinerja tinggi menyediakan:

  • Jaringan proaktif 24/7, pengawasan perangkat keras dan perangkat lunak untuk deteksi ancaman dan pelanggaran serta respons insiden.
  • Pahami semua alat yang digunakan organisasi Anda, termasuk vendor pihak ketiga, untuk membantu Anda memecahkan masalah keamanan.
  • Instal, perbarui, dan atasi masalah perangkat lunak aplikasi.
  • Pemantauan dan pengelolaan firewall dan sistem pencegahan intrusi.
  • Memindai dan memperbaiki solusi antivirus, malware, dan ransomware.
  • Manajemen lalu lintas email, Fikrirasy.ID, dan video.
  • Patch dan manajemen daftar putih.
  • Analisis mendalam data log keamanan dari berbagai sumber.
  • Analisis, investigasi, dan dokumentasi tren keamanan.
  • Selidiki pelanggaran keamanan untuk memahami akar penyebab serangan dan mencegah pelanggaran di masa mendatang.
  • Penegakan kebijakan dan prosedur keamanan.
  • Cadangkan, simpan, dan pulihkan.
Baca Juga:  3 berita teknologi teratas kemarin: Selandia Baru mempelajari cara menangani data yang bocor ke McD

Pusat Operasi Keamanan menggunakan berbagai alat untuk mengumpulkan data di seluruh jaringan dan perangkat, memantau anomali, dan memperingatkan karyawan tentang potensi ancaman. Namun, SOC tidak segera mengatasi masalah saat muncul.

Bagaimana jika Pusat Operasi Keamanan tidak mendeteksi ancaman? SOC ditugaskan untuk menemukan kerentanan di luar dan di dalam organisasi melalui analisis kerentanan perangkat lunak dan perangkat keras yang berkelanjutan dan secara aktif mengumpulkan intelijen ancaman untuk risiko yang diketahui.

Jadi, meskipun tampaknya tidak ada ancaman aktif (yang jarang terjadi karena serangan peretas terjadi setiap 39 detik), staf Pusat Operasi Keamanan secara proaktif mencari cara untuk meningkatkan keamanan. Penilaian kerentanan melibatkan upaya aktif untuk meretas ke dalam sistem sendiri untuk menemukan kerentanan yang dikenal sebagai pengujian penetrasi. Selain itu, peran kunci untuk petugas SOC adalah analisis keamanan. Pastikan organisasi Anda menggunakan alat keamanan yang tepat secara optimal dan evaluasi apa yang berhasil dan yang tidak.

Perbedaan Antara SOC dan NOC

Sementara Pusat Operasi Keamanan berfokus pada pemantauan, pendeteksian, dan analisis postur keamanan suatu organisasi 24/7, tujuan utama NOC atau Pusat Operasi Jaringan adalah untuk memastikan bahwa kinerja dan kecepatan jaringan berada pada tingkat tertinggi. Waktu henti terbatas.

Teknisi dan analis Pusat Operasi Keamanan mencari ancaman siber dan upaya serangan serta merespons sebelum data atau sistem organisasi disusupi. Staf NOC akan mencari masalah apa pun yang dapat memperlambat jaringan Anda atau menyebabkan waktu henti. Keduanya secara proaktif memantau secara real time dengan tujuan mencegah masalah sebelum pelanggan atau karyawan terkena dampak dan menemukan cara untuk terus meningkatkan untuk mencegah masalah serupa terulang kembali.

SOC dan NOC harus bekerja sama untuk menangani insiden penting dan menyelesaikan situasi krisis, dan dalam beberapa kasus fungsi SOC ditempatkan di dalam NOC. NOC dapat mendeteksi dan merespons beberapa ancaman keamanan, terutama yang terkait dengan kinerja jaringan, jika tim mereka dilatih dengan benar dan menemukan ancaman tersebut. SOC tipikal tidak dapat mendeteksi dan merespons masalah kinerja jaringan tanpa berinvestasi dalam berbagai alat dan keahlian.

kesimpulan

Baik internal maupun outsourcing, menggunakan Pusat Operasi Keamanan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi jaringan dan data penting Anda dari ancaman eksternal dan internal. SOC dapat membantu Anda mengambil tindakan pencegahan, membatasi kerusakan akibat peretasan, dan menilai apakah rantai pembunuhan dunia maya terjadi.

Anggota tim Pusat Operasi Keamanan membantu organisasi mengidentifikasi akar penyebab serangan siber. Ketika analis SOC melakukan ini, mereka dikatakan terlibat dalam analisis akar penyebab. Sederhananya, analis SOC berusaha untuk menentukan kapan, bagaimana, dan bahkan mengapa serangan berhasil.

Untuk melakukan ini, analis SOC meninjau bukti serangan. Bukti tersebut disebut sebagai indikator serangan. Jika serangan berhasil, analis SOC mempelajari indikator kompromi untuk membantu organisasi merespons dengan tepat dan membuat perubahan untuk mencegah serangan serupa terjadi di masa mendatang.

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan sistem informasi untuk membantu bisnis Anda bersaing dengan kompetitor dan mencapai konversi yang lebih baik.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Kerja, Perbedaan dengan NOC

Dari Situs Fikrirasy ID