5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Labu Kuning dan Bijinya Bermanfaat

Fikrirasy.id5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Labu Kuning dan Bijinya Bermanfaat. Apakah Anda pernah makan labu? Bentuknya bulat, ragamnya sangat menarik, dan rasanya manis. Labu sering dijadikan sayuran atau camilan yang enak. Khususnya pada bulan Ramadhan yang panjang, labu kuning berkali-kali dibuat kolak untuk berbuka puasa.

Diumumkan oleh Healthline, labu kaya nutrisi dan mineral, namun rendah kalori. Sumber beta-karoten dan karotenoid yang kemudian diubah dalam tubuh menjadi vitamin A. Selain itu, labu kuning juga mengandung karbohidrat, protein, serat, lemak, dan gula.

Betapa nikmatnya labu kuning sehingga memiliki manfaat yang luar biasa bila dikonsumsi secara konsisten. Apa kelebihannya? Kita harus melihat di bawah

1. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program peningkatan kesehatan, labu kuning merupakan makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Alasannya adalah, labu sangat rendah kalori dan kaya serat, sehingga mempercepat proses terkait perut. Dengan asumsi bahwa Anda memakannya, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Diungkapkan oleh WebMD, ahli gizi dan nutrisi, Caroline Kaufman, MS, RDN mengatakan dalam beberapa labu mengandung 90% air dan di bawah 50 kalori, jadi makan labu ini menghindari kekeringan dan mengenyangkan tetapi tidak menambah berat badan Anda.

2. Menjaga kesehatan mata

Warna jingga pada labu menunjukkan kebahagiaan yang tinggi dari beta karoten. Dimana beta karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Diungkapkan oleh BBC Great Food, beta karoten, nutrisi C dan E membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata karena cukup umur. Dari sumber yang sama, labu mengandung karotenoid yang disebut lutein dan zeaxanthin, yang dapat mengurangi risiko air terjun.

3. Menyeimbangkan kadar gula darah

Biji labu juga berharga lho. Diungkapkan oleh Healthline, biji labu kaya akan magnesium. Magnesium yang terkandung dalam biji labu dapat membantu retensi gula dalam jaringan tubuh dan keseimbangan kadar gula dengan memperluas produksi insulin.

Baca Juga:  2 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Menggunakan Daun Sirih dengan Cepat

Dirinci oleh Pemberitahuan Obat Tingkat Tinggi, biji labu diterima untuk mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Cobalah untuk tidak membuangnya, oke?

4. Dapat menjaga kesehatan jantung

Manfaat biji labu yang tidak boleh dilewatkan adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan fitosterol dan asam omega-3 dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Seperti yang ditunjukkan oleh studi Inovasi Lipid, pitosterol dan asam omega-3 dapat mencegah penggumpalan darah dan aterosklerosis. Seperti itu, biji labu dapat mengurangi penyakit jantung dan stroke.

5. Sebagai antipenuaan

Kabar menggembirakan bagi Anda yang ulet mengonsumsi labu kuning, bahan alami ini bisa membuat Anda terhindar dari penuaan dini. Zat beta karoten dapat membantu melindungi wajah dari sinar matahari yang menyebabkan kerutan.

Tak hanya itu, labu kuning juga bisa dijadikan penutup wajah yang khas. Aksinya, seperempat cangkir labu diremas, lalu diberi sebutir telur, satu sendok madu, dan satu sendok susu bubuk. Kemudian, kemudian oleskan pada wajah, tahan selama 20 menit.

Pastinya Anda sudah mengetahui manfaat labu kuning dan bijinya bukan? Labu Anda bisa membuat berbagai tidbits atau sayuran. Anda bisa menambahkan bijinya ke piring campuran sayuran, roti, pasta, sup, dan puding.

Leave a Comment