Pelajari tentang jenis tanaman hias Syngonium dan panduan lengkap untuk merawatnya.

Fikrirasy.ID – Tanaman hias Syngonium dikenal karena daunnya yang berbentuk panah yang dapat berubah bentuk saat tumbuh dan dirawat. Ada banyak spesies tanaman tropis ini.

dilaporkan dalam taman plantura, Selasa (11/1/2022), berikut ulasan tanaman hias Syngonium yang tepat untuk melengkapi ruang terbuka hijau Anda dan cara merawatnya.

Pengenalan Tanaman Hias Syngonium

Syngonium adalah genus dari keluarga Arum (Aracea), asli Amerika Tengah dan Selatan. Tumbuhan ini terutama tumbuh di hutan tropis dan subtropis. Syngonium yang selalu hijau dapat tumbuh hingga 20 m dan membentuk tunas panjang yang merayap di tanah atau memanjat pohon.

Baca juga:
5 Media Tanam Anggrek Paling Ampuh, Jadikan Tanaman Berbunga Anda Lebih Subur.

Tanaman syngonium dan cara merawatnya.  (Unsplash/Jungle_Space)
Tanaman syngonium dan cara merawatnya. (Unsplash/Jungle_Space)

Saat dirawat sebagai tanaman hias, Syngonium bisa tumbuh hingga 2 m panjangnya. Daunnya berwarna hijau, merah, putih atau beraneka warna tergantung varietasnya.

Bentuk daun tanaman ini tergantung pada umur dan varietas pucuknya. Tunas tanaman dewasa membentuk daun dengan berbagai bentuk, yang mungkin lonjong atau lonjong, berbentuk panah atau terbelah atau menonjol ke dalam.

Syngonium podophyllum adalah varietas tanaman hias yang paling umum dan juga dikenal sebagai tanaman mata panah. Sebagai tanaman hias, Syngonium biasanya tidak berbunga. Khas Arum, syngonium juga beracun.

Spesies tanaman hias Syngonium

Varietas syngonium berbeda dalam warna daun dan karakteristik pertumbuhan.

Baca juga:
Cara Menanam Kangkung di Polybag Dari Bibit Hingga Panen, Cocok Untuk Pemula

  • Syngonium podophyllum ‘Albo Variegata’: Berbagai spesies Syngonium podophyllum, yang berbeda dari spesies aslinya dengan daun putihnya. Nama lainnya adalah “Syngonium variegata” atau “Syngonium albo variegata”. Perubahan warna daun bisa mencapai tepat di tengah.
  • Syngonium podophyllum ‘Arrow’ mengambil namanya dari daunnya yang berbentuk panah. Daun hijau memiliki urat putih dan tumbuh dari pucuk panjang yang bisa memanjat atau keluar dari keranjang gantung.
  • Syngonium podophyllum ‘Pixie’ juga memiliki daun berwarna hijau-putih, tetapi tetap lebih kecil dari spesies aslinya, mencapai ukuran sekitar 30 cm. ‘Pixie’ pendek dan bisa lebat atau memanjat.
  • Syngonium podophyllum ‘Pink’ menghasilkan daun berwarna merah muda. Varietas serupa, Syngonium podophyllum ‘Pink Splash’, tidak memiliki daun yang sepenuhnya merah muda, tetapi terlihat seperti telah disemprot dengan cat merah muda.
  • Syngonium podophyllum ‘Trileaf Wonder’ memiliki daun Syngonium ‘Trileaf wonder’ berwarna hijau tua mengkilap, tidak berbentuk panah, tetapi terbagi menjadi tiga bagian, 2 daun kecil muncul di kiri dan kanan di pangkal daun, dan 1 daun besar muncul di dalam. Tengah.
  • Daun Syngonium wendlandii sedikit lebih panjang dan berwarna hijau tua dibandingkan Syngonium podophyllum. Vena tengah daun menonjol lebih putih dari sisa daun.
Baca Juga:  8 wisata edukasi dengan aktivitas menyenangkan untuk anak-anak di Singapura
Infografis tanaman hias.  (Suara.com/Rochmat)
Infografis tanaman hias. (Fikrirasy.ID/Rochmat)

Tips Perawatan Tanaman Hias Syngonium

Syngonium lebih menyukai lokasi yang terang, tetapi menghindari sinar matahari langsung. Penting juga untuk memilih lokasi berdasarkan warna daun untuk variasi dan persyaratan pencahayaan.

Varietas syngonium dengan daun berwarna cerah atau persentase putih yang tinggi membutuhkan lebih banyak cahaya untuk menghasilkan energi melalui fotosintesis. Varietas serba hijau memiliki lebih banyak klorofil, sehingga dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya rendah.

Jaga suhu Syngonium antara 15 dan 20 derajat Celcius dan jangan pernah di bawah 15 derajat Celcius. Tidak ada alat pemanas yang cocok untuk Syngonium.

Dengan kondisi tersebut, maka kelembaban tanaman hias ini perlu dijaga cukup tinggi. Bahkan pada suhu ideal, semprot tanaman dengan air bebas kapur seminggu sekali untuk meningkatkan kelembapan dan memastikan pertumbuhan yang indah dan sehat.

Pupuk tersebut sesuai dengan kebutuhan tanaman hias dan disarankan untuk menggunakan pupuk cair tanaman hijau yang mengandung mikroorganisme untuk mendorong pertumbuhan akar tanaman hias syngonium yang sehat. Anda bisa melakukan pemupukan setiap 3 minggu sekali sesuai petunjuk kemasan pupuk.

Kontributor: Julia Kartika Dewi



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pelajari tentang jenis tanaman hias Syngonium dan panduan lengkap untuk merawatnya.

Dari Situs Fikrirasy ID