Hari Gerakan Sejuta Pohon dan Cara Terlibat

Isu lingkungan telah lama menjadi topik pembicaraan masyarakat dunia. Hal ini dikarenakan berbagai dampak kerusakan alam yang diakibatkan oleh berbagai tindakan manusia yang lupa akan menjaga lingkungan dan justru merusaknya tanpa batas telah muncul.

Namun, masih banyak masyarakat sadar lingkungan yang merayakan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia pada tanggal 10 Januari setiap tahunnya. Gerakan ini dimulai untuk menyelamatkan hutan dan melestarikan lingkungan.

Awal asahankab.go.id Di Indonesia, gerakan ini pertama kali diluncurkan di Jakarta pada 10 Januari 1993 oleh Presiden Suharto. Dalam sambutannya, Presiden Suharto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam Kampanye Sejuta Pohon di setiap provinsi.

Langkah ini penting karena hutan memainkan banyak peran dalam kehidupan makhluk maupun manusia di alam. Hutan mengandung banyak spesies tumbuhan dan hewan yang berbeda yang bergantung pada kehidupan.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk terlibat dalam gerakan di Hari 10 Juta Pohon ini sobat. Salah satunya adalah menanam pohon atau tanaman hijau di halaman rumah Anda atau berpartisipasi dalam kegiatan kelompok perlindungan lingkungan.

Berikut adalah beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan.

tidak ada sampah

Sumber Gambar: Prepic

Tidak membuang sampah bisa menjadi salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk melestarikan lingkungan.

menanam pohon di pekaranganmu

Sumber gambar: Jcomp-Freepik.com

Baca Juga:  Rantai makanan laut, dari fotoautotrof hingga predator puncak

Menanam pohon di pekarangan rumah Anda bisa menjadi awal dari gerakan Sejuta Pohon ini. Kegunaan lain untuk menanam pohon di sekitar halaman Anda adalah untuk membuat halaman Anda lebih teduh dan sejuk. Apalagi jika Anda menanam pohon yang bisa berbuah, tidak apa-apa jika Anda bisa memakan buahnya nanti.

Dapat didaur ulang

Sumber Gambar: Prepic

Apakah ada barang yang tidak terpakai? Tidak hanya bisa menumpuk sampah, kamu juga bisa mendaur ulang barang yang tidak terpakai menjadi barang yang berguna. Seperti halnya pot bunga atau kerajinan, kami turut serta menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan sistem daur ulang.

Kami berharap gerakan Sejuta Pohon dapat membantu melestarikan lingkungan dan melestarikan keindahannya di berbagai tempat. Oh, selain cara-cara di atas, menggunakan tas ramah lingkungan saat berbelanja juga merupakan langkah untuk menjaga lingkungan.

Berbelanja dengan tas ramah lingkungan

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Hari Gerakan Sejuta Pohon dan Cara Terlibat

Dari Situs Fikrirasy ID